Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 24 November 2016

10 Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus

ARISTO.ID Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus. Foto yang tajam dan fokus adalah keinginan semua fotografer baik yang masih amatir maupun profesional. Begitupun juga saya sebagai seorang amatiran tentu menghasilkan gambar atau foto yang tajam menjadi suatu tujuan. Dan untuk menghasilkan gambar seperti yang kita inginkan tersebut wajib hukumnya mengetahui cara cara yang bisa membuat foto lebih tajam dan bagus.


Kali ini saya akan mencoba membagikan beberapa tips cara foto agar hasilnya bisa lebih tajam dan jernih. Dan berikut tips dan triknya. Simak baik baik.



Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus


Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus

1.Gunakan Lensa Khusus Sesuai Kebutuhan


Untuk memaksimalkan hasil yang pertama harus kita lakukan adalah tentang pemilihan lensa yang akan digunakan. Kita harus menggunakan lensa lensa pilihan sesuai dengan kategori apa yang akan kita buat. Jika kita akan mengambil gambar Landscape akan lebih baik jika kita menggunakan Lensa Wide.


Lensa Wide sangat bagus dan cocok untuk Fotografi Landscsape. Dan lensa lensa yang saya rekomendasikan untuk lanscape adalah lensa 10-22mm untuk kamera Canon Crop dan juga lensa 16-35mm L Series untuk kamera Canon Full Frame.




Baca Juga Lensa Wide Angle Terbaik Untuk Canon



2.Gunakan Memori Card Kualitas Terbaik


Tips Cara Foto agar hasilnya lebih tajam selanjutnya adalah dengan menggunakan memori card kualiras terbaik yang biasanya memiliki kecepatan yang tinggi. Hal ini kita perlukan jika kita memotret olahraga ( sport ) atau juga wildlife ( alam liar ).


Saat memotret seperti ini kita harus bisa mengejar pergerakan obyek yang sangat cepat sehingga bisa menangkap moment yang bagus. Jadi dengan menggunakan memori card terbaik kita bisa menyimpan lebih banyak frame foto dalam sekalimenekan tombol shutter.



3.Selalu Bawa Tripod


Tripod adalah salah satu aksesoris fotografi yang berat dan sebenarnya saya sendiri malas membawanya. Namun jika tidak membawa nantinya kita membutuhkan tripod jadi ini selalu menjadi permasalahan tersendiri bagi seorang fotografer.


Saran saya bawalah tripod kemanapun kita hunting. Karena kita tidak tahu bagaimanakah kondisi lokasi hunting dan apakah memerlukan tripod. Jadi lebih baik membawa tripod namun ternyata tidak perlu memakainya dari pada tidak membawa tapi nantinya kita memerlukannya.


Selain itu tripod juga berfungsi untuk menjga kestabilan saat pengambilan gambar dengan teknik slowspeed. Kita tidak akan bisa menahan kamera selama beberapa detik namun tripod bisa melakukannya. Jadi bawalah tripod kemanapun kita hunting.



4.Auto Fokus Atau Manual Fokus


Fokus yang tepat dalam sebuah fotografi adalah hal paling penting yang perlu diperhatikan. Bagus tidaknya sebuah karya fotografi ditentukan dari fokus atau tidaknya obyek diluar peraturan peraturan lainnya. Untuk mencari titik fokus dari obyek kita perlu memperhatikan juga obyek apa yang kita tangkap.


Auto fokus sangat baik dalam hampir keseluruhan jenis pemotretan seperti olahraga, wildlife, landscape dan juga portrait. Auto fokus membuat kita tidak perlu lagi berlama lama mencari fokus secara manual. Hal ini sangat dibutuhkan jika kita memotret moment atau suatu kejadian seperti layaknya wartawan.


Namun dalam beberapa kasus kita juga perlu dan memang lebih baik untuk menggunakan manual fokus misalnya saja saat memotret bunga atau makro. Memang auto fokus juga bisa digunakan tapi menurut pengalaman saya manual fokus lebih baik di kedua kategori fotografi ini.


Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus



5.Patuhi Rule Of Thrids


Fotografi adalah seni yang bebas dari aturan, namun bukan berarti bebas sebebas bebasnya. Ada beberapa peraturan yang dibuat dalam seni fotografi ini yang bisa membuat foto yang kita hasilkan lebih menarik dan lebih bagus. Salah satunya adalah Rule Of Thrids.


Rule Of Thrids adalah aturan penempatan obyek foto dalam frame yang kita letakkan di 4 titik. 4 titik ini adalah pertemuan antara 4 garis yang membagi sebuah frame menjadi 9 kotak yang sama panjang. Dan pembahasan lengkapnya telah saya bahas di artikel di bawah ini.




Baca Juga Mengenal Komposisi Rule Of Thrids Dalam Fotografi



6.Perawatan Kamera & Lensa Yang Benar


Dalam menghasilkan karya fotografi yang bagus diperlukan alat yang baik juga. Tidak perlu mahal asal kamera dan lensa masih dalam kondisi bagus kita bisa menghasilkan gambar atau foto yang tajam. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan kamera DSLR yang benar.


Cara merawat kamera DSLR yang benar salah satunya adalah dengan menyimpannya di Dry Box. Ini bertujuan untuk menjaga kamera selalu dalam suhu yang pas agar terhindar dari jamur dan juga kerusakan lainnya pada kamera dan lensa. Untuk perawatan kamera DSLR yang benar saya sudah membahasnya dalam artikel yang lain. Silahkan pelajari dari artikel dibawah ini.




Baca Juga Perawatan Kamera DSLR Yang Benar



7.Settingan Apperture


Tips Cara Foto agar menghasilkan foto yang tajam selanjutnya adalah masalah pengaturan angka Apperture. Semakin luas DOF maka semakin kecil pula bukaan diafragma atau Apperture ( F13-F22 ) dan semakin sempit DOF maka bukaan diafragma yang digunakan juga semakin besar ( F1.8-F3.5 ).


Biasanya foto landscape yang memiliki fokus atau tajam disemua sisi menggunakan Apperture sempit seperti F13 sampai F22 tergantung kondisi. Dan foto portrait atau makro yang memiliki fokus sempit biasanya menggunakan Apperture lebar seperti F1.8 atau F2.8. Jadi settingan Apperture juga menentukan ketajaman foto kita.


Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus



8.Settingan ISO


ISO juga berpengaruh dalam menghasilkan gambar yang tajam. Dan patokan yang saya buat adalah untuk menggunakan ISO dibawah 500 disegala kondisi. Karena jika ISO melebihi angka 500 bahkan mencapai ribuan bisa dipastikan foto yang akan kita hasilkan memiliki noise yang cukup untuk menurunkan kualitas foto.


Dan untuk meminimalisir adanya noise cara satu satunya adalah dengan menurunkan nilai ISO. Jadi jangan sampai menggunakan ISO di atas 500 jika ingin menghasilkan gambar yang tajam dan fokus.



9.Remote Atau Kabel Release


Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel release atau remote. Ini menghindari kita menekan tombol shutter yang kemungkinan bisa mengakibatkan foto atau gambar tidak tajam atau goyang. Aksesoris ini biasanya berpasangan dengan Tripod. Jadi jika kita membawa tripod pastikan juga membawa kabel release atau remote sebagai pelengkapnya.



10.Manfaatkan Lighting


Tips Cara Foto agar hasil lebih tajam selanjutnya adalah masalah lighting atau pencahayaan. Seni Fotografi adalah seni melukis cahaya maka dari itu cahaya adalah kekuatan utama dari fotografi itu sendiri. Manfaatkan cahaya alami seperti matahari karena cahaya matahari adalah sumber cahaya terbaik.


Jika tidak kita juga bisa menggunakan eksternal flash karena kadar dari cahaya yang dikeluarkan bisa kita atur. Sebaikmya jangan menggunakan flash bawaan kamera karena cahayanya kasar dan keras sehingga tidak terlalu bagus untuk foto.


Itu saja 10 Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus pada pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Tips Cara Foto Agar Hasil Lebih Tajam Dan Fokus