Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 14 October 2016

Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval

ARISTO.ID Foto Portrait adalah foto yang memperlihatkan atau berfokus pada wajah seseorang atau bisa juga separuh badan. Inti dari foto portrait sendiri adalah dari ekspresi model atau obyek itu sendiri. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval.


Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengunjungi sebuah karnaval di Pekalongan. Karnaval ini adalah bagian dari perayaan Pekan Batik Nusantara 2016 yang di adakan selama hampir seminggu. Banyak acara yang di adakan dan salah satu nya yang membuat saya tertarik adalah dari Karnaval Kostum Batik.


Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval



Banyak sekali model yang memakai kostum berbagai macam kreasi dari kain batik. Ada kostum yang berbentuk hewan seperti burung garuda, bangau, burung elang dan ada juga kostum yang menyerupai tumbuhan seperti bunga dan juga sebuah pohon. Yang pasti acara ini membangkitkan kembali semangat saya untuk memotret setelah cukup lama tidak bermain dengan kamera DSLR kesayangan.



Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval


Dan sekarang saya akan membagikan pengalaman bagaimana cara foto portait pada saat event karnaval agar hasil yang dihasilkan bagus. Okhe langsung saja berikut tips tips nya.



1.Pilih Mode Manual Atau Otomatis


Yang pertama adalah pilih mode apa yang akan kita gunakan. Ada dua pilihan yaitu mode otomatis dan juga mode manual. Jika kita tidak ingin repot dengan berbagai pengaturan kita bisa menggunakan mode otomatis dari kamera yang khusus untuk foto portrait. Biasanya mode ini terdapat pada kamera DSLR dengan bergambar sketsa orang didalam bingkai.


Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval


Mode Otomatis ini sangat membantu dan sangat memudahkan kita apalagi dalam acara seperti event karnaval ini yang moment nya terbatas. Jadi untuk mengejar moment kita bisa menggunakan mode ini. Daripada kita kehilangan moment karena sibuk mencari pengaturan yang pas kan sayang sayang.




Baca Juga Berbagai Mode Yang Ada Pada Kamera DSLR



Namun jika ingin menggunakan mode manual juga bisa tapi setidak nya menurut saya gunakan saja mode semi manual seperti AV contohnya. Kita tinggal mengatur Apperture nya saja dan pengaturan lainnya akan menyesuaikan dengan sendiri nya.



2.Set Apperture Di Angka Kecil


Diatas sudah saya sebutkan jika ingin menggunakan mode manual sebaiknya pilih saja mode AV. Dalam mode tersebut kita hanya perlu mensetting angka Apperturenya saja tanpa memikirkan settingan yang lainnya. Dalam mensetting Apperture sebaiknya juga gunakan angka yang kecil agar hasilnya menjadi bokeh.




Baca Juga Cara Mengambil Gambar Bokeh Atau Blur



Saya selalu mensetting di angka Apperture terkecil yaitu F2.8 karena saya menggunakan lensa 70-200mm pada saat itu. Settingan Apperture menyesuaikan saja dengan angka terendah masing masing lensa karena setiap lensa memiliki angka Apperture yang berbeda satu sama yang lainnya.


Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval



3.Gunakan Lensa Tele Atau Lensa Fix


Tips Cara Foto Portrait selanjutnya adalah dengan menggunakan lensa tele atau fix yang biasanya memang memiliki angka Apperture yang rendah. Lensa yang cocok untuk pemotretan karnaval di antaranya adalah 70-200mm, 100mm, 135mm dan yang paling dahsyat adalah lensa fix 50mm. Kenapa saya bilang dahsyat karena selain hasil nya yang menakjubkan lensa ini terbilang cukup murah dibandingkan lensa lensa yang lainnya.


Lensa jenis ini memang sangat cocok untuk memotret model atau pun karnaval seperti ini karena sanga minim dari efek distorsi. Jadi obyek kelihatan real dan nyata sesuai kenyataannya. Selain itu lensa lensa seperti di atas juga merupakan lensa penghasil bokeh terbaik.



4.Pede Dan Berani


Dalam mengambil gambar portrait saat karnaval kita harus pede dan juga berani apalagi jika bukan panitia. Itu yang saya simpulkan dan yang saya lakukan kemarin saat melakukan pemotretan di acara karnaval tersebut.


Saya sendiri memberanikan diri berdiri ditengah jalan tepat didepan model yang sedang berjalan. Padahal saat itu semua orang ada dipinggir jalan melihat acara karnaval dan tentunya orang orang juga ikut melihat kearah saya. Tapi tanpa sedikit rasa malu saya maju ketengah jalan walau kadang sempat di tegur oleh panitia pelaksana karnaval tersebut.


Tapi menurut saya, kita tidak akan bisa menghasilkan foto bagus kalau hanya dari pinggir jalan maka dari itu saya beranikan diri untuk masuk ketengah. Agak tidak enak sie tapi yaa pede saja lah dari pada foto nya tidak ada yang bagus semua kan ???


Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval



5.Panggil Model Agar Mau Menoleh Kearah Kita


Ini juga masih adakaitannya dengan point di atas yaitu pede dan berani. Berani untuk memanggil model yang sedang berjalan agar berhenti sejenak dan menoleh ke arah kamera kita. Tentu dengan demikian kita bisa jelas jelas membidik ekspresi dari sang model.


Karena point utama dari Foto Portrait adalah ekspresi. Jadi jangan sungkan dan jangan malu untuk memanggil sang model. Untung untung bisa dapat nomor telepon atau pin BBMnya sekalian. hehehe



6.Jangan Gunakan Flash Bawaan Kamera


Tips Cara Foto Portrait berikut nya adalah dalam masalah penggunaan flash. Jangan sekali kali menggunakan flash bawaan kamera atau flash internal. Karena flash dari kamera biasanya cahayanya langsung dan datar menuju kedepan serta cahayanya terlalu terang. Jadi biasanya hasil akan terlihat keras dan tidak lembut.


Hindari penggunaan flash internal. Jika flash diperlukan lebih baik gunakan flash eksternal yang bisa kita atur baik cahaya maupun arahnya. Jika tidak ada flash eksternal sebaiknya jangan gunakan flash.


Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval


Ohya sebagai tambahan jangan lupa selalu membawa memori dan baterai cadangan karena saat kemarin saya mengambil gambar karnaval di atas memori saya habis karena lupa memindahkannya ke laptop. Untung saat itu saya membawa memori cadangan jadi pemotretran masih bisa dilanjutkan.


Itu saya yang bisa saya bagikan dalam artikel Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Foto Portrait Pada Saat Event Karnaval