Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 13 October 2016

Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan

ARISTO.ID Pekan Batik Nusantara 2016 atau Pekan Batik Week 2016 yang di adakan di Pekalongan sudah selesai beberapa hari yang lalu. Perayaan ini sendiri di adakan untuk memperingati Hari Batik ke 7 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016 yang lalu. Dan kebetulan kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Pekan Batik Nusantara ini karena memang Pekalongan adalah kampung kelahiran saya.


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan



Pekan Batik Nusantara 2016 Di Pekalongan


Pekan Batik Nusantara adalah perayaan setahun sekali yang memang menjadi agenda rutin di pemerintahan Kota Pekalongan. Perayaan ini diadakan setelah di tetapkannya Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu. Jadi pada tahun 2016 ini adalah ulang tahun Hari Batik Nasional yang ke 7.


Banyak sekali acara yang diselenggarakan oleh para panitia. Dan berikut di bawah ini adalah berbagai acara yang ada dalam perayaan Pekan Batik Week atau Pekan Batik Nusantara 2016 ini.




  1. Pameran Batik Nusantara / Batik Expo ( 4 - 9 Oktober 2016 )

  2. Gala Dinner Dan Fashion Show Batik Nusantara ( 4 Oktober 2016 )

  3. Belajar Membatik Bersama Wapres, Pejabat Dan Selebitri ( 4 Oktober 2016 )

  4. Seminar Nasional  Tentang Perlindungan Batik Nasional ( 5 Oktober 2016 )

  5. Festival Kuliner ( 4- 9 Oktober 2016 )

  6. Pagelaran Seni Dan Budaya ( 5 - 9 Oktober 2016 )

  7. Lomba Fotografi Wisata ( 7 Oktober 2016 )

  8. Lomba Desain Batik Dan Tenun ( 8 Oktober 2016 )

  9. Lomba Souvenir Batik ( 8 Oktober 2016 )

  10. Karnaval Batik ( 7 Oktober 2016 )

  11. Theatrikal Batik On The Street ( 9 Oktober 2016 )


Itulah berbagai acara yang Alhamdulillah telah berjalan dengan lancar. Namun saya hanya bisa menikmati acara kuliner dan Karnaval Batik nya saja dikarenakan saya juga telat mendapatkan informasi nya. Tapi setidaknya sebagai warga Pekalongan saya bisa ikut merayakan acara Pekan Batik Nusantara ini.




Baca Juga Mencoba Gyudon Jepang Di Yoshinoya Indonesia



Melihat Karnaval Berbagai Kostum Batik


Nah kali ini saya akan berbicara tentang masalah Karnaval nya yang di adakan pada hari Sabtu 8 Oktober 2016. Acara karnaval ini di mulai dari Alun Alun Kota Pekalongan melewati jalan Hayam Wuruk dan berakhir di Bundaran Jetayu. Para peserta berjalan kaki dengan memamerkan desain kostum yang sangat unik.


Dari banyak nya kostum yang di buat peserta tentu dibuat dengan kain Batik dari berbagai corak dan motif. Ada yang membuat kostum berbagai macam hewan seperti burung garuda, burung elang, bangau dan ada juga yang membuat kostum menyerupai pohon dan bunga.


Yang pasti semua nya sangat unik dan menarik. Dan berikut adalah berbagai foto dari karnaval yang saya abadikan dengan kamera kesayangan saya Canon EOS 60D.


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan


Melihat Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan


Itulah sebagian dari foto yang saya ambil jika ingin melihat semua foto saya dari karnaval batik tersebut silahkan kunjungi Gallery Facebook saya di URL berikut.




Buka Disini Gallery Pekan Batik Nusantara Di Pekalongan 2016.



Karnaval sendiri mulai dari pukul 14.00 dan selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Awalnya cuaca agak mendung dan saat hampir sore hari mulai gerimis turun. Namun walaupun gerimis tidak mengurangi semangat para peserta karnaval dan juga para penonton di pinggir jalan.


Pas pukul 17.00 saat karnaval berakhir barulah hujan yang cukup deras turun.


Malam hari nya saya kemudian berkeliling di area stand stand yang menjajakan berbagai makanan. Ada makanan khas berbagai daerah seperti Gudeg, Soto Betawi, Megono, Kerak Telor dan ada juga berbagai jenis jajanan seperti Baso Goreng, Tahu Bulat dan masih banyak yang lainnya.


Malam itu saya mencoba Sate Bening khas Jawa Timur kalau tidak salah. Cukup enak sie tapi kalau dibandingkan dengan Megono Khas Pekalongan saya rasa masih kalah jauh.


Itulah jalan jalan saya di Pekan Batik Nusantara 2016 yang di adakan di Pekalongan kemarin. Semoga acara acara selanjutnya bisa lebih ramai dan lebih meriah. Dan juga semoga Batik bisa mendunia sehingga Indonesia dan Pekalongan pada khususnya bisa lebih dikenal oleh mata Internasional. Saya bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Karnaval Kostum Batik Di Pekan Batik Nusantara Pekalongan