Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 27 October 2016

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop

ARISTO.ID Sebagai seorang fotografer tentu akan merasa jengkel jika karya yang kita buat dengan susah payah di bajak bukan ?? Walaupun saya belum pernah merasakannya namun saya rasa itu sangat sangat menjengkelkan. Dan salah satu cara mencegah dari pembajakan tersebut adalah dengan membuat Watermark atau Tandatangan ( Signature ) pada foto. Dan kali ini saya akan membagikan tipsnya bagaimana Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop.


Coba perhatikan gambar saya di bawah ini


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Gambar di atas adalah gambar yang saya ambil saat ada acara karnaval di Pekan Batik Nusantara yang diadakan di Pekalongan. Gambar di atas terlihat biasa saja namun jika kita lebih teliti dalam melihat nampak ada Watermark didalamnya. Berikut saya perjelas untuk Watermarknya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Selanjutnya bagaimanakah cara membuat Watermark tersebut ?? Kali ini saya akan membagikan cara nya dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Tentu sudah tidak asing bukan aplikasi yang satu ini di kalangan pecinta fotografi. Berikut cara nya.



Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


1.Buat Halaman Baru


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop

Langsung saja yang pertama harus kita lakukan adalah dengan membuat halaman baru pada Photoshop. Caranya pilih menu File di navigasi atas dan pilih New. Kemudian kita akan dibawa kehalaman baru untuk mengatur panjang dan lebar dari halaman baru tersebut. Masukkan angka yang sesuai dengan keinginan.


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Disini saya memasukkan 720 x 480 pixels. Ini bukan angka pasti jadi kita bebas memasukkan angka berapa saja ke dalam kolom panjang dan lebar. Kemudian klik OK.



2.Buat Desain Watermark


Langkah selanjutnya adalah membuat desain Watermark yang akan kita gunakan. Tidak ada batasan dalam membuat Watermark ini. Kita bisa bebas membuatnya dengan sesuka hati baik itu dalam bentuk gambar maupun hanya sebuah tulisan nama.


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Disini saya mencontohkan hanya dengan tulisan nama saja agar lebih mudah. Pertama klik menu Teks dan pilih format penulisan mulai dari horisontal ataupun vertikal. Saya pilih saja yang Horisontal Type Tool kemudian klik.


Langkah selanjutnya tinggal mengetikkan nama kita dan memilih format huruf dan ukuran pada toolbar. Kita juga bisa mengatur tingkat kecerahan dari Watermark yang kita buat. Untuk Watermark yang saya buat karena kecil jadi tidak perlu di atur namun untuk Watermark yang berukuran besar kita bisa mengaturnya agar tidak menutupi gambar atau foto.



3.Hapus Layer


Berikutnya adalah dengan menghapus Layer atau Background. Caranya sangat mudah tinggal klik kanan pada Layer dan plih menu Delete Layer. Untuk mempermudahnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop

4.Define Brush Preset


Langkah dalam Cara Membuat Watermark selanjutnya adalah menyimpannya pada tool Brush. Caranya mudah saja yaitu klik Edit dan pilih Define Brush Preset dan klik saja. Lihat gambar dibawah ini.


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop


Setelah melakukan langkah tersebut berarti kita sudah menyimpan Watermark yang nanti nya akan kita masukkan dalam sebuah foto. Nah sekarang kita lanjutkan dengan memasukkan Watermark kedalam foto. Tapi yang terpenting gunakan foto karya kita sendiri yaa jangan sampai menggunakan foto atau gambar orang lain dengan Watermark kita.


Lanjut ke langkah selanjutnya.



5.Buka File Foto Atau Gambar


Buka file yang akan diberi Watermark dengan cara klik File dan kemudian klik Open. Pilih folder dimana gambar tersebut tersimpan. Kemudian klik Ok dan file pun akan terbuka.




6.Masukkan Watermark


Lihat gambar di bawah ini. Klik pada arah panah 1 yaitu Brush Tool dan pilih Watermark yang sudah kita simpan tadi pada arah panah nomor 2. Kita juga bisa mengatur ukuran dari Watermark sesuai dengan keinginan kita. Selanjutnya kita tinggal meletakkannya dimana kita mau. Kita bisa meletakkannya di bagian atas atau bawah ataupun tengah yang penting tidak mengganggu dari foto itu sendiri.



Setelah memilih letak dari Watermark tinggal klik saja nanti Watermark akan muncul dengan sendirinya. Dan foto atau gambar dengan Watermark pun sudah jadi. Kita tidak perlu lagi khawatir foto kita dibajak orang karena kita sudah meletakkan Watermark dalam foto tersebut.


Berikut tutorialnya dalam bentuk video.


https://www.youtube.com/watch?v=VB0VHGzuikY

Itu saja tutorial tentang bagaimana Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Watermark Dengan Adobe Photoshop