Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 27 October 2016

Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop

ARISTO.ID Foto yang memiliki background blur biasanya memiliki nilai plus tersendiri bagi setiap mata yang melihat nya. Dan lagi memiliki foto yang blur biasanya juga sudah bisa dikatakan seorang Fotografer ( terutama bagi para pemuda alay ). Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membagikan bagaimana Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop. Silahkan simak ulasannya berikut ini.


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas tentang masalah foto blur atau foto bokeh. Dan pada artikel tersebut pula saya memaparkan bagaimana cara nya membuat foto bokeh dengan kamera. Jika terpaksa dari kamera kita kurang puas dengan hasil bokeh yang kita dapat. Kita masih bisa mengakalinya dengan Photoshop.



Baca Juga Cara Membuat Foto Yang Blur Atau Bokeh

Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Langsung saja kita mulai tutorial nya kali ini. Pertama tentu yang kita perlukan adalah Tools nya yaitu Adobe Photoshop dan juga file dari foto yang akan kita edit. Bagi seorang pecinta fotografi tentu sudah tidak asing bukan dengan aplikasi edit foto yang satu ini. Bahkan bisa saya pastikan setiap pecinta fotografi mempunyai aplikasi ini.



1.Buka File


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Setelah mempersiapkan alat yang dibutuhkan kemudian langkah selanjutnya adalah membuka file foto pada Photoshop. Cara nya mudah saja tinggal klik Openpada pojok kiri atas dan pilih foto mana yang akan di edit kemudian klik OK atau Open.


Setelah kita buka sebenarnya kita bisa melakukan editing yang lain terlebih dahulu. Seperti edit pada bagian Brigtness, Contras, Levels, Curva dan berbagai editing yang lain. Tapi kali ini saya lewati saja editing yang seperti itu dan langsung pada pokok intinya yaitu membuat efek blur dengan Photoshop.



2.Duplikat Layer


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Yang kedua perlu kita lakukan adalah menduplikat layer agar foto yang asli tidak terhapus. Ini sangat perlu dilakukan karena jika file asli terhapus kita tidak bisa mengklaim bahwa foto tersebut milik kita. Terlebih jika kita mengikut sertakan foto pada kompetisi fotografi dan syarat pemenang adalah dengan memperlihatkan file aslinya.


Jadi jangan lupa untuk menduplikat layer sebelum melakukan proses editing. Cara nya cukup mudah yaitu dengan memilih menu Layer dan pilih Duplikat Layer kemudian tekan atau klik OK. Atau cara mudahnya klik kanan layer pada menu side bar kanan dan pilih Duplikat Layer.



3.Pilih Filter Blur


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Selanjutnya adalah dengan memilih menu Filter kemudian pilih Blur dan pilih lagi untuk Gaussian Blur dan klik. Kita tinggal menggeser dan memilih seberapa banyak tingkat blur yang kita ingin kan pada foto.


Jika kita ingin sangat blur kita bisa menggeser cursor ke kanan dan jika kita ingin mengurangi tingkat blur kita bisa menggesernya ke arah kiri. Terakhir adalah dengan klik Ok.


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop



4.Hapus Filter Blur Pada Bagian Obyek


Langkah selanjutnya adalah menghapus bagian obyek dari efek blur yang telah diberikan. Perlu diketahui efek blur yang kita berikan di atas akan berlaku di keseluruhan foto baik itu obyek utama ataupun background. Jadi untuk menajamkan obyek kita perlu menghapusnya dari efek filter blur tadi.


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop


Cara nya juga sangat mudah namun membutuhkan kesabaran yang tinggi. Pilih tool Eraser pada menu bagian kanan kemudian klik kanan dan pilih Eraser Tool. Setelah itu klik kanan untuk memilih besar kecil dari penghapus yang akan kita gunakan dan juga jangan lupa pilih penghapus yang Soft jangan Hard.


Mulai lah menghapus dari bagian pinggir obyek dan juga bagian tengah nya. Ini adalah proses yang membutuhkan kesabaran menurut saya jadi lakukan lan proses ini dengan teliti.


Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop



5.Jadilah Foto Dengan Background Blur


Jika sudah selesai melakukan penghapusan pada proses 4 di atas maka jadilah foto dengan background blur yang kita inginkan. Mudah bukan ???


Tapi perlu di perhatikan bahwa proses terpenting dari editing ini adalah proses no 4. Jadi lakukanlah proses no 4 di atas dengan sangat hati hati dan penuh kesabaran. Agar hasil akhirnya maksimal dan enak untuk dilihat dan dinikmati mata orang banyak.


Dan berikut adalah video tutorialnya yang saya buat. . .


https://www.youtube.com/watch?v=D4xZCPqJh7g&t=3s

Itu sajalah tutorial tentang Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi para pecinta fotografi semuanya. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Membuat Efek Blur Dengan Photoshop