Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 2 October 2016

10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan

ARISTO.ID 10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan. Beberapa tahun terakhir ini sangat banyak bermunculan para pendaki dadakan yang hobi melakukan hal alay di gunung. Mereka menyebut diri mereka sendiri adalah seorang pendaki tapi sikap mereka terhadap alam dan sekitarnya sama sekali tidak mencerminkan seorang pendaki.


Sangat disayangkan memang, alam yang seharusnya lestari sekarang mengenaskan akibat ulah dari para pendaki dadakan tersebut. Sebenarnya pendakian memang dibebaskan untuk siapa saja dan dari mana saja. Namun ada adab adab yang harus di jaga dan juga di kerjakan selama proses pendakian.


10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan


Pendakian juga bukan hobi yang menyenangkan saja. Pendakian juga menyimpan resiko yang sangat besar bahkan nyawa pun menjadi taruhannya. Tentu kita sering mendengar bukan banyak pendaki yang meninggal selama proses pendakian. Entah karena Hyphotremia, karena tersesat, karena terpeleset dan masuk jurang dan banyak penyebab lainnya.




Baca Juga Pembunuh Utama Pendaki Di Puncak Gunung Yaitu Hyphotermia



Tentu kita tidak mau kan menjadi salah satu dari orang yang mendapat musibah selama pendakian. Maka dari itu dalam proses pendakian kita harus memperhatikan beberapa hal yang penting. Dan kali ini saya akan membagikannya dalam artikel 10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan ini.



10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan


Dalam melakukan proses pendakian tentu tujuan utamanya adalah bisa kembali pulang dengan selamat bukan ?? Yang perlu di ingat bahwa puncak bukan lah tujuan melainkan hanyalah sebuah bonus. Tujuan kita adalah pulang dengan selamat.


Dan untuk bisa kembali pulang dengan selamat kali ini saya akan membagikannya kepada kalian semua tentang tips mendaki gunung yang perlu kalian lakukan. Dan berikut tipsnya.


Proses Persiapan Pendakian



1.Pelajari Rute Dan Medan


Tips Mendaki Gunung yang pertama adalah pelajari rute dan medan pendakian. Kemana kita akan mendaki tentu kita sudah tau bukan ?? Cari lah informasi sebanyak banyaknya tentang gunung yang akan kita daki dan jalur yang akan kita lewati.


Pelajari medannya lewat berbagai forum media sosial. Bertanya kepada orang yang pernah mendaki melewati jalur yang akan kita gunakan. Catat point point pentingnya dan carilah antisipasi dari masalah yang mungkin akan timbul selama perjalanan tersebut.


10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan


Dalam mencari informasi usahakan kita mendapatkan dari sumber yang benar. Serta sumber tersebut baru melakukan pendakian dalam waktu dekat karena informasi yang kita dapatkan tentu akan lebih real dibandingkan kita bertanya kepada orang yang 10 tahun lalu mendaki lewat jalur tersebut.



2.Persiapkan Alat Yang Diperlukan


Setelah mengetahui medan yang akan kita lewati selanjutnya kita harus mempersiapkan alat apa saja yang kiranya diperlukan. Sehingga kita bisa lebih efisien dalam membawa barang dalam tas Carrier yang akan kita gendong selama pendakian.


Jika kita tidak mempunyai alat yang di perlukan selama proses pendakian kita bisa menyewa nya di jasa rental peralatan outdoor. Sekarang sudah banyak tersebar jasa penyewaan peralatan outdoor seperti tenda, tas Carrier, sepatu, kompor dan berbagai peralatan yang lain.


Tapi yang perlu di ingat karena itu adalah barang pinjaman kita harus bisa menjaga nya agar saat meminjam dan memulangkannya barang masih dalam keadaan utuh.




Baca Juga Alat Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung



Satu lagi yang perlu di pehatikan adalah Logistik yang diperlukan selama pendakian. Bawalah logistik yang cukup kalau bisa lebih karena tidak ada minimarket atau warung di puncak gunung. Sehingga perbekalan kita cukup selama pendakian.



3.Izin Orang Tua


Dalam dunia pendakian point ini sangatlah penting. Kenapa ?? Karena tentu kita semua tahu bahwa restu orang tua itu juga restu Sang Pencipta. Jadi jika orang tua memberi izin maka Sang Pencipta juga akan memberi kelancaran pada perjalanan pendakian kita.


Mintalah izin kepada orang tua. Jika orang tua tidak mengizinkan jangan memaksakan diri untuk ikut pendakian. Pasti orang tua memiliki alasan tersendiri untuk melarang kita.


Namun jika bisa kita juga harus meyakinkan mereka bahwa pendakian yang akan kita lakukan Insha Allah akan aman dan baik baik saja.


Proses Selama Pendakian



4.Harus Ada Pendaki Pro Dalam Satu Rombongan


Seperti yang sudah saya bilang di atas bahwa pendakian adalah kegiatan yang sangat beresiko tinggi. Bahkan sudah banyak orang yang meninggal sia sia di gunung yang kebanyakan karena kelalaian pribadi. Untuk menghindari hal tersebut seharusnya ( karena ini memang harus ) ada pendaki profesional dalam satu rombongan.


Pendaki profesional tersebut adalah orang yang benar benar sudah melakukan pendidikan dasar ( Diksar ) tentang pendakian gunung. Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan ada orang yang bisa menangani nya.


Ingat tujuan pendakian adalah pulang dengan selamat kerumah. Bukan pulang kerumah hanya nama saya. Jadi utamakan keselamatan ( Safety Firts ) dengan mendaki bersama para pendaki profesional. Jangan gengsi kalau kita masih amatir dan tidak tahu tentang pengetahuan alam sehingga berpura pura tidak membutuhkan orang yang memang sudah berpengalaman.



5.Mendaftar Di Pos Pendakian


Ini sangat penting yaitu mendaftarkan diri di pos pendakian. Gunung yang sudah menjadi kawasan konservasi biasanya memberlakukan surat izin pendakian ini kepada para pendaki. Para pendaki diharuskan mendaftarkan diri dan membayar sejumlah uang kepada pengelola taman nasional ini.


Apa manfaatnya ??? Banyak sekali. . .


Pengelola akan tahu kalau kita ada masalah selama pendakian. Biasanya karena kita terlambat pulang dari hari yang sudah diperkirakan karena beberapa masalah. Petugas akan mencari tahu keberadaan kita apakah masih ada di gunung atau sudah turun namun tidak melaporkan diri.


Jika kita masih di gunung misalnya tersesat maka petugas pengelola dan tim SAR akan segera melakukan pencarian.


Manfaat lainnya adalah kita bisa ikut menjaga kelestarian hutan di sekitar gunung yang kita daki. Karena uang yang kita setorkan tadi akan dimasukkan kedalam kas taman nasional yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengelola taman nasional. Tapi bukan berarti kita bisa seenaknya saja karena sudah membayar.


Kita juga wajib menjaga gunung agar tetap lestari dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.



6.Bawa Turun Sampahmu


Sampah adalah masalah utama bagi masyarakat Indonesia di semua sisi kehidupan. Baik di perkotaan maupun di pegunungan sampah selalu menjadi masalah utama. Sebenarnya bukan sampahnya tapi adalah kelakuan dari orangnya yang tidak memikirkan masa depan.


Mereka seenaknya saja membuang sampah di sembarang tempat tanpa memikirkan apa dampaknya yang timbul dikemudian hari.


10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan


Kemarin saya sempat melihat berita ada sampah botol plastik dari tahun 1992 dan belum terurai sama sekali. Jadi sampah botol plastik itu sudah 23 tahun terbuang dan sampai sekarang masih dalam keadaan utuh. Bagaimana dengan botol botol plastik yang dibuang pada tahun tahun setelah 1992 ??? Tentu juga belum bisa terurai.


Maka dari itu bawalah MINIMAL sampah pribadi yang kita gunakan turun kembali. Kalau bisa yaa bawa juga sampah sampah lainyang kita temukan dijalan. Itu berarti kita sudah ikut menjaga kelestarian gunung karena itu memang tugas kita bersama bukan hanya tugas pengelola taman nasional.



7.Berdoa Selama Pendakian


Tips Mendaki Gunung Selanjutnya adalah Berdoa selama pendakian. Sebagai umat beragama kita tentu wajib untuk berdoa kepada Allah SWT. Begitupun dalam perjalanan pendakian gunung kita harus selalu berdoa dan meminta keselamatan hanya kepada Tuhan kita semesta alam Allah SWT.


Biasa nya dengan berdoa hati kita akan lebih tenang dan terhindar dari pikiran pikiran negatif. Apalagi kita di Indonesia yang gunung gunung nya terkenal dengan berbagai cerita mistis. Niscaya dengan berdoa kita akan dijauhkan dari gangguan gangguan gaib yang ada di gunung.



8.Jangan Memaksakan Diri


Saya sudah mengulangi beberapa kali bahwa dalam pendakian tujuan utamanya adalah pulang kembali dengan selamat. Puncak adalah bonus. Jadi jangan memaksakan diri ke puncak jika kondisi fisik tidak memungkinkan atau kurang sehat.


Tinggallah di pos pendakian dan istirahat lah sambil menunggu teman teman yang lain turun dari puncak. Karena saya tekankan lagi bahwa Keselamatan Adalah Yang Utama. Jangan sampai kita pulang kerumah hanya tinggal nama dengan embel embel Almarhum di depan nama kita.


Jangan utamakan ego kita yang ingin ke puncak. Utamakanlah Keselamatan. Jangan memaksakan diri.


Setelah Turun Gunung



9.Keep Life, Lapor Ke Pos Pendakian dan Istirahatlah


Dalam perjalanan pulang kita juga perlu melakukan pelaporan kepada petugas pengelola taman nasional. Ini agar pengelola bisa memastikan bahwa kita sudah turun dengan selamat dan tanpa kendala apapun. Jika kita tidak melapor pasti pengelola akan kebingungan dan berusaha mencari tau posisi kita.


Setelah turun gunung juga sebaiknya kita istirahat sebentar di pos awal pendakian untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras habis. Agar perjalanan pulang kembali ke rumah pun bisa lancar.


Makan lah secukupnya dan jangan lupa untuk mandi. Karena bisa dipastikan keringat dari sisa sisa pendakian akan sangat mengganggu orang lain jika kita menggunankan angkutan umum. Mandi dulu sebelum pulang kerumah.



10.Kabari Keluarga Setelah Turun Gunung


Selain melapor kepada petugas pengelola taman nasional yang perlu kita lapori juga adalah keluarga. Langsung kabari keluarga bahwa kita sudah turun dengan selamat dan tidak kurang suatu apapun. Itu pasti akan mengurangi rasa khawatir keluarga terhadap kita.


Dan bagi yang punya pacar, gebetan atau mantan juga bisa untuk menghubungi mereka. Dan buat yang jomblo bisa koq menghubungi petugas medis. Hehehe


Okhe itu saja lah 10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Dan yang terakhir adalah pesan dari saya yaitu, Jangan Mengambil Apapun Kecuali Foto, Jangan Meninggalkan Apapun Kecuali Jejak Dan Jangan Membunuh Apapun Kecuali Waktu. Salam Lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan