Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 28 July 2016

Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh



ARISTO.ID Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh. Foto background yang ngeblur atau dalam bahasa fotografi biasa di bilang " Bokeh " masih menjadi primadona bagi sebagian orang apa lagi yang eksis di media sosial. Karena foto Bokeh biasa nya dihasilkan dari kamera DSLR jadi mempunyai foto yang ngeblur tersebut bisa meningkatkan " Imej " di masyarakat dunia maya bahwa orang tersebut mempunyai DSLR lah atau kaya lah.
Baca Juga Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi

Sebenarnya banyak cara menghasilkan atau Membuat Foto Blur entah itu dari kamera DSLR sendiri atau pun juga dengan editan photoshop. Namun yang kali ini akan saya bahas adalah cara nya membuat foto Bokeh ini dengan menggunakan kamera DSLR. Apa saja yang perlu di perhatikan dalam menghasilkan foto blur atau bokeh ??
Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh

 

Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh


 

1. Gunakan Apperture Yang Rendah



Apperture atau bukaan diafragma rendah adalah syarat wajib dalam menghasilkan foto bokeh atau blur. Semakin kecil nilai Apperture maka semakin bokeh pula foto yang dihasilkan dan semakin besar nilai Apperture maka ketajaman pada foto akan semakin besar ( tidak blur ). Biasa nya untuk menghasilkan foto yang blur di gunakan nilai Apperture dari F2.8 ke bawah seperti F1.8, F1.4 dan bisa juga F1.2, namun saya rasa untuk F2.8 juga sudah cukup baik.

 
Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh

 

2. Jarak Obyek Dengan Background



Jarak obyek dan background juga berpengaruh dalam pengambilan foto ini. Jika kita ingin Membuat Foto Blur yang ekstrim maka jarak obyek dengan background harus jauh, jadi semakin jauh jarak obyek dengan background maka semakin bokeh pula foto yang akan kita hasilkan nantinya.


Baca Juga Cara Mengambil Foto Olahraga Yang Bagus


3. Gunakan Lensa Dengan Focal Length Panjang



Faktor lensa juga memiliki pengaruh yang cukup besar, dalam hal ini focal length terpanjang dari sebuah lensa lah yang wajib kita gunakan. Sebagai contoh jika kita menggunakan lensa kit 18-55mm maka gunakan lah focal length terpanjang yaitu 55mm jika ingin mendapat hasil yang maksimal. Namun lensa yang terbaik untuk menghasilkan foto bokek yang bagus biasa nya adalah lensa fix ( 50mm, 85mm dan 135mm ) atau lensa tele ( 70-200mm F2.8 ).


Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh


4. Pilih Backgrond Berwarna Untuk Mempercantik Foto



Memilih background yang berwarna juga dapat memperindah hasil foto kita. Bayangkan saja bila background kita adalah langit, tentu se bokeh apapun foto tersebut tidak akan menarik. Bandingkan jika background yang kita gunakan untuk Membuat Foto Blur adalah lampu warna warni tentu foto kita akan semakin menarik dan tidak membosankan saat di pandang bukan ??


Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh


Itulah beberapa tips yang perlu di perhatikan dalam Membuat Foto Blur Atau Bokeh dengan menggunakan kamera DSLR. Semoga sedikit informasi ini berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Foto Blur Atau Bokeh