Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 13 June 2016

Perawatan Kamera DSLR Yang Benar

ARISTO.ID Perawatan Kamera DSLR Yang Benar. Bagi seorang fotografer kamera sudah menjadi salah satu bagian hidup yang tidak bisa di tinggal kan sejenak pun. Maka dari itu kesehatan dari peralatan kamera harus di jaga sebaik baik nya agar kamera memiliki umur panjang dan juga siap di pakai setiap saat ketika di butuhkan. Dengan harga yang tidak bisa di bilang murah merawat kamera DSLR memerlukan perlakuan khusus agar barang tidak cepat rusak. Kali ini saya akan mencoba membahas nya satu persatu bagaimanakah cara yang harus di lakukan agar umur peralatan kamera bisa panjang.


Perawatan Kamera DSLR Yang Benar


Perawatan Kamera DSLR Yang Benar


1. Jauhkan Dari Cairan



Musuh utama berbagai macam barang elektronik khusus nya lensa kamera DSLR adalah sama yaitu air. Jangan sekali kali mendekatkan kamera DSLR kita dengan air atau pun cairan lainnya yang bisa merusak komponen kamera seperti minyak contoh nya. Kita tahu sendiri apabila komponen elektronik terkena air biasa nya akan berakibat konsleting yang dapat merusak keseluruhan bagian alat elektronik tersebut seperti juga kamera DSLR.


Baca Juga Mode Dalam Kamera DSLR


Namun sekarang seperti nya sudah ada solusi dari masalah air tersebut karena akhir akhir ini sudah banyak beredar di pasaran kamera DSLR maupun komponen lainnya seperti lensa yang sudah menggunakan fitur Waterproof atau Tahan terhadap air. Walaupun demikian akan lebih bijak lagi untuk tidak menggunakan nya secara berlebihan dengan air meskipun alat fotografi tersebut sudah tahan terhadap air.


2. Simpan Di Dry Box Ketika Tidak Digunakan



Pertama kali memiliki kamera DSLR yang saya ketahui untuk perawatannya adalah dengan memasukkan nya kedalam Dry Box khusus ketika tidak di gunakan. Namun biasa nya Dry Box khusus ini memiliki harga yang cukup mahal karena memang di desain khusus untuk menyimpan peralatan kamera kita.


Dalam hal ini bisa kita akali dengan membeli Box Plastik yang biasa di gunakan untuk menyimpan makanan atau sejenis nya. Kemudian juga masukkan Silica yang bisa kita dapatkan dalam roti kemasan bersama kamera di dalam box agar peralatan kamera kita terbebas dari jamur.


3. Gunakan Cleaning Kit Kamera



Cleaning Kit yang paling dasar sekali adalah Blower dan Lenspen yang harus kita miliki jika ingin memperpanjang umur peralatan fotografi. Blower ini biasa nya di gunakan untuk membersihkan debu debu yang menempel di area yang dalam seperti sensor kamera dan juga lensa. Dan juga saat hendak mengganti lensa sebaiknya semprot dahulu body kamera dan juga lensa agar debu yang menempel hilang. Jangan membeli blower yang terlalu kecil karena angin yang di keluarkan juga tidak akan maksimal.


Baca Juga Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula


Yang kedua adalah Lenspen. Lenspen ini berbentuk seperti bolpoin atau pensil dengan bulu bulu halus di ujung nya seperti kuas untuk mengecat. Lenspen ini fungsi nya untuk membersihkan area depan lensa yang biasa nya banyak terdapat debu yang menempel. Selain lensa Lenspen juga bisa di gunakan untuk membersihkan area LCD kamera DSLR.


4. Gunakan Tas Khusus Kamera



Perawatan tidak hanya di lakukan saat kamera sedang beristirahat di rumah, saat di gunakan hunting pun perawatan perlu di lakukan salah satu cara nya dengan menggunakan tas khusus kamera. Pentingkah ? Menurut saya sangat penting karena tas kamera memang di desain khusus untuk tempat kamera DSLR. Sehingga memiliki kelebihan di banding kan dengan menggunakan tas biasa.


Karena jika menggunakan tas biasa body dan lensa kamera akan berbenturan dengan barang lain sehingga bisa menimbulkan lecet. Berbeda dengan tas kamera yang memiliki sekat sekat yang bisa di atur sehingga barang satu dengan barang yang lain tidak akan bersentuhan sehingga lecet pada kamera pun bisa di hindari.


5. Hati Hati Memotret Di Laut



Bagi para Landscaper pantai atau laut adalah salah satu tempat favorit yang sering di kunjungi karena dari pantai kita akan bisa melihat moment sunrise dan sunset dengan sempurna. Namun saat melakukan pemotretan di pantai kita harus lebih hati hati dalam penggunaan kamera jangan sampai terkena air laut yang kita ketahui bersama mengandung garam.


Baca Juga Apa Itu Depth of Field ?


Resiko nya apa jika komponen kamera terkena air laut yang mengandung garam ? Tentunya adalah berkarat. Garam memiliki sifat korosif yang apabila bertemu dengan logam yang merupakan sebagian besar komponen kamera akan menimbulkan karat. Jika terlanjur terkena air laut solusi nya adalah bersihkan dengan lap yang sedikit di basahi dengan air dan kemudian lap lagi dengan lap lainnya sampai kering.


6. Jangan Sembarangan Membersihkan Sensor Kamera



Sensor kamera adalah salah satu komponen terpenting dalam kamera DSLR. Namun kadang kita juga lalai dengan kebersihan sensor yang menyebabkan ada nya sebagian debu menempel di sensor sehingga dapat mengganggu hasil gambar. Kejadian ini pernah saya alami sebelumnya.


Ada seorang teman yang menyuruh membersihkan nya dengan tisu, dan saya pun melakukan nya namun apa hasil nya ? Sensor saya tambah kotor. Namun setelah melakukan berbagai cara akhirnya sensor saya bisa bersih kembali dengan menggunakan SWAP yang berbentuk seperti Cutton Bad namun pipih. Saran saya untuk membersihkan sensor jangan lakukan hal yang sembarangan karena bisa bisa sensor kita akan tambah kotor seperti yang saya alami.

 Cara Menyimpan Kamera DSLR

7. Hindari Tempat Yang Panas



Selain harus menghindari dari air kita juga harus menjaga jarak kamera yang kita miliki dengan suhu panas yang berlebih. Suhu yang sejuk adalah suhu yang pas untuk menyimpan kamera maka dari itu di saran kan menyimpan kamera dalam Dry Box dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.


Baca Juga Teknik Fotografi : Mengenal Segitiga Eksposure


Saat penggunaan di lapangan juga kita harus pintar pintar dalam memegang kamera agar tidak terlalu sering terjemur di sinar matahari. Dan satu lagi jangan pernah meninggalkan kamera di dalam mobil terlalu lama. Karena kita tahu kalau mobil yang terparkir terlalu lama dan langsung terkena sinar matahari akan membuat suhu di dalam nya juga akan naik sehingga akan berakibat buruk pada kamera.


8. Jangan Asal Jika Tidak Tahu Cara Merawat Yang Benar



Ini adalah point yang tidak kalah penting nya. Setiap orang biasa nya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terlebih dengan barang barang elektronik apa lagi kamera. Tentunya kita ingin mengetahui benda apa saja yang ada di dalam kamera ? Benda apa saja yang ada di dalam bagian lensa ?


Namun jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup saran saya buang rasa ingin tahu tersebut karena jika kita terlalu asyik mengotak atik sendiri bisa saja malah akan membuat komponen rusak. Bagian dalam kamera DSLR sebagian adalah barang barang yang sensitif jadi jika tidak tahu apa apa lebih baik bawa ke Service Center atau kepada orang yang lebih tahu.


Itulah beberapa cara Perawatan Kamera DSLR Yang Benar dan yang perlu kita ketahui agar kamera DSLR yang sudah mahal mahal kita beli tidak cepat rusak dan memiliki umur panjang. Salam Jepret dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perawatan Kamera DSLR Yang Benar