Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 18 May 2016

Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena

ARISTO.ID Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena. Beberapa waktu terakhir ini netizen di gegerkan dengan beberapa foto di Instagram seorang perempuan yang sedang berada di Oro Oro Ombo ( Gunung Semeru ) sambil memegang sebuket bunga berwarna ungu. Banyak dari netizen yang menghujat wanita tersebut karena di sangka memetik bunga Lavender ( dilarang di petik ) yang sebenar nya adalah bunga Verbena ( disarankan untuk di petik ). Terus apakah perbedaan dari kedua bunga tersebut, berikut kita bahas bersama sama.


Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena


Bunga Lavender



Menurut Wikipedia Bunga Lavender atau Lavendel atau juga di sebut Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki sekitar 25 sampai 30 macam spesies. Tumbuhan ini berasal dari Laut Tengah dan beberapa bagian Afrika yang beriklim tropis dan menyebar ke timur hingga ke India. Lavender adalah tumbuhan semak pendek yang memiliki tinggi sekitar 60 cm dan memiliki batang berongga pada bagian bawah, bercabang, tegak, bertunas dan memiliki bunga berwarna ungu yang sangat cantik. Lavender ini juga memiliki berbagai manfaat di antara nya adalah.


Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena


Manfaat Bunga Lavender



1. Mengatasi Insomnia



Aroma terapi yang di keluarkan oleh bunga Lavender ini di kenal bisa memperlambat kerja saraf, meningkatkan kualitas tidur dan juga bisa meningkatkan relaksasi. Aroma terapi ini bahkan banyak di manfaat kan sebagai bahan campuran pembuatan pewangi ruangan sehingga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur para pemakai nya. Bahkan di negara Jerman juga sudah tersedia teh bunga Lavender yang berfungsi mengatasi Insomnia.


2. Mengatasi Rambut Rontok



Bunga Lavender juga bermanfaat untuk mengatasi kerontokan pada rambut kepala kita. Alopecia Areata atau gangguan Autoimun yang bisa menyebabkab rambut rontok bisa di tangani dengan Lavender ini. Bahkan sudah di adakan penelitian terhadap beberapa orang yang menderita rambut rontok akibat Alopecia Areata ini, dengan dipijat menggunakan minyak Lavender terbukti bisa menumbuhkan kembali rambut dalam waktu 7 bulan.


3. Membantu Pencernaan



Bunga Lavender ternyata juga bisa membantu pencernaan, tentunya kita tahu kalau semua bagian tubuh kita memiliki banyak saraf. Manfaat Lavender adalah merelaksasi kerja saraf termasuk jug saraf saraf yang berfungi untuk pencernaan dalam tubuh kita. Cara nya dengan meminum teh dari Bunga Lavender yang sudah di kembangkan di Eropa.


Karena memiliki banyak manfaat tersebut lah Bunga Lavender tidak boleh sembarangan di petik oleh para Pendaki. Sebagai pendaki tentunya kita kenal dengan semboyan " Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, Jangan mengambil apapun kecuali foto dan Jangan membunuh apapun kecuali waktu ". Apalagi dengan memetik bunga yang bermanfaat seperti Lavender ini tentunya sangat tidak disarankan, namun dalam kasus ini sebenar nya yang di petik bukan lah Bunga Lavender melainkan Bunga Verbena. Kenapa banyak orang bisa salah mengenali antara bunga Lavender dan Verbena. Berikut ulasan lengkap tentang Bunga Verbena.


Baca Juga Hypotermia Pembunuh Utama Pendaki Di Gunung


Bunga Verbena



Masih dari Wikipedia Bunga Verbena atau dalam bahasa ilmiah nya Verbena Brasiliensis Vell adalah tumbuhan semak pendek yang memiliki umur dari Januari sampai Agustus. Bunga ini bisa tumbuh hingga setinggi 2 meter dan sekilas memang nampak sama dengan bunga Lavender namun dalam kenyataan nya sangat berbeda dalam hal akibat yang di timbulkan. Bunga Verbena ini justru bersifat merugikan dan sangat di saran kan untuk di petik berbeda dengan Bunga Lavender itu sendiri. Apa penyebab Bunga Verbena ini justru malah di saran kan untuk di petik ?


Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena


Bunga Verbena Banyak Menyerap Air



Bunga Verbena ini justru berbahaya bagi ekosistem di sekitar nya karena sifat bunga ini yang banyak menyerap air. Dengan begitu daerah di sekitar nya akan cepat mengalami kekeringan, selain itu karena bijinya yang kecil dan mudah menempel di binatang atau para pendaki membuat nya mudah menyebar dan tumbuh sebagai parasit di ekosistem tersebut. Salah satu hal yang bisa mencegah pertumbuhan tanaman ini adalah dengan melakukan isolasi agar penyebaran nya tidak semakin banyak.


Dari sini bisa kita ketahui bahwa Bunga Lavender dan Bunga Verbena memiliki sifat yang berlawanan walaupun memiliki bentuk yang hampir mirip. Jadi untuk para pendaki yang sedang melakukan pendakian di Gunung Semeru diperbolehkan memetik Bunga Verbena ini yang tumbuh di Oro Oro Ombo namun dengan catatan jangan sampai bunga ini tercecer di jalan karena malah akan membantu penyebaran nya yang berakibat buruk bagi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Demikian sekilas info mengenai Perbedaan Bunga Lavender dan Bunga Verbena semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena