Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 6 May 2016

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

WENEXT.NET Cara Mengatasi Diare Pada Bayi. Menurut WIKIPEDIA adalah sebuah penyakit dimana tinja atau feses berubah menjadi lembek bahkan cair dan setidak nya keluar ( BAB ) tiga kali sehari. Penyakit diare di indonesia merupakan penyakit yang menyebabkan kematian bayi paling banyak, yaitu sebesar 31 % dari bayi yang meninggal di Indonseia karena terkena penyakit diare, diantaranya adalah balita yang berumur kurang dari 4 tahun, diare yang terjadi pada bayi memang penyakit yang sangat berbahaya, biasanya diare yang di alami bayi akan berujung pada kondisi dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuhnya.


Bayi yang mengalami diare dianjurkan untuk tidak makan makanan yang berminyak dahulu, makanan yang berserat tinggi, makanan yang manis, dan juga produk produk susu, karena makanan jenis ini bisa memperburuk keadaan yang dalami oleh bayi yang mengalami diare. Bagi anda yang memiliki anak yang sedang menderita penyakit diare, anda harus segera sigap mengatasi penyakit tersebut agar tidak terjadi hal buruk yang tidak diiinginkan, untuk itu saya membagikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit diare tersebut, namun sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu penyebab dari bayi mengalami diare itu apa saja. Simak ulasan lengkap nya di bawah ini.


Penyebab Bayi Mengalami Diare



Virus, Bakteri dan Parasit


 

Penyabab yang pertama adalah dari Virus, Bakteri dan Parasit. Dalam tubuh bayi notabene masih lemah biasa nya virus, bakteri dan parasit gampang sekali masuk. Dari segala jenis keluarga racun tersebut yang menjadi penyebab utama adalah Virus Rotavirus. Selain itu diare pada bayi juga bisa di sebabkan oleh Bakteri Shigella, Salmonella, Vibrio Collera, Escherichia Coli dan juga berbagai jenis parasit lainnya.


Makanan Dan Minuman



Yang kedua adalah dari makanan yang masuk kedalam tubuh bayi, biasa nya karena kita sebagai orang tua terlalu banyak memberikan jus yang mengandung Sorbitol dan Fruktosa tinggi seperti Apel, Peach, dan buah Pir. Selain karena senyawa Sorbitol tersebut biasa nya diare pada bayi juga bisa disebabkan karena alergi yang di alami bayi terhadap jenis makanan tertentu.


Antibiotik



Yang terakhir diare pada bayi juga bisa di sebabkan oleh Antibiotik. Antibiotik memang bisa membunuh virus jahat didalam tubuh tapi juga bisa membunuh bakteri baik juga yang sebenarnya mempunyai manfaaat bagi tubuh si buah hati. Itu adalah beberapa penyebab yang terjadi nya diare pada bayi, kemudian bagaimanakah cara mengatasi nya, berikut pemaparan singkatnya.


Cara Mengatasi Diare Pada Bayi 1 Bulan


Jika bayi anda sering muntah, anda bisa memberikan ASI atau susu formula bayi agar bayi anda tidak terkena dehidrasi, perlu anda ketahui karena muntah bisa menyebabkan dehidrasi, maka dari itu anda harus memberikan ASI untuk bayi anda, atau anda bisa memberikan susu formula bayi untuk bayi anda. Usahakan agar susu yang anda berikan dalam keadaan lebih encer dari kondisi biasanya. Jika dengan memberikan air susu tidak mempan, anda bisa memanggil dokter untuk datang ke rumah anda, biarkan dokter yang memberikan penanganan pada anak anda.


Cara Mengatasi Diare Pada Bayi Umur 1 Tahun


 
Cara mengatasi diare pada bayi yang berumur 1 tahun keatas memang berbeda dengan cara mengatasi diare pada bayi yang berusia 1 bulan, karena pola makan pada bayi yang berumur 1 tahun keatas berbeda. Anda bisa memberikan oralit atau larutan gula dan garam pada anak anda, untuk umur bayi yang 1 tahun anda bisa memberikan larutan gula dan garam, caranya dengan anda sediakan 1 sendok teh gula pasir, seperempat sendok teh garam, dan segelas air panas, kemudian anda aduk bahan tadi menjadi minuman, yang kemudian anda minumkan pada bayi anda. jika masih tidak bisa anda panggilkan saja dokter, biarkan dokter yang memberikan penanganan terbaik.


Bayi memang belum memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat maka dari itu peran kita sebagai orang tua lah untuk menjaga nya dari berbagai macam penyakit. Tentunya kita tidak mau kan jika buah hati diare untuk itu perlu di ketahui beberapa makanan yang perlu di hindari agar bayi kita tidak mengalami diare. Adapun makanan yang perlu di hindari adalah



  • Jus Buah Yang mengandung Sorbitol ( Apel, Pir, Ceri )

  • Susu Formula Dari Sapi secara berlebihan

  • Produk Susu Olahan Seperti Yogurt


Itulah sedikit informasi tentang Cara Mengatasi Diare Pada Bayi dan penyebab nya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Diare Pada Bayi