Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 15 May 2016

Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi



ARISTO.ID Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi. Sobat fotografi kali ini saya akan membicarakan tentang Architectural Photography atau Arsitektur Fotografi. Arsitektur fotografi adalah dimana kita bisa mengekplor sisi menarik dari sebuah bangunan atau gedung dalam bentuk gambar sehingga keindahan nya bisa lebih terlihat. Dalam pengambilan gambar arsitektur yang terpenting adalah " sudut pandang ". Dengan hanya bermodal kan 1 bangunan saja kita bisa mendapatkan banyak sekali gambar menarik jika kita menemukan berbagai sudut pandang yang pas.
Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi

 

Interior Arsitektur



Seperti nama nya ini adalah jenis fotografi arsitektur yang di ambil dari dalam ruangan atau dalam gedung. Biasa nya dalam Interior Arsitektur ini yang di incar adalah keindahan dari tata ruang. Dalam pengambilan Interior Arsitektur ini kita bisa memanfaatkan cahaya dari jendela, sky light dan juga beberapa pencahayaan dari dalam itu sendiri. Keuntungan dari jenis fotografi arsitektur ini adalah banyak nya sudut pandang yang tersedia jadi hanya dalam satu gedung kita bisa mendapatkan banyak gambar yang menarik.


Eksterior Arsitektur



Sementara untuk Eksterior Arsitektur adalah jenis arsitektur fotografi yang di ambil dari luar bangunan itu sendiri. Kita bisa melakukan pengambilan seluruh aspek bangunan atau sebagian saja dari sudut pandang tertentu yang di anggap menarik. Bagi kebanyakan fotografer musuh utama saat pengambilan eksterior arsitektur adalah cahaya matahari, kita harus melakukan proses pemotretan di jam yang pas yaitu saat pagi hari sampai pukul 09.30 atau saat sore hari dari pukul 15.00. Waktu tersebut lah waktu terbaik yang bisa digunakan untuk pengambilan gambar eksterior arsitektur.


Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi


Kemudian bagaimanakah cara nya untuk menghasilkan gambar arsitektur yang menarik dan bisa di nikmati setiap mata yang melihat nya. Berikut ini saya paparkan beberapa tips cara mengambil gambar arsitektur fotografi yang bisa membantu menghasilkan gambar yang bagus.


Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi



1. Sudut Pandang



Seperti yang saya katakan di awal tadi kalau yang terpenting dalam pengambilan gambar arsitektur adalah sudut pandang. Tidak ada tips dan trik khusus dalam memilih sudut pandang yang menarik, yang terpenting adalah banyak banyak bereksperimen menemukan sudut pandang yang bagus. Karena hanya bergerak satu langkah saja kita akan bisa melihat pandangan yang berbeda, maka dari itu dalam pencarian sudut pandang yang pas kita harus banyak bergerak dan mengambil gambar.


2. Pencahayaan



Yang tidak kalah penting adalah aspek dari pencahayaan itu sendiri, seni fotografi adalah seni yang banyak mempermainkan cahaya jadi faktor ini selalu penting dalam setiap pengambilan gambar dalam segala kategori fotografi. Dalam pengaturan cahaya ini yang perlu di perhatikan adalah kualitas dari cahaya tersebut, kita harus bisa mengambil gambar dengan pencahayaan yang pas, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap namun dengan detail bangunan yang tetap terlihat. Jika pengambilan eksterior arsitektur manfaat kan pencahayaan dari sinar matahari.


Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi


3. Gunakan Lensa Wide atau Fish Eye



Biasa nya dalam pengambilan gambar arsitektur para fotografer menggunakan Lensa khusus Wide atau Fish Eye yang biasa juga di gunakan juga oleh para landscaper. Dengan menggunakan lensa wide atau fish eye memungkinkan kita menangkap lebih banyak detail arsitektur dalam satu frame. Sifat dari lensa wide atau fish eye yang lebar sangat cocok di gunakan untuk foto arsitektur.


Baca Juga Lensa Wide Terbaik Termurah Canon


4. Refleksi



Salah satu langkah yang bisa di coba adalah dengan menambahkan refleksi kepada gambar yang akan kita buat. Biasa nya refleksi ini di gunakan para landscaper untuk menghasilkan karya terbaik mereka seperti refleksi dari sebuah gunung di permukaan danau, tapi trik ini juga bisa memperindah hasil dalam pengambilan gambar arsitektur yang kita lakukan.


5. Gunakan Apperture Sempit



Bokeh atau blur tentunya tidak cocok di gunakan untuk menghasilkan gambar arsitektur yang bagus, untuk itu gunakan lah Apperture sempit karena dapat membantu mempertajam setiap detail gambar. Detail sangat penting dalam foto arsitektur, karena tujuan dari Arsitektur Fotografi sendiri adalah menunjukkan keindahan sebenar nya setiap bangunan dari berbagai sudut pandang yang tidak biasa.


Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi


6. ISO Rendah + Tripod



ISO rendah biasa nya saya gunakan dalam banyak pengambilan gambar seperti Travel, Landscape, Nightshot dan juga termasuk Arsitektur yang sedang kita bahas kali ini. Kelebihan dari ISO rendah adalah menghasilkan gambar yang tidak pecah atau memiliki detail ketajaman yang lebih namun hal tersebut biasa nya akan memperlambat shutter speed maka dari itu Tripod juga sering saya gunakan jika di perlukan. ISO yang sering saya pakai biasa nya berkisar antara 100 dan tidak lebih dari angka 500.


Baca Juga Tips Agar Menghasilkan Gambar Yang Tidak Pecah


7. Sering Bereksperimen



Seperti yang sering saya sebutkan dalam beberapa tutorial fotografi yang saya buat sebelumnya, point terpenting nya adalah sering bereksperimen atau sering lah keluar untuk mengambil gambar. Karena dengan sering latihan lah kita akan lebih memahami cara pengambilan gambar yang bagus dan juga melakukan settingan yang pas dalam berbagai kondisi. Dengan sering melakukan pengambilan gambar pula lah membuat kita lebih memahami karakteristik dari kamera yang kita pegang.


Baca Juga Tips Mengambil Gambar Landscape Yang Baik

Baca Juga Tips Mengambil Gambar Bunga Outdor Yang Bagus

Baca Juga Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang

 
Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi


Demikian tutorial fotografi mengenai Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi semoga bermanfaat dan salam jepret.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengambil Gambar Arsitektur Fotografi