Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 28 December 2015

Takoyaki Makanan Khas Daerah Osaka ( Kansai )

ARISTO.ID. Takoyaki Makanan Khas Daerah Osaka ( Kansai ). Setelah beberapa hari kemarin membuat artikel tentang Itinerary yang cukup menguras tenaga dan pikiran, biar kan kali ini kita bicara soal makanan dulu. Berhubung saya masih tinggal di Jepang tentu nya sudah familiar dengan berbagai makanan khas nya termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Takoyaki. Takoyaki merupakan jajanan yang berbentuk bulat yang berisi irisan daging gurita yang dalam bahasa Jepang di sebut Tako, yang disiram dengan saus khusus yaitu okonomiyaki.



Takoyaki

Takoyaki Makanan Khas Daerah Osaka ( Kansai )


Sejarah Takoyaki


Pada zaman Taisho awal nya jajanan ini bernama Choboyaki yang terbuat dari tepung terigi yang di isi dengan umbi umbian yang bernama Konyaku. Setelah itu berkembang lagi dan isi nya di ganti dengan urat sapi dan di beri nama Rajioyaki karena bentuk nya yang bulat menyerupai tombol radio padad masa itu. Dari Rajioyaki tersebut kemudian berkembang lagi dengan isi daging sapi dan berbagai bagian daging murah lainnya. Pada tahun 1935 lah mulai di isi dengan gurita dan telur sehingga nama nya menjadi Takoyaki seperti sekarang ini.


Awal nya Takoyaki berupa semacam sate yang berisi 3 - 4 bola namun seiring perkembangan zaman akhirnya sekarang Takoyaki di jual per set dengan wadah lembaran plastik yang berbentuk perahu yang berisi 6-8 dengan harga berkisar 500 yen. Pada tahun 2000 an sebenar nya masih bisa di temukan penjual Takoyaki yang memakai cara ditusuk seperti sate dalam penyajian nya namun berhubung penjual nya sudah lanjut usia akhirnya kios nya pun di tutup.



Takoyaki



Takoyaki sendiri merupakan jajanan khas dari daerah Kansai khusus nya Osaka. Disana kita bisa dengan mudah menemui kios kios yang menjajakan Takoyaki dan harga nya pun cukup murah di bandingkan dengan di daerah Tokyo karena di Osaka persaingan penjual Takoyaki sangat ketat jadi agar laku dan memiliki banyak pelanggan mereka menurunkan harga nya. Bahkan di Osaka setiap rumah biasanya mempunyai alat untuk membuat Takoyaki sendiri karena biasa nya tidak jarang yang menjadikan Takoyaki lauk untuk makan nasi. Dan yang paling unik biasa nya para orang tua akan menghadiahkan satu set perabot untuk membuat Takoyaki kepada anak perempuan nya yang akan menikah.
Baca Juga Fushimi Inari Shrine Taisha Kyoto


Jenis Takoyaki


Untuk jenis Takoyaki sendiri ada 4 yaitu Takoyaki Polos, Takoyaki Kecap Asin, Takoyaki Saus, dan Tamagoyaki. Untuk Takoyaki Polos, sesuai namanya Takoyaki ini tidak di beri tambahan apa apa alias polos namun ada juga yang menambah kan nya dengan garam kasar. Takoyaki Kecap Asin biasa nya di atas nya di olesi dengan kecap asin. Sedangkan Takoyaki Saus biasa nya di beri tambahan saus dan mayones serta di taburi Aonori yang merupakan lembaran rumput laut yang di keringkan. Sementara untuk Tamagoyaki, pada adonan tepung terigu nya di campur kan dengan telur dan cara makan nya dengan di celupkan kedalam sup yang disebut Dashi dalam bahasa Jepang.



Takoyaki

Resep Membuat Takoyaki


Bahan bahan nya antara lain 
- Tepung Terigu 175 gram
- Telur Ayam 1 butir
- Kuning Telur 2 butir
- Kaldu Cair 350 ml
- Backing Powder 1/2 sdm
- Gurita 100 gram di iris kecil kecil dan di kukus dahulu
- Daun Bawang
- Mayones
- Minyak Goreng
- Aonori
- Kecap Asin
- Garam secukupnya

Cara Membuat nya
- Campur kan kaldu cair sedikit demi sedikit kedalam telur yang sedang di kocok
- Kocok terpisah untuk adonan tepung terigu, garam dan backing powder
- Campurkan dua adonan tadi menjadi satu dan kocok lagi hingga halus
- Panaskan cetakan dengan di olesi minyak agar tidak lengket
- Tuangkan 1/2 adonan kedalam cetakan kemudian masukan potongan gurita daan daun bawang
- Tuangkan lagi 1/2 adonan agar gurita dan daun bawang tertutupi
- Balik adonan dengan lidi dan tunggu hingga matang
- Sajikan Takoyaki saat panas dengan di taburi Aonori dan di siram mayones
- Bisa juga menggunakan kecap asin sesuai selera sendiri

Demikian artikel Takoyaki Makanan Khas Daerah Osaka ( Kansai ). Semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam backpacker.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Takoyaki Makanan Khas Daerah Osaka ( Kansai )