Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 6 December 2015

3 Tingkatan dan Proses Dalam Pengambilan Keputusan

Apa tingkatan dan proses dalam pengambilan keputusan? Dalam pengambilan keputusan terdapat beberapa tingkatan berkaitan dengan sifatnya, yaitu tingkat strategis, teknis dan taktis. Menurut Davis tingkatan tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Tingkatan dalam pengambilan keputusan




  • Tingkat strategis berkaitan dengan hal-hal di antarannya : 1) informasi-informasi dari luar yang memilki kompetisi, konsumen dan ketersediaan proses dan kajian demografis konsumen; 2) informasi mengenai kecendurungan masa yang akan datang atau informasi yang bersifat prediktif untuk jangka panjang;  3) Informasi yang bersifat simulasi mengenai hal-hal yang seandainya atau diandaikan mungkin terjadi.

  • Tingkat taktis berkaitan ddengan informasi-informasi yang menyankut masalah sebagai berikut;  1) historis deskriptif; 2) informasi mengenai kinerja saat ini; 3) informasi yang bersifat prediktif untuk jangka pendek; dan 4) informasi yang bersifat simulasi mengenai hal yang diandaikan mungkin terjadi.

  • Tingkat teknis berkaitan dengan informasi-informasi yang menyangkut masalah sebagai berikut: 1) historis deskriptif; 2) informasi mengenai kinerja saat ini.



Proses dalam pengambilan / pembuatan keputusan
Proses pengambilan keputusan menurut Davis meliputi lima kegiatan yang saling berkait satu sama lain, yaitu mengenali masalah, mencari informasi, mengevaluasi alternatif dan membuat keputusan.Mengenali masalah menyangkut pengakuan pihak manajemen bahwa dalam organisasi tersebut masalah tertentu memang ada/akan ada. Oleh karena itu memerlukan tindakan cepat untuk menanganinya. Setelah pihak manajemen mengakui adanya masalah tertentu maka informasi mengenai masalah tersebut kemudian dicari dan dikumpulkan untuk menmbuat asumsi-asumsi yang akan digunakan untuk memecahkan masalah. Didasarkan pada informasi tersebut maka pihak manajemen kemudian melakukan analisis terhadap masalah yang dilakukan terhadap maka pihak manajemen kemudian mencari alternatif lain yang diformulasikan berdasarkan kriteria yang telah disusun oleh para pembuat keputusan. Alternatif yang terpilih kemudian dijadikan sebagai bahan keputusan. Keputusan ini mungkin merupakan alternatif yang paling menjajikan atau bahkan dapat juga memunculkan masalah baru yang perlu disampaikan kepada para pembuat keputusan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Tingkatan dan Proses Dalam Pengambilan Keputusan