Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 30 November 2015

Ulasan Masjid Di Tokyo

ARISTO.ID. Ulasan Masjid Di Tokyo. Bagi seorang Muslim sholat merupakan hal yang wajib dilakukan dimana pun dan dalam kondisi apa pun. Bahkan apabila tidak bisa sholat dalam keadaan berdiri bisa dengan duduk, apabila tidak bisa duduk boleh dengan berbaring. Bahkan apabila tidak bisa berbaring boleh dengan isyarat. Namun apa bila tidak bisa dengan isyarat maka saat nya kita untuk di sholatkan yang arti nya kita telah meninggal. Begitu banyak kemudahan yang di berikan agama Islam kepada umat nya untuk beribadah bahkan tempat ibadah pun asal kan bersih boleh untuk sholat.


Di Indonesia sendiri yang merupakan mayoritas warga nya beragama Islam tidak sulit menemukan tempat ibadah yang di sebut Masjid atau pun Musholla. Hampir tiap 500 meter pasti terdapat satu Musholla untuk beribadah sehingga memudah kan kita seorang Muslim untuk melaksanakan sholat tepat waktu. Namun bagaimana jika kita berada di daerah yang Muslim menjadi minoritas seperti di Jepang khusus nya Tokyo ?


Kali ini saya akan memberi informasi tentang beberapa Musholla atau Masjid yang berada di sekitar Tokyo. Yang tentunya bisa kita kunjungi untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai Muslim yaitu sholat :



Ulasan Masjid Di Tokyo



1. Masjid Jami Tokyo ( Yoyogi Uehara )


Untuk Masjid Jami Tokyo terletak di Yoyogi Uehara Station dari arah Shinjuku cukup naik satu kali dan tidak sampai 10 menit kereta akan tiba di Yoyogi Uehara Station. Dari stasiun harus berjalan kira kira 5 menit untuk mencapai area masjid ini. Biasa nya Masjid ini sangat ramai terutama saat sholat jumat serta masjid ini merupakan masjid terbesar di Tokyo.
Baca artikel lengakap nya : Masjid Jami Tokyo



2. Masjid Kamata


Masjid Kamata merupakan masjid terdekat dan paling gampang akses nya dari tempat tinggal saya di Yokohama selain itu dari stasiun Kamata sendiri cukup dekat jadi memudah kan para jamaah untuk melakukan ibadah disana. Saya pun biasa nya sholat jumat disini, itu pun kalau hari jumat libur karena kalau hari jumat kerja saya biasa nya hanya melaksanakan sholat dhuhur.

Untuk menuju Kamata Station yang merupakan stasiun terdekat dari masjid cukup mudah. Dari Yokohama sendiri hanya membutuh kan waktu sekitar 30 menit an dengan harga tiket 220 yen. Setelah keluar dari stasiun cukup berjalan kurang dari 10 menit kita sudah sampai di masjid. Lantai pertama untuk tempat wudhu sedang kan untuk sholat jamaah laki laki ada di lantai 1. Sementara jamaah wanita ada di ruangan sebelah dari tempat wudhu pria di lantai 1.

Masjid Kamata



Masjid Kamata



3. Masjid Ass Salam ( Okachimachi )


Masjid Ass Salam merupakan masjid yang sering saya kunjungi saat jalan jalan di Akihabara. Akihabara sendiri merupakan pusat elektronik terlengkap dan terbesar di Jepang khusus nya di Tokyo. Dan bagi yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang Akihabara bisa baca artikel saya sebelum nya Disini.

Memang Masjid Ass Salam ini merupakan masjid terdekat dari Akihabara maka dari itu sering di kunjungi oleh orang muslim yang kebetulan ada di Akihabara. Dari Akihabara dengan jalan kaki kira kira membutuhkan waktu sekitar 15 menitan. Untuk jamaah laki laki berada di lantai 3, jamaah perempuan di lantai 2 sedangkan lantai 1 tempat wudhu dan toilet serta ada pula kantor pengurus dari masjid tersebut.

Masjid Ass Salam Okachimachi



Masjid Ass Salam Okachimachi



Anda sedang membaca Ulasan Masjid Di Tokyo

4. Masjid Yokohama


Saya memang tinggal di Yokohama namun lebih sering ke Masjid Kamata di banding kan ke Masjid Yokohama. Karena letak nya memang lebih jauh di bandingkan Masjid Kamata. Dari Yokohama station membutuhkan waktu sekitar 40 menitan menggunakan Kereta Bawah Tanah dengan harga tiket 300 yen. Dari stasiun terdekat pun kita harus berjalan sekitar 20 menitan untuk bisa sampai di masjid atau pun bisa menggunakan bis agar lebih cepat sampai, untuk bis sendiri bisa ditempuh hanya dengan 5 menit perjalanan.

Masjid Yokohama



Masjid Yokohama



5. Masjid Ikebukuro


Bagi anda yang sedang berjalan jalan di Ikebukuro dan kebetulan sudah memasuki waktu sholat, anda bisa mampir sejenak ke Masjid Ikebukuro ini. Jarak dari Masjid Otsuka juga tidak terlalu jauh sekitar 10 menit menggukan kereta bahkan kurang. Ikebukuro sendiri merupakan daerah yang sebagian besar dihuni oleh warga asing dan hanya sedikit warga Jepang. Terutama warga China yang paling banyak tinggal di Ikebukuro.
Anda sedang membaca Ulasan Masjid Di Tokyo



6. Masjid Indonesia


Masjid Indonesia di Jepang mungkin belum terbangun tepi sampai sekarang masih di perjuangkan, untuk lahan sendiri sudah ada dan penggalangan dana juga terus di galakkan agar terealisasi nya masjid ini bisa secepat mungkin. Sementara ini bagi orang Indonesia terlebih saat Idul Fitri atau pun Idul Adha biasa nya melaksanakan sholat di Sekolah Republik Indonesia di Jepang. Walaupun masih menggunakan area sekolah untuk sholat namun suasana Indonesia begitu terasa di sini karena memang semua bisa di katakan orang Indonesia mungkin ada orang asing namun hanya beberapa saja. Saat lebaran banyak sekali makanan khas lebaran di Indonesia seperti opor ayam dan ketupat. Bagi perantau yang di Jepang pasti sangat merindukan masakan masakan ini semua. Dan semoga Masjid Indonesia cepat terealisasi.






7. Masjid Otsuka


Masjid Otsuka juga salah satu yang terdekat dan akses nya mudah, dari Otsuka Station hanya berjarak sekitar 400 meter. Otsuka sendiri juga merupakan salah satu stasiun yang di lewati jalur Yamanote Line jadi bisa di pastikan bisa di tuju dengan mudah. Masjid ini sendiri didirikan atau di buka dari sekitar tahun 1999 dan merupakan yang paling aktif dalam berdakwah mengenai agama Islam di Jepang. Disini juga di buka kelas untuk belajar tentang Islam lebih dalam dan banyak juga murid yang belajar disini bahkan ada seorang hafidz Quran yang belajar disini yaitu Sahar Nakayama yang berusia 13 tahun.
Masjid Otsuka

Masjid Otsuka



Anda sedang membaca Ulasan Masjid Di Tokyo

8. Masjid Darul Arqam ( Asakusa )


Masjid ini dibangun sekitar tahun 1998 dan saat ini di kelola oleh Japan Mosque Foundation atau biasa di singkat JMF. Masjid Darul Arqam terdiri dari 5 lantai yang lantai 1 nya di fungsikan sebagai Islamic Center, lantai 2 di untuk jamaah perempuan, lantai 3 untuk jamaah laki laki, sedangkan lantai 4 untuk dapur dan lantai 5 untuk ruang imam. Untuk akses nya juga mudah, dari Asakusa Station bisa dengan naik bis dengan tiket seharga 200 yen dan turun di halte Imado. dan dari halte tersebut hanya perlu berjalan sekitar 2 menit kita sudah akan sampai di Masjid Asakusa.



9. Musholla Shin Okubo


Mushola di Shin Okubo ini sering saya kunjungi juga namun sebulan sekali, itupun karena sebulan sekali itu saya berbelanja bumbu bumbu Indonesia disini, di Shin Okubo. Memang letak nya lumayan jauh dari Yokohama tempat saya tinggal namun di Shin Okubo lah banyak orang orang yang berjualan makanan halal karena memang banyak warga Muslim bermukim disini. Bukan hanya orang Indonesia saja melainkan ada pula orang timur tengah yang banyak membuka toko makanan halal disini. Untuk akses ke Musholla ini cukup mudah karena Shin Okubo di lewati oleh jalur kereta tersibuk di Tokyo yang sering saya bahas yaitu Yamanote Line. Dan dari stasiun nya pun cukup berjalan tidak lebih dari 2 menit kita sudah akan sampai.

Musholla Shin Okubo


Ulasan Masjid Di Tokyo



Itulah Ulasan Masjid Di Tokyo selengkapnya. Semoga bermanfaat dan salam backpacker. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ulasan Masjid Di Tokyo