Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 21 November 2015

Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Akar, Batang dan Daun)

Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Akar, Batang dan Daun). Apa itu Fungsi Jaringan pada Tumbuhan? Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahasnya di blog tercinta ini. Berdasarkan ulasan kali ini diharapkan pembaca mampu menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.


Jenis soal yang sesuai materi ini yaitu disajikan gambar struktur jaringan yang menyususn suatu organ tumbuhan, kemudian ditanyakan fungsi jaringan yang ditunjuk. Selain itu, juga dapat dipaparkan mengenai jaringan tumbuhan kemudia pembaca dapat menentukan fungsi jaringan tersebut. Langsung saja untuk mengetahui info selengkapnya silahkan simak uraiannya berikut ini.



Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Akar, Batang dan Daun)


Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Akar, Batang dan Daun)

Baca juga : Jaringan Pengangkut Pada Akar,Batang,dan Daun

Jaringan pada Akar


Akar terletak di dalam tanah dan berperan dalam penyerapan air dan zat hara. Untuk mendukung fungsinya tersebut, akar tersusun dari beberapa jaringan. Jaringan penyusun akar dari luar ke dalam sebagai berikut.

  • Jaringan epidermis akar, terdiri atas satu lapisan sel yang tersusun rapat dan mempunyai rambut akar untuk memperluas bidang penyerapan air dan zat hara.

  • Jaringan konteks akar, tersusun dari berlapis-lapis sel dan memiliki banyak ruang antarsel. Jaringan korteks berfungi sebagai tempat pertukaran zat.

  • Jaringan Endodermis akar, terdiri dari satu lapisan sel yang tersusun rapat dengan dinding sel yang tebal. Jaringan endodermis akar berperan dalam pertumbuhan membesar akar.

  • Silinder pusat, di dalam lapisan ini terdapat berkas pengangkut yang berperan dalam transportasi air dan zat-zat di dalam tubuh-tumbuhan.


Jaringan Pada Batang


Batang tumbuhan memiliki beberapa fungsi yaitu berperan dalam pengangkutan air dan mineral dari akar ke daun, sebagai pengangkutan hasil fotosintesis, dan penyimpanan makanan cadangan. Untuk mendukung fungsi tersebut, batang tersusun dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi khusus seperti berikut.

  • Jaringan epidermis batang, tersusun dari selapis sel yang tersusun rapat dan di lapisan terluar terdapat lapisan lilin. Jaringan epidermis berungsi melindungai jaringan di bawahnya. Jaringan epidermis pada batang sebagian bermodifikasi lentisel yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara.

  • Jaringan korteks  batang, mengandung amilum dan sel-sel korteks tidak tersusun rapat. Jaringan korteks mempunyai banyak ruang antarsel yang penting untuk berlangsungnya pertukaran gas dan sebagian berperan dalam penyimpanan amilum.

  • Silinder pusat, di dalam lapisan ini terdapat berkas pengangkut yang dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi dua seperti berikut. : Jaringan pembuluh xilem : pembuluh xilem berfungsi mengangkut air dan zat hara dari akar menuju daun. Ada pula, jaringan pembuluh floem : berfungsi mengangkut zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Khusus pada tumbuhan dikotil terdapat jaringan kambium yang berfungsi mengukuhkan dan memperbesar batang.



Jaringan pada Daun


Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis dan perukaran udara pernapasan tumbuhan. Daun tersusun dari beberapa jaringan sebagai berikut.

  • Jaringan epidermis daun, terdiri atas satu lapisan sel, terdapat mulut daun (stomata), dan pada lapisan terluarnya terdapat lapisan lilin. Lapisan epidermis berfungsi untuk melindungi lapisan di bawahnya. Sel penyusun epidermis daun yang bermodifikasi menjadi stomata berperan dalam pertukaran udara pernapasan.

  • Mesofil, di dalamnya terdapat jaringan tiang dan jaringan bunga karang. Dalam jaringan tiang dan bunga karang terdapat banyak kloroplas yang berperan dalam proses fotosintesis.

  • Jaringan pengangkut terdapat pada tulang daun. Dalam jaringan pengangkut terdapat pembuluh xilem dan floem yang berperan dalam pengangkutan zat. Pembuluh xilem berperan dalam pengangkutan air dan zat hara, sedangkan pembuluh floem berperan dalam pengangkutan hasil fotosintesis.


Demikianlah ulasan  menganai Fungsi Jaringan pada Tumbuhan, semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Jaringan pada Tumbuhan (Akar, Batang dan Daun)