Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 19 November 2015

Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR

ARISTO.ID. Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR. Ketemu lagi bersama saya disini, seorang yang punya hobi travelling dan mengabadikan setiap tempat dan moment yang terjadi untuk di jadikan sebuah memori, hehehe. Langsung saja kali ini saya akan memaparkan tips dan trik yang bisa di lakukan untuk mengambil gambar atau foto makro dengan kamera DSLR. Disini sebagai contoh saya menggunakan kamera DSLR Canon EOS 60D satu" nya milik saya, karena saya tidak memiliki kamera DSLR lain lagi. :D


Untuk foto makro sendiri merupakan foto yang di ambil dari jarak dekat sehingga di dapat perbesaran 1:1 dari obyek yang di foto. Foto makro ini sangat unik dan sangat mudah di lakukan namun hasil yang di dapat luar biasa. Kita bisa mengambil obyek di sekitar kita seperti cicak yang menempel di dinding, daun kering yang sudah jatuh di tanah dan obyek biasa lain nya yang apabila kita ambil dalam posisi makro akan terlihat berbeda, akan terlihat sangat luar biasa. Karena sudut pandang dari foto makro sendiri berbeda dari biasa nya kita melihat sebuah benda atau pun sesuatu yang lain.



Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR


Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengambil foto makro dengan kamera DSLR :


1. Menggunakan Lensa Khusus Makro



Dengan menggunakan lensa khusus makro sudah bisa dipastikan gambar atau foto yang akan kita ambil bisa sempurna karena memang lensa tersebut difungsi kan untuk memfoto makro. Untuk settingan nya sendiri memang tergantung situasi dan kondisi di tiap masing" lokasi pengambilan gambar. Tidak ada settingan baku dalam dunia fotografi, disini saya hanya akan memberikan gambaran besar dari settingan saat foto makro itu sendiri. Untuk Aperture biasa nya antara F7.1 sampai F11 dan Shutter speed  sekitar 1/80 second sampai 1/60 second. Sementara untuk ISO cukup menggunakan Iso rendah sekitar 100 sampai 400 karena jika Iso terlalu tinggi akan menimbulkan noise pada gambar.



Sekali lagi settingan ini hanya gambaran besar nya saja karena untuk mendapatkan gambar yang baik settingan harus disesuaikan situasi. Dan disaran kan juga menggunakan manual fokus untuk mendapatkan fokus yang akurat.

Namun untuk harga lensa khusus makro sendiri biasa nya terlalu mahal sehingga sebagian orang berpikir dua kali untuk membeli lensa khusus makro. Tapi jangan khawatir masih ada cara lain untuk mengambil gambar atau foto makro.





2. Menggunakan Ekstention Tube



Ekstention Tube adalah sambungan yang digunakan untuk memperpendek jarak fokus dari kamera terhadap obyek yang akan difoto. Bentuk dari Ekstention tube sendiri tabung yang berongga yang letak nya di antara kamera dan lensa. Dengan lensa kit 18-55mm yang saya dapat kan saat pembelian kamera sudah cukup apabila di pasangkan dengan Ekstention Tube ini. Untuk Canon sendiri juga menyediakan Ekstention Tube namun karena harga nya yang mahal menurut saya lebih baik jika kita membeli dari merk lain yang mendukung untuk dipasang kan di kamera Canon, misal nya Ekstention Tube dari Kenko dengan harga yang lebih murah bisa kita dapat kan. Keuntungan menggunakan sambungan ini adalah karena bisa di pakai untuk jenis lensa apa saja, bukan hanya satu lensa. Namun kekurangan nya adalah Ekstention Tube ini akan mengurangi cahaya yang masuk ke sensor kamera sehingga kita harus mengatur settingan kamera lagi.





3. Filter Close Up



Untuk yang ketiga ini adalah solusi yang lebih murah lagi karena harga Filter Close Up sendiri sekitar ratusan ribu rupiah. Berbeda dengan Ekstention Tube yang sekitar 1 juta lebih, apalagi untuk lensa khusus makro yang harga nya berjuta juta. Filter Close Up dipasang di depan lensa menyesuaikan ukuran diameter lensa nya sebagai contoh untuk lensa kit 18-55mm yang berdiameter 58 mm harus menggunakan Filter Close Up ukuran 58 mm juga. Maka dari itu untuk penggunaan Filter Close Up ini tidak terlalu praktis karena apabila kita akan menggunakan lensa yang berbeda kita harus membeli lagi untuk ukuran diameter yang sama. Dan juga gambar yang dihasilkan dengan Filter Close Up ini tidak terlalu bagus karena antara obyek dan lensa terdapat filter sehingga mengurangi kualitas foto. Mungkin karena harga nya murah saja Filter Close Up bisa di jadikan alernatif.





4. Reserve Ring



Ini adalah alternatif termurah yang bisa kita lakukan untuk mengambil gambar atau foto makro. Reserve Ring juga merupakan sambungan yang dipasang antara kamera dan lensa. Sama seperti Ekstention Tube namun kali ini lensa harus di pasang terbalik. Sehingga di dapatkan foto makro yang benar" amazing, salah seorang teman saya sudah mencoba mengambil gambar bulu kaki dengan cara ini, hehehe. Karena harga dari Reserve Ring sendiri tidak sampai 100 ribu maka saya berani bilang kalau cara ini adalah cara termurah untuk mengambil gambar makro. Namun untuk gambar yang di hasil kan sendiri memang tidak lebih bagus di banding dengan cara yang lain. Tapi tetap bisa jadi alternatif untuk memfoto makro.





5. Menggunakan Lensa Tele



Koq menggunakan Lensa Tele ? Lensa tele merupakan lensa yang di buat untuk mengambil gambar dari jarak jauh karena focal lenght nya sendiri memang panjang. Walau pun merupakan lensa untuk jarak jauh namun Lensa Tele mampu untuk mengambil gambar makro. Saya sendiri serng menggunakan Lensa Tele ini untuk foto makro. Karena saat mengambil gambar suatu obyek jarak kita memang harus jauh jadi tidak akan mengganggu obyek itu sendiri. Misal kan kita akan mengambil gambar kupu", apabila menggunakan lensa makro yang mengharus kan kita mendekati obyek di khawatir kan obyek akan merasa terganggu dan kabur. Namun kalau menggunakan Lensa Tele kita bisa mengambil gambar dari jarak yang jauh sehingga obyek tidak akan merasa terganggu.




Berikut ini adalah hasil dari foto makro saya, walupun tidak begitu bagus tapi karya saya sendiri hehehehe. Ohya ini menggunakan lensa 55-250mm dari Canon. Semoga artikel Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR ini bisa bermanfaat dan sedikit membantu. Terima kasih




 

 

 

 

Semoga artikel Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR ini bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berbagai Cara Foto Makro Dengan Kamera DSLR