10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Diposting pada

ARISTO.ID 10 Gunung Terunik di Kanada. Kanada merupakan negara yang cukup dingin. Karena itu, banyak fenomena alam yang unik disana. Contohnya saja gletser, padang es dan sebagainya. Bagi para pendaki, berikut informasi 10 gunung terunik di Kanada, yang menjadi favorit para pendaki.

10 Gunung Terunik di Kanada:

  1. Gunung Robson

10 Gunung Terunik di Kanada

Gunung Robson merupakan gunung paling terkemuka di Pegunungan Rocky Mountain, Amerika Utara. Lokasi pendakian ini juga menjadi titik tertinggi the Canadian Rockies atau bagian Pegunungan Rocky Mountain yang terletak di Kanada. Secara keseluruhan, tempat ini menjadi bagian dari Mount Robson Provincial Park of British Columbia.

Keunikan Gunung Robson bagi para pendaki adalah Jalan Besar Yellowhead (Highway 16) di sebelah selatan. Rute ini biasa dipilih pendaki yang gemar fotografi. Nama Robson sendiri diambil dari Colin Robertson yang bekerja di North West Company dan Hudson’s Bay Company di awal abad 19. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa nama tersebut diadaptasi dari John Robson yang merupakan Perdana Menteri British Columbia terdahulu.

Baca Juga 12 Daftar Gunung Khusus Para Pendaki Tangguh di Negara Tirai Bambu, China

  1. Gunung Logan

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Menjadi gunung yang paling tinggi di Kanada dan tertinggi kedua di Amerika Utara, setelah Denali. Nama Logan diambil dari Sir William Edmond Logan, geologis dan pendiri Geological Survey of Canada (GSC). Mirip dengan Gunung Robson, tempat ini juga ditetapkan sebagai taman nasional dengan nama Kluane National Park and Reserve, 40 km bagian barat daya Yukon (daerah perbatasan Kanada dan Alaska, Amerika Serikat.

Jika melakukan pendakian ke Gunung Logan, pastikan kita menyaksikan aliran hulu Gletser Hubbard dan Logan ini. Keindahan aliran es tersebut sangat menarik dan akan menjadi pengalaman tidak tergantikan. Tidak heran, lokasi ini ditengarai sebagai dasar lingkaran gunung tidak berapi di dunia.

  1. Gunung Columbia

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Puncak Gunung Columbia ditetapkan sebagai taman nasional dengan nama Jasper National Park. Pada tahun 1989, J. Norman Collie menamai lokasi pendakian yang menarik ini dari nama Sungai Columbia. Sungai Columbia sendiri dinamai dari kapal Columbia Rediviva milik Amerika yang dipimpin Robert Gray sebagai keptennya.

Pendakian dengan rute normal akan mengambil bagian timur, dimana kontur daerahnya tidak bergletser. Terutama saat musim panas, pendakian akan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Rute lainnya adalah melewati punggung gunung bagian utara. Jalur ini dianggap sangat menantang karena variasinya cukup memicu adrenalin dengan 2000 meter pendakian. Jadi, hanya pendaki senior dengan jam terbang tinggilah yang bisa melewati rute yang satu ini.

  1. Gunung Assiniboine

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Dengan puncak berbentuk piramida, Gunung Assiniboine yang terletak di Great Divide ini memiliki ketinggian 3.618 mdpl. Puncaknya merupakan titik tertinggi bagian selatan Barisan Kontinental di Canadian Rockies. Kurang lebih 1.525 mdpl dibawahnya, terdapat danau yang disebut Lake Magog.

Karena Gunung Assiniboine  mirip dengan Gunung Matterhorn di Alpen, pendaki memberi julukan baginya sebagai “Matterhorn of the Rockies”. Yang menamai lokasi pendakian satu ini adalah George M. Dawson pada tahun 1885. Saat beliau melihatnya dari Gunung Copper, awan – awan tampak seperti asap putih yang indah dan mengingatkannya pada Suku Indian Assiniboine.

  1. Gunung Forbes

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Ketinggian Gunung Forbes berada di urutan ke-8 dari Canadian Rockies. Jika pendaki ingin mencarinya, lokasi pendakian ini berada pada kilometer ke 18 sebelah barat daya Sungai Saskatchewan dan menyeberangi Banff National Park. James Hector menamainya pada tahun 1859 atas nama Edward Forbes. Edward Forbed adalah profesor sejarah alam di Universitas Edinburgh pada pertengahan abad 19.

Pertama kali gunung ini didaki adalah pada tahun 1902 oleh pendaki bersaudara asal Swiss, Christian dan Hans Kaufmann. Setelah itu, pendaki – pendaki asal Inggris seperti J. Norman Collie, James Outram, Hugh E.M. Stutfield, George M. Weed, dan Herman Woolley juga menaklukkan puncak Gunung Forbes.

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

  1. Gunung Lucania

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Gunung tertinggi ke-3 di Kanada ini dihubungkan oleh punggung bukit panjang dengan Gunung Steele.  Nama unik yang disematkan pada lokasi pendakian ini diberikan oleh Duke of Abruzzi pada tanggal 31 Juli 1897. Mirip seperti Gunung Columbia, “Lucania” diambil dari nama sebuah kapal yang berlayar dari Liverpool ke New York.

Pendaki pertama Gunung Luciana adalah Bradford Washburn dan Robert Hicks Bates pada tahun 1937. Mereka menggunakan pesawat untuk mencapai Gletser Walsh pada ketinggian 2.670 mdpl. Agar bisa mengendarai pesawat, Washburn bekerjasama dengan pilot asal Alaska, Bob Reeve yang kemudian memilih jenis Fairchild F – 51. Jadi, sensasi pendakian khusus destinasi wisata yang satu ini tidak hanya sangat seru dari “panjat – panjatan”, tetapi juga naik pesawat terbang.

  1. Gunung Edith Cavell

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Secara geografis, Gunung Edith Cavell berada di antara Sungai Athabasca dan Sungai Lembah Astoria di Jasper National Park. Cerita menyedihkan tersemat dari nama Edith Cavell yang ternyata adalah perawat korban eksekusi Perang Dunia I. Beliau dieksekusi karena membantu tentara yang melarikan diri dari bagian terjajah Belgia ke Belanda dalam kekerasan hukum Jerman.

Para pendaki perlu tahu, sebelum dinamai demikian gunung ini memiliki nama La Montagne De La Grande Traversée atau “Gunung Dengan Banyak Potongn” karena berdiri di atas Jalan Athabasca. Rute yang bisa diambil untuk pendakian adalah lewat Padang Rumput Cavell. Jadi pemandangan perjalanan akan sangat seru ditambah Gletser Angel yang terlihat menggantung setinggi 300 meter pada tebing di sebelah utaranya. Akses lain juga bisa didapat dari Lembah Tonquin sekitar 1 km dari Jalan Gunung Edith Cavell.

  1. Gunung Alberta

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Koordinat gunung yang memiliki ketinggian 3.619 mdpl ini adalah pada 52°17′14″N 117°28′36″W. Terletak di bagian atas Sungai Lembah Athabasca di Jasper National Park, pendaki J. Norman Collie lah yang memberikan Princess Louise Caroline Alberta untuk lokasi pendakian yang satu ini pada 1819.

Puncak Gunung Alberta berada pada peringkat ke-6 gunung di Canadian Rockies. Lokasinya berada 80 km sebelah tenggara Kota Jasper. Pendaki pertamanya, Jean Habel asal Jerman mencapai puncak melalui rute Danau Fortress pada tahun 1901. Banyak foto puncaknya yang kemudian dipublikasikan dan menarik banyak pendaki.

Baca Juga 10 Gunung di Australia yang Perlu Didaki Dan Dikunjungi

  1. Gunung Waddington

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Sempat dikenal dengan nama Gunung Misteri, Gunung Waddington ini merupakan puncak tertinggi Pegunungan Coast di British Columbia. Meskipun Gunung Fairweather dan Quincy Adams lebih tinggi, tetapi destinasi wisata pendakian ini lebih istimewa karena seluruh bagian gunung berada di Kanada dan tidak ada yang terpotong wilayah Alaska, Amerika Serikat.

Para pendaki akan melihat pemandangan indah baik dari bagian kanan – kiri gunung maupun Sungai Homathko dan Klinaklini. Tidak hanya itu, beberapa km didekatnya terdapat padang es yang lebih dalam dari Grand Canyon. Nama gunung ini diambil dari Mount Waddington Regional District, yang merupakan sebuah wilayak di kaki Barisan Waddington, sebelah utaa Pulau Vancouver.

  1. Gunung Clemenceau

10 Gunung Terunik di Kanada yang Wajib di Kunjungi

Menjadi yang tertinggi ke-4 Canadian Rockies, Gunung Clemenceau ini sebenarnya memiliki nama Gunung Piramid, pemberian dari Arthur Coleman pada 1892. Nama tersebut kemudian diganti oleh Interprovincial Boundary Survey pada tahun 1919 hingga saat ini. Georger Clemenceau sebagai Perdana Menteri Perancis selama Perang Dunia I lah yang menjadi dasar namanya.

Semoga informasi tentang 10 gunung terunik di Kanada tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat mendaki.

Gambar Gravatar
Saya adalah mahasiswi Teknik Informatika . Saya seorang freelance penulis artikel yang sudah berpengalaman selama hampir 3 tahun. saya juga pernah menjadi admin wordpress di beberapa situs web. saya bekerja menjadi freelance sejak tahun 2012 hingga saat ini,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *