Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 8 February 2017

Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar

ARISTO.ID Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar. Pendakian adalah kegiatan yang cukup beresiko dan sudah banyak tercatat korban korban yang mengalaminya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban meninggal entah karena hyphotermia, tersesat, masuk ke jurang dan berbagai penyebab lainnya.

Baca Juga Faktor Pembunuh Pendaki Di Indonesia Yang Perlu Diwaspadai

Maka dari itu sebelum melakukan aktifitas ini hendaknya kita melakukan persiapan yang matang. Baik dalam hal fisik yang harus terjaga kesehatannya. Maupun logistik yang nantinya akan menopang kebutuhan kita selama berada di pendakian. Jangan lupa juga dengan melengkapi peralatan pendakian yang memadai seperti sepatu, tas ransel, jaket, celana dan berbagai peralatan lainnya.

Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar

Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar


Untuk menata barang bawaan kedalam tas Carrier itu tidak sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus dipenuhi agar jika kita membutuhkan sesuatu akan mudah untuk mencari dan mengambil barang tersebut. Dan berikut adalah tips mengenai urutan cara packing Carrier yang benar saat melakukan pendakian gunung.

1.Letakkan Sleeping Bag Pada Bagian Paling Bawah


Sleeping Bag adalah barang yang akan kita gunakan saat sudah mendirikan tenda pastinya dan akan digunakan saat akan istirahat atau tidur. Tentu selama proses perjalanan pendakian kita tidak akan membutuhkan Sleeping Bag bukan ?? Karena tidak mungkin kita akan memakai Sleeping Bag saat perjalanan.

Maka dari itu letakkanlah Sleeping Bag di bagian paling bawah dari Carrier yang kita bawa. Karena memang kita hanya membutuhkannya saat istirahat saja dan mempunyai waktu yang panjang untuk membongkar Carrier.

2.Peletakan Matras


Membawa matras ada 2 cara yaitu dengan membawanya diluar Carrier dan bisa juga meletakkannya didalam Carrier. Jika ingin meletakkan didalam Carrier kita bisa melingkarkannya dibagian dalam sehingga Carrier akan membentuk lingkaran matras. Ini berfungsi m
enjaga bentuk Carrier agar tetap utuh.

Namun kekurangannya adalah jika kita ingin mengambil barang yang ada di tengah tentu kita harus mengeluarkan satu demi satu terlebih dahulu. Kita tidak bisa mengambilnya dari resleting samping karena tertutup matras. Solusinya kita bisa membawa matras diluar Carrier walaupun nampak kurang ringkas.

3.Pakaian Kering Dan Logistik


Di atas Sleeping Bag kita bisa menaruh pakaian ganti yang kering tentunya dan berdampingan dengan logistik serta alat masak portable. Karena semua barang barang tersebut diperlukan apabila kita akan beristirahat, jadi bisa dipastikan saat perjalanan kita tidak akan membutuhkan barang barang tersebut.

Jadi untuk peletakan di atas Sleeping Bag tidak akan masalah.

4.Suplai Air, Kantong Sampah Dan Bahan Bakar Kompor ( Gas )


Selanjutnya adalah persediaan air, kantong sampah dan gas untuk bahan bakar kompor diletakkan diatasnya. Perlu diketahui bahwa persediaan air disini bukan untuk diminum selama perjalanan melainkan untuk kebutuhan memasak nantinya. Jadi tidak perlu khawatir jika diletakkan didalam Carrier yang tertutup.
Baca Juga Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal

Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar


5.Jas Hujan


Untuk bagian paling atas adalah jas hujan atau ponco. Ini cukup penting mengingat cuaca di pegunungan cenderung cepat berubah. Jadi jika cuaca buruk dan turun hujan secara tiba tiba kita bisa cepat mengambil jas hujan dan memakainya.

6.Peralatan Pendakian Sederhana Di Samping Carrier


Tips urutan cara packing Carrier yang benar selanjutnya adalah tentang peletakkan peralatan pendakian sederhana seperti kompas, pisau lipat, kompas, senter, peta, gps dan berbagai peralatan lainnya. Letakkan di samping kanan kiri Carrier yang gampang diambil karena semua peralatan ini dibutuhkan selama perjalanan pendakian.

Selain itu letakkan juga air minum dan juga snack berkarbohidrat yang akan menopang perjalanan kita selama pendakian agar lancar.

7.Masukkan Barang Barang Kedalam Plastik Secara Terpisah


Memasukkan barang barang kedalam plastik secara terpisah sebelum menatanya didalam Carrier juga penting dan perlu dilakukan. Tujuannya agar barang barang tersebut tidak bercampur dan berceceran di dalam Carrier. Saya mempelajari hal ini juga dari salah seorang teman yang juga seorang pendaki dan pemanjat tebing handal. Jadi sebelum memasukkan barang kedalam Carrier hendaknya memisahkannya terlebih dahulu kedalam plastik plastik kecil.

Itulah Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar. Semoga bisa menambah ilmu kita semua dan bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar