Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 9 February 2017

Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui

ARISTO.ID Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui. Pendakian gunung adalah dunia yang baru baru ini semakin banyak peminatnya terutama remaja remaja tanggung. Mereka mengaku sebagai seorang pendaki yang bisa menaklukkan puncak puncak gunung tertinggi di Indonesia. Yang membuat saya miris adalah kebanyakan dari pendaki tersebut masih kurang ilmu tentang dunia pendakian.

Misalnya saja masih banyak kita jumpai orang orang yang menyebut diri mereka " Pendaki " namun masih suka meninggalkan sampah dihutan. Memetik bunga abadi Edelweiss dan membawanya turun. Seharusnya mereka belajar terlebih dahulu sebelum berani mendaki gunung agar perjalanan aman dan juga tidak menimbulkan efek buruk bagi alam.

Baca Juga Perbedaan Bunga Lavender Dan Bunga Verbena

Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui

Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula


Menjadi seorang pendaki gunung sebenarnya tidak sulit jika kita mau belajar mengenai ilmunya. Karena saya yakin disetiap kota atau pun daerah pasti ada komunitas pecinta alam yang bisa kita jadikan panutan sebagai tempat belajar dunia pendakian. Dari sanalah kita harusnya belajar sebelum berani memberanikan diri untuk melakukan perjalanan pendakian gunung.

Karena jika kita tidak tahu ilmunya dan nekad mendaki gunung banyak resiko yang menanti. Bahkan kematian pun bisa saja menjadi resiko terburuk jika kita melakukan pendakian tanpa ilmu. Maka dari itu belajar ilmu pendakian itu penting dan berikut adalah tips menjadi pendaki gunung untuk para pemula yang perlu diketahui.
Baca Juga Faktor Pembunuh Pendaki Di Indonesia Yang Perlu Diwaspadai

1.Belajar Dasar Ilmu Pecinta Alam


Ilmu tentang pecinta alam sangat penting jika kita ingin menjadi seorang pendaki yang benar. Karena dengan mengetahui ilmu tersebut tentu akan mengurangi resiko yang akan kita alami di alam pendakian nantinya. Dari ilmu tersebut kita bisa belajar cara membedakan buah yang bisa dimakan atau tidak dihutan. Kita juga bisa menangani jika terjadi seorang rekan yang mengalami hyphotermia. Yang pasti kita akan lebih ahli dan lebih bermanfaat nantinya selama proses pendakian.

2.Latihan Fisik


Tips menjadi pendaki gunung yang kedua adalah harus latihan fisik secara rutin. Terlebih jika akan melakukan  pendakian maka disarankan untuk melakukan olahraga minimal joging rutin setiap pagi selama 2 minggu. Ini akan melatih kekuatan fisik kita agar tetap bisa bertahan selama proses pendakian.

3.Mendaki Gunung Gunung Kecil Dahulu


Mendaki gunung Semeru dan gunung gunung tinggi lainnya tentu adalah impian bagi sebagian pendaki di Indonesia. Namun bagi para pemula tentu itu adalah sebuah perjalanan panjang yang menguras tenaga. Lebih baik mendaki lah gunung gunung kecil terlebih dahulu dikotamu.

Jangan langsung mendaki gunung yang tinggi karena selain membahayakan dirimu juga bisa merepotkan orang orang sekitarmu. Jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung yang tinggi. Mulai lah dari yang rendah rendah dahulu. Jika sudah terbiasa barulah mendaki gunung yang tinggi seperti gunung Semeru.

4.Bergaul Dengan Para Pendaki Senior


Jika kita ingin menjadi seorang pendaki maka bergaul lah dengan para pendaki pula. Dan lebih diutamakan adalah para pendaki yang sudah lama berkecimpung didunia pendakian atau bisa dibilang pendaki senior. Hal ini selain bisa menambah wawasan dan ilmu tentang pendakian kita juga akan mendapatkan banyak pengalaman dari mereka. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui

5.Gabung Dengan Komunitas Pendaki Di Kotamu


Bergabung dengan komunitas pendakian didaerah kita juga salah satu tips menjadi pendaki yang saya sarankan. Karena tentu banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan disini. Kita bisa mendapat banyak kenalan yang sehobi, ilmu dan pengalaman dari sesama member dan juga jadwal pendakian yang diadakan oleh komunitas itu. Jadi kita selalu memiliki rekan untuk mendaki bersama.

Itulah Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya. Terima kasih dan salam lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjadi Pendaki Gunung Bagi Para Pemula Yang Wajib Diketahui