Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 24 February 2017

Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera. Selain untuk memfasilitasi hobi fotografi maupun foto selfie, mendaki gunung juga menjadi hal yang menarik karena dapat meningkatkan adrenalin. Namun, bagaimana jika kita tantang adrenalin dengan mendaki 9 puncak dunia di Pulau Sumatera? Apa saja gunung yang bisa memicu adrenalin tersebut? Berikut ulasannya.

Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera




  1. Gunung Dempo




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Gunung Dempo menjadi satu – satunya pasak dunia yang dimiliki daerah dengan ibukota Palembang ini. Di sekitar Gunung Dempo, terdapat sungai kecil bermata air jernih yang dapat langsung diminum.

Para pendaki harus berhati – hati saat melakukan perjalanan karena kawasan puncak Gunung Dempo memiliki akses jalan setapak yang penuh pepohonan rindang serta suasana sunyi. Jelas bahwa diperlukan seseorang bermental baja untuk menaklukkan puncak Sumatera Selatan ini.

Akan tetapi, jika kita memiliki kekuatan dan kesabaran dalam mendaki Gunung Dempo, akan banyak keistimewaan yang ditemukan. Keistimewaan tersebut antara lain kabut di pagi hari yang bergelung tebal, panorama indah dengan kesejukan luar biasa, serta keberadaan berbagai jenis flora dan fauna sebagai anggota ekosistem gunung nan alami.


  1. Gunung Kerinci




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Gunung Kerinci memiliki berbagai keunggulan dimana banyak jenis biota yang hidup disana. Pada bagian lereng Gunung Kerinci, terdapat ekosistem Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan  Montane serta Hutan Ericaceous yang disebut juga dengan Hutan Gunung.

Para pendaki sebaiknya membawa berbagai perlengkapan yang komplit mulai dari kompas, jaket, logistik dan tenda. Pasalnya, suhu area ini cukup dingin serta menggulung kabut indah warna putih yang akan memanjakan perasaan melankolis kita sebagai pendaki bolang.

Gunung Kerinci terutama bagian puncaknya sangat dingin karena berada pada ketinggian 3.805 mdpl. Namun, segala perjuangan salam pendakian akan disambut dengan panorama yang spektakuler karena  kita akan bisa menikmati pemandangan dari semua penjuru.

Jika kita termasuk pendaki yang suka melakukan penelitian kecil, Gunung Kerinci akan menjawab rasa penasaran dengan menyajikan hamparan hutan serta perkebunan teh khas Pulau Sumatera.


  1. Gunung Seulawah Agam




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Karena masih berstatus sebagai gunung berapi aktif, setiap jiwa yang melakukan pendakian ke Gunung Seulawah Agam harus menyiapkan kondisi fisik dan mental yang memadai. Selama pendakian, dijamin kita akan menantang adrenalin karena harus mengarungi jalan bertekstur diagonal yang tidak mudah ditaklukkan.

Diantara beberapa gunung berapi lainnya, Gunung Seulawah Agam memang termasuk yang berukuran besar. Karena menantang bagi para pendaki ekstrim, pada umumnya destinasi wisata lebih banyak dialihkan di Gunung Seulawah Agam.

Setelah mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, perjalanan ke Gunung Seulawah Agam dilanjutkan menuju ke timur. Ikuti terus jalan sehingga nampak dari kejauhan sosok biru yang memikat dengan hiasan kabut bagai renda tipis di sekelilingnya. Gunung Seulawah Agam sudah seperti pasak dunia berukuran besar diatas ketinggian 1.800 mdpl.


  1. Gunung Talang




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Dengan dikelilingi oleh hutan hujan tropis, Gunung Talang menjadi surga sekaligus rumah bagi para monyet serta berbagai jenis primata dan aneka flora berkayu besar. Gunung Talang sangat memacu adrenalin terutama di saat bulan purnama. Pasalnya, para primata yang sedang menjalani waktu kawin akan semakin mendukung pendakian ekstrim tersebut dengan suara unik khas hutan hujan tropis.

Meskipun pendakiannya ekstrim, pemandangan yang memukau akan bisa ditemukan di kedua sisi jalan. Saat perjalanan semakin menanjak, keberadaan desa dan peradaban semakin memudar, lalu berganti dengan suasana rimba raya. Jika telah sampai di bagian selatan Gunung Talang, maka panorama air kawah yang indah akan mampu menyihir keberadaan kita sebagai makhluk Sang Pencipta.


  1. Gunung Rajabasa




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Beralih ke Provinsi Lampung, Gunung Rajabasa memang menjadi raja destinasi pendakian menurut para wisatawan. Gunung yang terletak di sebelah selatan Provinsi Lampung ini memiliki ketinggian 1.281 mdpl. Letaknya yang strategis karena dekat dengan Pelabuhan Bakauheni membuat Gunung Rajabasa menjadi objek wisata fotogenik dibandingkan gunung lainnya.

Saat melakukan pendakian, kita akan dihadapkan pada laut lepas karena letak Gunung Rajabasa berada di antara Kalianda, ibukota Kabupaten Bakauheni. Untuk mencapainya, diperlukan kendaraan pribadi melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalisur). Jika sudah mencapai puncak setelah perjuangan panjang memicu adrenalin, jangan lupa mengabadikan momen dengan foto – foto menarik.
Anda sedang membaca Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera



  1. Gunung Sibayak




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Seperti Gunung Seulawah Agam, Gunung Sibayak memiliki status aktif sehingga para pendaki harus berhati – hati dengan uap panas yang dihasilkannya. Tidak hanya itu, jika melakukan pendakian ke destinasi wisata yang satu ini, status gempa dan sebagainya harus dicek agar perjalanan tidak mengalami kendala dari alam.

Butuh mental seorang pemberani untuk mendaki Gunung Sibayak. Hal ini dipengaruhi curamnya bebatuan alam yang terbentuk oleh magma dan lava sehingga cukup berbahaya jika didaki seorang amatir. Namun, jika kita bisa melewatinya, tentu sensasi tersendiri akan didapat dengan sangat menyenangkan.

Sebaiknya kita melakukan pendakian sebelum fajar untuk melihat keindahan matahari terbit kemerahan yang mempesonal. Lebih baik lagi jika menghabiskan waktu di Gunung Sibayak. Dinginnya malam akan semakin menjelaskan betapa pentingnya menjelajahi gunung ini bagi seorang pendaki.
Baca Juga 5 Gaya Foto Paling Hits dan Tips untuk Memotret Saat Mendaki



  1. Gunung Sorik Marapi




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Berbeda dari kTantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumateraeenam gunung sebelumnya, Sorik Marapi bukan sembarang gunung yang bisa didaki. Pasalnya, gunung ini diselimuti oleh budaya dan legenda daerah setempat yang melarang pendaki wanita mencapai puncaknya. Bahkan para warga percaya bahwa pernah terjadi banjir bandang hebat karena beberapa pendaki wanita memaksa ikut dalam ekspedisi.

Sang pendaki wanita pun hilang dan tidak bisa ditemukan sejak saat itu. Oleh karenanya, menghargai budaya dan kepercayaan orang lain tetap perlu dilakukan meskipun benar – benar ingin mendaki.


  1. Gunung Patah




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Gunung yang akses jalannya sudah diaspal in masih perlu pembenahan fasilitas disana sini. AKan tetapi, kita bisa melakukan perjalanan dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Beberapa penginapan juga tersedia sebagai pelengkap bagi para wisatawan. Tidak hanya itu, toko makanan dan minuman juga menjadi penyempurna perjalanan wisata.

Karena perjalanan cukup meningkatkan adrenalin, maka segala kebutuhan pendakian harus disusun secara lengkap. Jangan sampai ada satupun benda terlewat sehingga menjadi penyebab masalah atau kecelakaan yang tidak diinginkan.
Anda sedang membaca Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera



  1. Gunung Peut Sagoe




Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera

Terletak diatas ketinggian 2.780 mdpl, Gunung Peut Sagoe menciptakan rona warna hijau dan cokelat sebagai variasi pemandangan berudara sejuk. Gunung Peut Sagoe termasuk dalam deretan gunung yang paling kokoh di Pulau Sumatera. Jadi, untuk mendakinya seseorang harus memiliki pengalaman pendakian setidaknya beberapa kali.

Panorama Gunung Peut Sagoe di siang hari nampak menarik jika difoto dengan menggunakan drone dari atas. Jadi, jika para wisatawan atau pendaki berminat untuk mengambil foto anti mainstream, pilihan foto dari atas dengan menggunakan drone dapat digunakan.

Itulah beberapa gunung yang akan memicu adrenalin para pendaki. Jadi, apa kita siap menantang adrenalin dengan mendaki 9 puncak dunia di Pulau Sumatera?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tantang Adrenalin dengan Mendaki 9 Puncak Dunia di Pulau Sumatera