Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 17 February 2017

Gunung di Indonesia yang Menantang untuk Didaki

Gunung di Indonesia yang Menantang untuk Didaki. Hobi mendaki gunung memang merupakan kegemaran yang sangat menantang. Di Indonesia, ada banyak gunung yang aman untuk didaki dengan tingkat kesulitan rendah hingga tinggi. Informasi tentang 8 gunung di Indonesia yang menantang untuk didaki agaknya bisa menjadi referensi yang tepat sehingga para calon pendaki gunung bisa menyesuaikan kemampuannya dengan kondisi fisik destinasi pendakian.

Gunung di Indonesia yang Menantang untuk Didaki


8 Nama Gunung di Indonesia yang Menantang untuk Didaki


  1. Gunung Papandayan




Dari Kabupaten Garut, lokasi Gunung Papandayan yang kontur tanahnya tidak begitu berat dan ketinggian sekitar 2.665 mdpl sangat cocok untuk pendaki pemula. Kita bisa mengakses pendakian hanya dalam  waktu 3 – 4 jam. Berbagai jenis kawah mengelilingi Gunung Papandayan seperti Kawah Manuk yang khas dengan uap khas, Kawah Mas, Kawah Nangklak, dan Kawah Baru. Tidak hanya itu, Gunung Papandayan juga memiliki destinasi unik yakni Hutan Mati warna putih yang diselimuti kabut.


  1. Gunung Kidul




Berlanjut ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Nglanggeran yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul menjadi objek pendakian jenis gunuk api purba yang tersusun dari karst. Hanya satu jam dari Yogyakarta, lokasi ini mampu menjadi pelipur dahaga para pecinta alam dengan ketinggian 700 mdpl.


  1. Gunung Merbabu




Secara fisik, Gunung Merbabu memiliki kemiripan dengan Gunung Merapi. Para pendaki dengan stamina tinggi akan dapat menaklukkan gunung ini dan melihat suasana sunrise yang dilengkapi awan jenis Cumullus. Puncak Gunung Merbabu ada dua dan bersebelahan yakni Puncak Syarief dan Puncak Kenteng Songo.
Baca Juga Benda Wajib yang Harus Dibawa Seorang Pendaki



  1. Gunung Gede




Diatas ketinggian 2.958 mdpl, Gunung Gede yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini merupakan surga bagi ratu pendakian, Edelweiss. Waktu tempuh menuju Gunung Gede  tidak lama, hanya 6 jam melalui jalur Cibodas. Yang menarik, Gunung Gede sudah dilewati oleh angkot menuju Cibodas, baru menggunakan kendaraan pribadi.


  1. Gunung Pulosari




Berlanjut ke daerah Banten, Gunung Pulosari dengan ketinggian 1.346 mdpl akan mampu memanjakan para pendaki dengan suasana matahari terbit yang hangat. Tidak hanya itu, trek terjal yang pendek cocok dilalui para pendaki baik junior maupun senior. Hutan vegetasi mengelilingi sekitar jalan trek pendakian. Selain itu, terdapat air terjun Curug Putri berlokasi kurang lebih 1,5 km dari basecamp. Waktu pendakian bisa berkisar antara 1,5 sampai 2 jam.




  1. Gunung Penanggungan




Mojokerto memiliki sebuah tiruan mini Gunung Semeru. Gunung Penanggungan dengan ketinggian 1.653 mdpl adalah destinasi pendakian yang memakan waktu cukup singkat yakni 4 jam melewati rute Tamiajeng.


  1. Gunung Panderman




Gunung yang terletak di kawasan Kota Wisata Batu ini pada umumnya dimanfaatkan para komunitas pecinta alam untuk melakukan diklat perekrutan anggota baru. Dengan hawa yang sejuk dan kabut di pagi hari, Gunung Panderman memiliki sisi eksotis tersendiri pada ketinggian 2.045 mdpl. Selain wisatawan lokal, destinasi ini dikelilingi oleh deretan pepohonan yang sangat indah dan instagramable.


  1. Gunung Ijen




Dengan lokasi diantara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Gunung Ijen menjadi salah satu objek wisata yang banyak dimanfaatkan untuk berfoto. Istimewanya, Gunung Ijen memiliki area api biru yang dapat dilihat antara pukul 01.00 - 02.00.

Pendaki yang melakukan perjalanan akan disuguhi dengan jalanan tanah, area berbatu dan menurun terjal hingga bibir kaldera.

Banyak gunung yang memiliki tantangan tidak kalah serunya dengan 8 gunung di Indonesia yang menantang untuk didaki di atas. Sebagai pendaki yang bijak, kita memang perlu mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya tentang tingkat tantangan pendakian agar lebih terhindar dari masalah baik internal maupun eksternal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gunung di Indonesia yang Menantang untuk Didaki