Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 26 February 2017

Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

ARISTO.ID Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa. Melakukan perjalanan ke destinasi wisata alam tentu sangat menyenangkan. Selain bisa melihat aneka flora dan fauna menarik, kita juga akan disuguhi berbagai keindahan alam lainnya. Jika kita ingin melakukan pendakian di salah satu pulau terbesar Indonesia, Jawa, berikut adalah daftar 7 gunung dengan panorama eksotis di Pulau Jawa,  mari kita simak bersama :

Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa


1.Gunung Semeru


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya yaitu Mahameru memiliki panorama eksotis mulai dari kawah, kabut dan berbagai tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Selain itu, Gunung Semeru juga menyimpan keindahan wisata perairan yakni Danau Ranu Kumbolo. Disana, kita bisa melihat lokasi syuting film ”5 cm” yang terkenal di seantero perfilman.

Karena ketinggian dan suhu agak ekstrim, para pendaki harus mempersiapkan perjalanan dengan hati – hati supaya bisa mencapai Puncak Mahameru dalam kondisi sehat. Karena jika kondisi fisik drop saat sampai di puncak, maka panorama gunung yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini  tidak akan bisa dinikmati secara maksimal.

2. Gunung Lawu


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Keunikan Gunung Lawu adalah lokasinya yang berada di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur, tepatnya di wiliayah Karanganyar, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Karena lokasinya yang unik ini, para pendaki biasa memanfaatkan panoramanya untuk berfoto dari ketinggian tertentu agar view perbatasan tersebut dapat terlihat lebih menonjol. Panorama Gunung Lawu yang terkenal adalah hutan – hutan, sawah dan rumah penduduk desa nan asri.

Berdiri kokoh diatas ketinggian 3.265 mdpl, puncak Gunung Lawu bisa diakese melalui beberapa jalur. Jalur pertama adalah Jalur Cemoro Kandang dan Jalur Cemoro Sewu. Jalur Cemoro Sewu umum dipilih pendaki pemula karena rute yang tidak panjang dan kondisi jalan cukup landau. Namun, jika kita ingin melihat situs sejarah sebelum mendaki, Jalur Candi Seto bisa dipilih sebagai alternatif yang tepat.
Baca Juga Destinasi Wisata di Bangka Belitung Yang Wajib Dikunjungi

3. Gunung Prau


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa selanjutnya adalah Gunung Prau. “Prau” dalam Bahasa Jawa artinya perahu. Gunung ini dinamai demikian karena bentuk fisiknya yang agak tumpul mirip perahu terbalik. Panorama Gunung Prau berbukit – bukit dengan kontur tanah tidak terlalu curam sehingga cocok didaki keluarga atau pendaki junior. Karena lintasan yang berbukit- bukit, kita bisa banyak mengambil foto disepanjang perjalanan. Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro yang terletak area Gunung Prau.

Jalur pendakian Patak Banteng bisa dipilih sebagai alternatif rute untuk menuju puncak Gunung Prau. Di sana, banyak terdapat hutan – hutan yang rindang sehingga suasana sangat sejuk. Tidak hanya itu, panorama saat matahari terbit dan tenggelam sangat indah di gunung yang terletak di Jawa Tengah ini.

4. Gunung Merapi

Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Bagi kita yang pernah mendengar nama Mbah Marijan, pasti ingat dengan tragedy meletusnya Gunung Merapi beberapa tahun silam. Gunung yang terletak di atas ketinggian 2.968 mdpl ini memang masih berstatus aktif. Oleh Karena itu, jika ingin kesana, pendaki harus mencari informasi tentang aktifitasnya agar terhindar dari bencana.

Dua rute utama menuju gunung yang kadang masih mengeluarkan kepulan asap putih tipis meskipun tidak meletus ini adalah melalui Kiniharjo, Kaliurang dan Selo, Boyolali. Saat melakukan perjalanan, pendaki akan disuguhi dengan panorama lereng dan Gunung Merbabu yang memang adalah tetangga dekat Gunung Merapi.

Banyak titik perkemahan yang ditemukan di Gunung Merapi. Lokasi perkemahan tersebut disebut Pasar Bubrah. Estimasi waktu perjalanan menuju Pasar Bubrah adalah 1 jam dengan kondisi medan yang sangat curam serta dipenuhi pasir.

5. Gunung Ciremai


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Dari namanya yang berawalan “Ci”, sudah pasti lokasi gunung ini adalah di Jawa Barat. Untuk para pendaki, Gunung Ciremai adalah tantangan yang sangat cocok ditaklukkan karena memiliki ketinggian 3.087 mdpl. Selain itu, gunung tertinggi di Jawa Barat ini juga memiliki keindahan panorama kawah aktif yang sangat besar.

Secara detail, Gunung Ciremai masuk ke dalam wilayah Kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan sekaligus. Dalam melakukan pendakian, rute yang dapat ditempuh meliputi Rute Palutungan di sebelah selatan, Rute Linggarjati di sebelah timur, dan Rute Apuy di sebelah barat.

Rute yang paling aman adalah Rute Palutungan. Namun, jika pendaki ingin memicu adrenalin, maka Rute Linggarjati bisa dipilih karena jalannya cukup curam dan terjal. Karena memiliki banyak akses, Gunung Ciremai sangat banyak didaki terutama saat liburan. Panorama gunung ini pun sangat menarik karena kita dapat melihat hijaunya sawah dan sungai – sungai kecil di sekelilingnya.

6. Gunung Salak


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Gunung salak merupakan salah satu gunung yang memiliki mata air terbaik, hingga salah satu produsen air mineral mempercayakan sumber airnya dari gunung ini. Bagi pendaki junior, medan terjal yang dimiliki Gunung Salak sebaiknya menjadi pertimbangan khusus agar tidak terjadi masalah. Namun apabila seorang pendaki senior yang melakukan perjalanan, tentu Gunung Salak bisa memberi sensasi tersendiri dalam memuaskan proses pendakian. Intinya, sebelum melakukan pendakian ini harus dilakukan latihan fisik secara berkala.

Letak gunung yang memiliki puncak tertinggi bernama Puncak Salak I ini adalah di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Karena usia tua dan aktifitas dalam perut bumi, Gunung Salak memiliki beberapa puncak yang panoramanya tidak perlu ditanyakan dalam ketinggian 2.211 mdpl.

Rute yang bisa ditempuh untuk mencapai Puncak Salak I adalah Rute Curugnangka di sebelah utara. Jika melewati rute ini, kita bisa melihat pemandangan air terjun yang indah diantara sela – sela perjalanan. Setelah melewati Rute Curugnangka, kita akan terlebih dahulu melihat panorama Puncak Salak II sebelum akhirnya sampai ke Puncak Salak I. Jika ingin langsung sampai di Puncak Salak I, kita bisa memilih Rute Cimelati di sebelah timur.
Baca Juga 13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

7. Gunung Sumbing


Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa

Gunung Sumbing terletak di atas ketinggian 3.371 mdpl sehingga mendapat predikat sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki saudara kembar yang letaknya berdekatan, yakni Gunung Sindoro. Karena berdekatan dengan gunung lain, maka panorama alam sekitarnya sangat indah dan memukau para wisatawan.

Trek pendakian Gunung Sumbing sangat curam sehingga menantang para pendaki untuk bisa menaklukkannya. Namun, trek sulit tersebut yang telah terlewati akan Nampak sangat indah jika diambil gambarnya melalui kamera. Titik – titik perkemahan dapat dipilih sepanjang trek pendakian.

Ada beberapa rute untuk mencapai puncak Gunung Sumbing diantaranya Rute Garung, Rute Cepit Parakan, Rute Bondowoso dan Rute Mangli. Rute Garung adalah rute yang paling banyak diminati para pendaki karena kepopuleran panoramanya. Meskipun indah, seorang pendaki yang masih baru sebaiknya mendaki gunung lain terlebih dahulu atau mengajak pendaki yang lebih senior agar bisa lebih aman.

Keseluruhan dari 7 gunung dengan panorama eksotis di Pulau Jawa di atas merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai harganya. Dengan karakter rute, trek, dan suasana yang berbeda, pendaki akan bisa melihat berbagai keindahan panorama yang sesungguhnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gunung dengan Panorama Eksotis di Pulau Jawa