Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 7 February 2017

Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal

ARISTO.ID Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal. Bagi para pecinta alam atau seorang pendaki gunung tentu sebuah kewajiban mengetahui cara menentukan arah mata angin dimanapun berada. Dan materi ini tentu akan diberikan saat kita mengikuti pelatihan tentang pecinta alam. Kita bisa menggunakan berbagai macam cara untuk menentukan arah mata angin yang akan saya bahas pada pembahasan kali ini.

Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal


Jika kita bepergian ke suatu tempat yang benar benar baru tentu kita akan merasakan yang namanya tak tahu arah. Terlebih jika kita adalah seorang muslim yang harus melakukan ibadah sholat dengan menghadap kiblat. Tentu cara mengetahui arah kiblat adalah adalah sebuah kewajiban yang harus kita tahu. Dan berikut dibawah ini adalah berbagai cara untuk menentukan arah mata angin yang perlu kita tahu.
Baca Juga Berbagai Merk Tas Carrier Terbaik Di Indonesia Dan Dunia

1.Menggunakan Kompas


Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal

Menggunakan kompas adalah cara termudah untuk mengetahui tentang arah baik utara, selatan, timur dan barat. Karena gaya magnet yang ada di kutub utara biasa dimanfaatkan untuk membuat alat yang bernama kompas ini. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Kita tinggal meletakkan kompas di area yang datar dan arah yang benar akan dengan mudah kita ketahui.

Kompas ada dua macam yaitu yang digital dan analog. Namun lebih baik kita menggunakan kompas yang analog saja karena tingkat keakuratannya sangat besar. Sedangkan kompas digital yang berupa aplikasi di smartphone biasanya kurang akurat karena saya juga sering memakai keduanya.

2.Melihat Arah Masjid Atau Musholla


Jika kita kehilangan arah namun masih dilingkup perkampungan atau pedesaan dan lupa membawa kompas cara yang tepat mengetahui arah mata angin adalah dengan melihat bangunan Masjid atau Musholla. Dimanapun berada ( Wilayah Negara Indonesia ) kita selalu akan menjumpai Masjid dan Musholla yang menghadap kiblat atau barat.

Bisa dipastikan semua Masjid dan Musholla di negera Indonesia menghadap ke arah kiblat atau barat. Namun untuk negara negara lain didunia tentu arah Masjid dan Mushollanya tidak selalu menghadap ke barat. Tapi yang pasti arah Masjid dan Musholla akan selalu mengarah ke kiblat yaitu Ka'bah di Makkah.

3.Melihat Arah Kuburan


Kita juga bisa melihat arah kuburan untuk menentukan dimanakah arah barat, timur, selatan dan juga utara. Dan di Indonesia sendiri kuburan biasanya menghadap ke arah utara dan selatan. Jadi jika kita kehilangan arah cari saja kuburan, bahkan di pegunungan pun kita bisa menemukan berbagai kuburan keramat. Dan dari sana kita bisa menentukan arah.

4.Melihat Bayangan Benda ( Matahari )


Kita juga bisa membaca arah dengan melihat bayangan sebuah benda. Misalnya pada saat pagi hari matahari akan selalu terbit dari arah timur ( kecuali kiamat ). Kita tentu akan mudah menentukan arah mata angin dari sana. Selain dari mataharinya sendiri kita juga bisa dengan melihat bayangan benda yang terpancar dari sinar matahari. Cara ini cukup efektif jika kita kehilangan arah saat siang dan cahaya matahari cukup menerangi daerah sekitar kita.

5.Pohon Di Hutan


Cara selanjutnya adalah yang bisa kita lakukan saat malam hari. Dimana tidak ada cahaya matahari yang membantu dan juga tidak ada kompas yang membantu juga. Kita bisa mengetahui arah dari pohon besar yang ada dihutan.

Carilah bagian pohon yang terkena sinar matahari namun tidak berlumut. Karena bagian itu selalu menunjukkan ke arah barat. Atau carilah bagian yang paling hangat diantara sisi pohon karena sisi terhangat itulah yang menunjukkan arah barat juga.

6.Membuat Kompas Sederhana


Kita bisa membuat kompas sederhana jika ingin menentukan arah mata angin yang akurat. Caranya juga cukup mudah yaitu kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu yaitu silet atau jarum, gabus dan semangkuk air.

Kemudian gsookkan silet atau jarum pada kain yang kering selanjutnya letakkan diatas gabus. Letakkan gabus tersebut diatas semangkuk air. Dan arah jarum biasanya menunjujkan arah utara dan selatan.

7.Melihat Rasi Bintang


Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal

Jika kita tersesat dimalam hari dan tidak ada pohon disekitar kita masih ada caralain lagi yang bisa kita lakukan. Yaitu dengan melihat rasi bintang Orion dilangit. Rasi bintang Orion adalah 3 bintang terang yang berjejer dan selalu mengarah ke arah barat. Jika dipadukan rasi bintang Orion ini akan membentuk seperti Ekor Kalajengking.
Baca Juga Faktor Pembunuh Pendaki Di Indonesia Yang Perlu Diwaspadai

Itulah Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu jika kita tersesat didalam daerah yang tidak kita kenal. Terima kasih dan salam lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menentukan Arah Mata Angin Didaerah Tak Dikenal