Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 13 February 2017

Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula

ARISTO.ID Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula. Menjadi seorang fotografer profesional itu membutuhkan waktu dan juga latihan yang tidak sebentar. Bahkan banyak dari fotografer profesional yang berlatih bertahun tahun hanya untuk menguasai satu kategori fotografi saja. Salah satunya adalah Alan Mc Fadyen yang merupakan spesialis memotret burung Kingfisher.

Alan Mc Fadyen adalah seorang fotografer wildlife yang lebih khusus dalam memotret burung Kingfisher. Burung Kingfisher ini adalah pemakan ikan yang memiliki kecepatan terbang luar biasa. Burung ini mengintai ikan dari atas dan langsung memangsanya saat ikan tersebut terlihat dipermukaan. Dan untuk membuat foto sempurna dari burung Kingfisher ini Alan Mc Fadyen menghabiskan waktu selama 6 tahun.

Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula

Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula


Untuk menjadi profesional dan menghasilkan karya yang luar biasa memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Latihan yang keras setiap hari tentu akan mengasah kemampuan kita dalam menangkap moment yang bagus. Namun latihan yang keras saja tidak cukup, dibutuhkan pula latihan yang cerdas agar kita tidak terlalu menyianyiakan waktu latihan saja.

Berikut ada beberapa trik cara memotret yang bagus yang tentunya bisa kita gunakan untuk memaksimalkan kemampuan fotografi kita. Ini ulasannya.

1.Kuasai Segitiga Eksposure


Nyawa dari fotografi digital SLR adalah pada keseimbangan segitiga eksposure ( ISO, Apperture dan Shutter Speed ). Jika kita sudah mahir menguasai segitiga eksposure maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Tinggal membiasakan diri memotret maka hasil yang bagus akan mudah kita dapatkan.

Kuncinya dari segitiga eksposure adalah jika kekurangan cahaya maka tambahkan lah ISO. Jika kurang blur atau bokeh maka naikkan nilai  Apperture. Dan jika hasil masih goyang atau kabur maka naikkan lah Shutter Speed.
Baca Juga Teknik Fotografi : Mengenal Segitiga Eksposure

2.Memaksimalkan Peralatan Yang Ada


Jika kita belum bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal jangan menyalahkan alat yang anda gunakan. Justru dengan kamera yang sederhana kita harus memaju diri sendiri agar bisa menghasilkan foto yang berkualitas. Saya sendiri memakai dan memaksimalkan lensa kit 18 - 55mm selama 6 bulan dan cukup banyak gambar gambar bagus yang saya hasilkan. Ini contohnya.

Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula

Foto diatas adalah salah satu foto terbaik menurut saya yang saya ambil sendiri menggunakan lensa kit 18 - 55mm disebuah pantai di Yokohama Jepang. Selain itu cerita dibalik pengambilan gambar ini juga membuat saya tidak bisa melupakannya begitu saja. Saya harus berlari lari untuk mengejar moment sunset ini sepulang dari bekerja sebagai kuli saat itu.

3.Maksimalkan Mode Dalam Kamera DSLR


Ada banyak sekali mode mode pemotretan dalam kamera DSLR dari mulai full otomatis sampai dengan yang full manual. Pelajarilah satu persatu dengan mempraktekkannya sendiri dalam melakukan pemotretan. Berbagai mode yang ada di kamera DSLR antara lain adalah :

  • Full Otomatis

  • Portrait

  • Landscape

  • Sport

  • Makro

  • Night

  • AV ( Apperture Priority )

  • TV ( Shutter Speed Priority )

  • Bulb

  • P ( Program )

  • Full Manual


Maksimal kan semua fitur tersebut yang ada pada kamera. Pelajari lebih dalam sehingga bisa mengetahui apa perbedaan dan kelebihan serta kekurangan masing masing program dibandingkan program lainnya.
Baca Juga Mode Dalam Kamera DSLR Yang Perlu Kita Ketahui

4.Memotret Di Pagi Dan Sore Hari


Waktu terbaik untuk melakukan pemotretan adalah pagi hari dan juga sore hari. Karena pada jam jam tersebut lah cahaya matahari sedang bagus bagusnya dan juga tidak terlalu keras. Sehingga kita akan mendapatkan gambar yang lembut dan halus.

Moment sore dan juga pagi hari ini sangat disukai khususnya oleh fotografer landscape. Karena moment inilah moment emas bagi mereka menciptakan foto landscape yang menakjubkan. Berikut dibawah ini ada beberapa contoh foto landscape yang indah dan menakjubkan.
Baca Juga 20 Foto Landscape Terbaik Karya Fotografer Indonesia

[caption id="attachment_2758" align="aligncenter" width="503"]Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula Taken by : Abd Azis[/caption]

5.Bergabung Dengan Komunitas Fotografi


Memiliki teman teman sehobi adalah sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat tentunya. Kita bisa lebih leluasa bertukar pikiran serta meminta pendapat jika memiliki permasalahan saat mengambil gambar menggunakan kamera DSLR. Maka dari itu bergabunglah pada komunitas fotografi disekitar karena itu akan menambah semangat dan juga ilmu didunia fotografi tentunya.

6.Konsisten Sampai Berhasil


Tips cara memotret yang bagus yang terakhir adalah masalah konsisten dalam berlatih. Kita tidak akan sukses jika tidak konsisten secara terus menerus. Dan Alan Mc Fadyen pun tidak akan sukses mendapatkan gambar moment istimewa dari KingFisher jika berhenti memotret pada tahun ke 5. Karena tidak ada yang tahu kapan titik puncak kesuksesan kita.

Entah itu 5 langkah lagi atau masih 100 langkah lagi kita semua tidak tahu. Maka dari itu jangan pernah berhenti dan terus konsisten dalam berlatih fotografi serta menghasilkan karya karya yang luar biasa. Karena kita juga tidak tahu bisa saja besok kita akan menemukan titik puncak kesuksesan didunia fotografi ini.

Itulah artikel Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memotret Yang Bagus Dengan Kamera DSLR Bagi Pemula