Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 7 February 2017

Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital

ARISTO.ID Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital. Memotret model adalah salah satu kesukaan dari seorang fotografer. Karena selain bisa mendapatkan gambar gambar yang bagus tentu kita bisa berkenalan dengan beberapa model baik profesional maupun amatir. Terlebih bagi orang orang pemula yang baru memegang kamera DSLR tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk memotret model.

Memotret model sendiri bisa dilakukan didalam ruangan ( indoor ) atau juga bisa dilakukan diluar ruangan ( outdoor ). Namun sebenarnya sebagian besar tips dan triknya sama hanya ada beberapa perbedaan sedikit saja. Yang pasti dimanapun pemotretan tersebut berlangsung, memotret model akan memberikan kesan tersendiri bagi seorang fotografer.

Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital. Memotret model adalah salah satu kesukaan dari seorang fotografer. Karena selain bisa mendapatkan gambar gamba

Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital


Memotret model berbeda dengan pemotretan yang lainnya. Karena kita langsung kontak dengan orang lain ( model ) dan kita harus dituntut bisa mengarahkan pose sie model. Namun jika model sudah profesional kita tidak perlu lagi mengarahkannya karena mereka akan melakukan pose sendiri dengan maksimal.

Kali ini saya akan membahas mengenai cara memotret model yang baik. Cara ini saya rangkum berdasarkan berbagai pengalaman saya memotret model dengan komunitas fotografi maupun pemotretan pribadi. Dan berikut ulasan lengkapnya.

1.Konsep


Dalam pemotretan model sebenarnya menentukan konsep adalah salah satu faktor yang penting. Seperti konsep pemotretan didalam atau pun diluar ruangan. Dan juga tentang kostum yang akan dipakai sie model beserta propertinya. Kita harus mempersiapkan konsep yang benar benar matang agar pemotretan berjalan dengan lancar.

2.Foto Model Dari Samping


Agar model terlihat lebih menarik sebaiknya kita melakukan pemotretan dari samping dan sebisa mungkin jangan melakukan pemotretan lurus dari depan. Hal ini berlaku pada bagian wajah atau muka, bahu dan juga bagian tubuh secara keseluruhan.

Jika memotret wajah langsung dari depan biasanya akan membuat wajah lebih lebar atau gemuk. Tentu ini tidak disukai oleh model dan juga penikmat foto foto model kita nantinya. Selain itu bahu juga usahakan jangan lurus menuju ke kamera karena akan membuatnya memenuhi bagian foto. Sebaiknya lakukan pengambilan dengan posisi miring agar bahu tidak nampak terlalu lebar.

Untuk tubuh yang lurus kedepan juga akan terlihat jelek didepan kamera karena akan terlihat lebih gemuk. Dan pasti wanita atau sie model tidak akan suka jika terlihat gemuk bukan ?? Maka dari itu posisi miring atau dari samping adalah posisi yang ideal dalam pengambilan foto model.
Baca Juga Tips Foto Produk Dengan Menggunakan Studio Box Mini

Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital. Memotret model adalah salah satu kesukaan dari seorang fotografer. Karena selain bisa mendapatkan gambar gamba

3.Fokuskan Pada Mata Model


Mata adalah fokus terbaik dalam pemotretan modeling. Jadi usahakan fokus utamanya adalah mata dari sie model. Untuk mengatur fokus yang tepat kita bisa menggunakan viewfinder dan men zoom in nya pada posisi mata. Setelah itu tinggal menekan tombol Shutter dan kita akan mendapatkan gambar model yang menawan.

Jika sudah mahir dalam mengambil fokus mata selanjutnya adalah mengatur mata model tersebut agar didapat timing yang pas saat memotret. Jangan memotret saat dengan mata yang terlalu lebar dan juga terlalu sempit karena akan menimbulkan kesan yang berbeda. Potretlah saat mata model sedang rileks sehingga didapatkan kondisi yang maksimal.

4.Pertimbangkan Gaya Candid


Cara memotret model yang keempat adalah dengan mempertimbangkan gaya Candid. Candid adalah posisi dimana model sedang tidak fokus ber pose didepan kamera. Model tidak sadar kalau sedang diincar oleh kamera sehingga bisa didapat foto yang lebih natural dan tentunya lebih lembut dipandang mata.

5.Pertimbangkan Tingkat Bokeh Foto


Menambahkan faktor bokeh dalam sebuah foto model juga bukan ide yang buruk. Banyak saya lihat di berbagai forum fotografi baik di Facebook maupun situs fotografi lainnya foto model dengan background bokeh selalu mendapatkan perhatian lebih dari pemirsa.

Maka dari itu membuat foto model bokeh menurut saya adalah ide yang bagus karena pasti akan lebih disukai oleh orang lain atau pasar. Dan untuk membuat foto bokeh kebetulan saya telah menuliskan artikelnya beberapa waktu yang lalu dibawah ini.
Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital

Itulah beberapa tips tentang Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital ( DSLR, Mirrorless dan kamera jenis lain ). Semoga bermanfaat tulisan ini untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memotret Model Yang Benar Dengan Kamera Digital