Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 5 February 2017

Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera

ARISTO.ID Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera. Fotorgafi adalah seni yang sangat luas dan tidak ada batasannya. Kita bisa memotret apa saja yang kita lihat dan membuatnya menarik dengan beberapa tips dan trik dalam pemotretan. Dan setiap jenis pemotretan tentu memiliki pengaturan yang berbeda satu sama lainnya.

Kali ini saya akan menfokuskan pembahasan pada cara memotret benda yang bergerak cepat. Misalnya saja adalah pada fotografi olahraga, kita harus bisa mengambil moment berharga yang bisa saja berlangsung hanya sepersekian detik. Atau pada fotografi wildlife seperti pemotretan burung burung yang sedang terbang. Kita juga harus bisa mengambil foto burung tersebut dengan baik sehingga bisa didapat foto burung yang beku atau freeze. Untuk mendapatkan foto yang seperti itu kita memerlukan beberapa cara khusus.

Baca Juga Tips Cara Mengambil Gambar Burung Yang Sedang Terbang Dengan Lensa Fix 50MM F1.8

Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera


Karena yang akan kita foto adalah sebuah benda atau aktifitas yang memiliki pergerakan sangat cepat maka kita juga memerlukan pengaturan yang tepat agar kamera bisa mendapatkan gambar yang baik. Point terpentingnya adalah pada Shutter Speed yang harus cepat. Namun pengaturan lainnya seperti ISO dan Apperture juga sangat mempengaruhi hasilnya. Dan berikut adalah pembahasan lengkap dari Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera.

1.Shutter Speed Cepat


Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa point terpentingnya adalah pengaturan Shutter Speed yang harus disetting di angka yang cepat. Hal ini juga menyesuaikan dengan obyek atau aktifitas apa yang akan kita ambil gambarnya. Kita bisa mengatur Shutter Speed di angka maksimal seperti 1/8000 detik.

Dengan demikian kita akan bisa mendapatkan gambar beku atau freeze. Lihat saja gambar burung dibawah ini. Saya mengambilnya hanya dengan lensa 50mm F1.8  dan saya menggunakan settingan Shutter Speed pada angka 1/8000 detik. Saat itu saya belum mempunyai lensa yang memadai jadi saya hanya memaksimalkan lensa yang saya punya saja.

Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera

2.Gunakan Mode High Speed Continuous


Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan mode high speed continuous. Mode ini berfungsi untuk mengambil banyak gambar hanya dengan 1 kali menekan tombol Shutter. Tapi dalam catatan kita harus menahan tombol Shutter selama pengambilan gambar atau foto. Jadi jika kita melepaskan tombol Shutter maka pengambilan gambar akan berhenti.

Untuk masing masing kamera memiliki tingkat kecepatan tersendiri dalam mode ini. Dan kamera yang menurut saya terbaik dalam hal ini adalah Canon 7D Mark II. Karena kamera ini bisa mengambil gambar 10 frame dalam 1 detik. Bahkan fotografer pro yang saya ketahui pun menggunakan kamera ini untuk hal kecepatan.

3.Gunakan Auto Fokus


Auto fokus merupakan hal wajib jika dalam fotografi yang mengandalkan kecepatan seperti yang sedang saya bahas ini. Karena kita berhubungan dengan kecepatan tentu kita tidak akan sempat jika harus mengatur fokus secara manual. Yang pasti kita akan ketinggalan moment jika menggunakan fokus manual dan tidak akan mendapatkan gambar yang bagus.

Namun berbeda ceritanya jika kita akan memotret Panning. Kita malah disarankan menggunakan fokus manual walaupun pemotretan jenis ini juga berhubungan dengan kecepatan. Dibawah ini adalah pembahasan lengkapnya mengenai Foto Panning.
Baca Juga Tips Cara Foto Panning Yang Sangat Mudah Dilakukan

4.Apperture Lebar


Pengaturan Apperture lebar juga diperlukan jika kita memotret olahraga atau burung yang sedang terbang. Contohnya saja atlit sepak bola yang sedang bermain dan sedang melakukan tendangan. Tentu akan terlihat bagus jika fokus hanya tertuju pada obyek utama dan gambar disekitar menjadi blur. Dan untuk memperoleh hasil blur atau bokeh kita diharuskan menggunakan Apperture lebar yaitu F1.8, F2.8 atau bahkan F1.4.
Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera

5.Gunakan Monopod Sebagai Alat Bantu


Gambar diatas adalah foto perlombaan halang rintang kuda yang saya saksikan di Jepang pada saat liburan musim panas. Saya mencoba memotret foto tersebut dengan menggunakan lensa tele 70-200mm F2.8 L Series USM yang beratnya mencapai 1,5 kg.

Untuk membantu mendapatkan hasil yang maksimal seperti gambar diatas kita bisa menggunakan alat bantu berupa monopod. Hal ini berfungsi untuk menghasilkan gambar yang tajam. Karena dengan lensa yang berat kita bisa saja mendapatkan gambar yang buram karena beban lensa sehingga tangan goyang. Maka dari itu penggunaan monopod akan sangat membantu pekerjaan kita menghasilkan gambar yang tajam.

Itulah beberapa Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera DSLR. Semoga beberapa tips yang saya tulis diatas bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memotret Benda Yang Bergerak Cepat Dengan Kamera