Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 14 February 2017

Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari

ARISTO.ID Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari. Indonesia memiliki banyak surga tersembunyi yang belum banyak tereksplore di dunia luar. Pemandangan pantai sampai pegunungan Indonesia sangatlah indah dan membuat kita kagum pada ciptaan-Nya.

Selain karena ciptaan-Nya tentu olahan dari sang fotografer juga lah yang membantu mengenalkan keindahan alam Indonesia kepada dunia. Menciptakan gambar gambar landscape pemandangan yang bagus tentunya tidak mudah dan membutuhkan ilmu serta jam terbang yang tinggi. Maka tak heran jika dari tangan para fotografer handallah Indonesia menjadi semakin terkenal di mata penjuru dunia.

Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari


Dalam menghasilkan gambar landscape yang bagus seorang fotografer harus mempersiapkan segala sesuatunya. Karena memotret landscape adalah merekam moment keindahan alam dunia. Bukan seperti foto jurnalistik yang tidak mengejar nilai keindahan melainkan hanya mengejar moment. Ada beberapa trik dan cara foto landscape pemandangan yang baik untuk dipraktekkan, langsung saja akan saya ulas satu persatu mulai dari :

1.Waktu Terbaik Adalah Sore Hari Dan Pagi Hari


Cara foto landscape pemandangan yang pertama adalah masalah waktu pengambilan gambar atau foto. Waktu pengambilan gambar yang paling bagus untuk foto landscape adalah saat pagi hari dan juga sore hari. Kalau dalam istilah fotografinya sendiri adalah Bluehours dan juga Goldenhours.
Baca Juga Mengenal Istilah Bluehours Dalam Fotografi

Waktu waktu inilah yang akan membuat keindahan dari sebuah landscape pemandangan menjadi indah. Karena saat inilah warna langit berpadu mulai dari merah, kuning, biru sampai hitam pekat. Coba saja tengok gambar landscape pemandangan berikut ini yang diambil saat moment goldenhours dan bluehours tersebut. Indah bukan ??

[caption id="attachment_2760" align="aligncenter" width="469"]Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari Taken by Uma Shika[/caption]

2.Gunakan Lensa Wide Angle


Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan lensa dengan focal lenght lebar atau biasa disebut dengan lensa Wide Angel. Lensa yang termasuk dalam kategori Wide sendiri adalah lensa yang memiliki panjang focal lenght kurang dari 11mm. Contoh lensa Wide Angle adalah Lensa Canon 10-22mm, Lensa Samyang Fisheye 8mm, Lensa Tokina 12 - 24mm dan masih banyak lagi yang lainnya.
Baca Juga Lensa Wide Angle Termurah Canon 10-22MM

Penggunaan lensa wide ini bertujuan agar pemandangan yang tertangkap oleh kamera memiliki jangkauan yang luas. Sehingga keindahan dari setiap jengkal dari pemandangan tersebut akan nampak dalam frame. Tapi untuk kondisi tertentu penggunaan lensa tele juga kadang diperlukan. Banyak juga kok foto landscape pemandangan indah yang diambil menggunakan lensa tele.

3.Maksimalkan Penggunaan Filter Kamera


Foto Landscape Pemandangan sangat identik dengan berbagai filter pendukung yang digunakan. Banyak sekali macam filter yang biasa digunakan dalam pemotretan landscape diantaranya adalah filter ND, filter GND, filter CPL dan berbagai macam filter lainnya.

Dengan menggunakan filter ini tentu kita akan bisa membuat gambar menjadi lebih hidup dan lebih berwarna. Namun jika kita ingin menghasilkan gambar yang natural bisa juga melepaskan berbagai filter tersebut dan memotretnya secara biasa. Tanpa filterpun kita masih bisa menghasilkan foto landscape pemandangan yang bagus.

4.Selalu Cek Kelurusan Garis Horizon


Walau masih bisa diedit melalui photoshop tapi memperhatikan kelurusan garis horizon saat memotret mempunyai keuntungan tersendiri. Dengan selalu memperhatikan point ini tentu akan mengurangi pekerjaan kita pada saat proses editing.

Selain itu jika selalu memperhatikan kelurusan garis horizon maka kita tidak perlu lagi melakukan croping untuk meluruskan garis horizon tersebut yang bisa saja menghilangkan sebagian obyek yang sudah masuk kedalam tangkapan layar kamera.

[caption id="attachment_2759" align="aligncenter" width="505"]Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari Taken by Wastika[/caption]

5.Tripod Dan Kabel Release Adalah Wajib


Saat melakukan pemotretan foto landscape pemandangan biasanya kita akan menggunakan Shutter Speed lambat. Sehingga kita membutuhkan kondisi kamera tetap terjaga selama masa pengambilan gambar berlangsung. Dengan tangan mustahil kita bisa menahan kamera selama beberapa detik tanpa goyang.

Maka dari itu gunakanlah tripod sebagai penahan untuk kamera agar tidak goyang saat memotret. Penggunaan kabel release atau remote pun baik untuk menghindari kamera goyang saat tangan menekan tombol shutter. Jika tidak ada kabel release kita bisa menggunakan Timer selama pengambilan gambar.

6.Perhatikan Detail Foreground, Middleground Dan Juga Background


Ada 3 unsur yang harus diperhatikan dalam pengambilan gambar landscape yaitu Foreground, Middleground dan juga Background. Foreground adalah sesuatu yang ada di latar depan yang merupakan bagian terdekat dengan kamera. Middleground adalah bagian tengah atau biasanya yang dijadikan sebagai obyek utama dalam sebuah foto. Sedangkan background adalah latar belakang yang ada dibagian paling jauh sebuah foto.

Dalam foto landscape pemandangan ketiga faktor ini akan lebih baik jika tajam semua. Alias detail dari ketiga faktor tersebut mempunyai nilai yang sama. Jadi tidak ada yang blur dalam pemotretan landscape sehingga biasanya Apperture yang digunakan juga sempit yaitu antara F11 sampai F22.
Baca Juga 20 Foto Landscape Cantik Karya Fotografer Terbaik

Itulah akhir dari artikel Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari. Sebenarnya untuk menjadi seorang fotografer yang bagus itu point terpenting adalah latihan secara konsisten. Maka dari itu berlatihlah secara terus menerus agar bisa lebih banyak menghasilkan karya yang luar biasa dan bisa dinikmati oleh orang banyak.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Foto Landscape Pemandangan Saat Sore Hari Dan Pagi Hari