Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 16 February 2017

Alasan Penting Punya Partner Mendaki yang Sejalan

Alasan Penting Punya Partner Mendaki yang Sejalan. Saat melakukan pendakian, seseorang bisa saja berubah karena berbagai factor seperti cuaca, kondisi fisik dan suasana. Berubah disini dalam artian kondisi psikologis yang labil, berbeda dari keseharian kita. Oleh karena itu, 6 alasan penting punya partner mendaki yang sejalan ini bisa jadi referensi penting bagi kita yang mulai berencana melakukan pendakian, supaya lebih happy luar dalam.

Alasan Penting Punya Partner Mendaki yang Sejalan:


alasan penting punya partner mendaki yang

1. Companionship


Seorang pendaki yang melakukan perjalanan dengan partner sahabat sendiri akan merasa nyaman dalammenghabiskan waktu bersama, berbagi berbagai hal dan bercerita tentang satu sama lain. Begitu pula saat berada dalam kelompok, companionship sangat diperlukan agar seseorang menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab.

2. Physical Support


Partner mendaki yang sejalan mampu memberikan waktu, sumber dan bantuan pada kita baik saat di gunung maupun di kehidupan sehari – hari. Logikanya, seseorang yang dengan rela membantu saat medan sangat sulit dan kondisi fisik pribadinya juga kepayahan pasti punya hati yang lapang untuk membantu dalam perkara yang lebih sepele.

Meskipun tidak melulu soal bantuan, support fisik yang diberikan partner mendaki juga berpengaruh pada kehidupan yang lebih luas seperti pekerjaan, hobi lain, atau hal – hal pribadi kita.

3. Ego Support


Motivasi, dukungan, penguatan dan feed back  adalah kebutuhan psikologis yang dimiliki setiap manusia. Dengan berpartner seorang sahabat kala mendaki, kita akan mendapatkan proses pendewasaan dan kegembiraan psikologis dari dua sumber yakni alam dan manusia. Bisa jadi, saat turun gunung kita akan mendapati pribadi yang lebih berkembang dan kompeten secara interpersonal sebagai bentuk kedewasaan.
Baca Juga Ciri Ciri Buah Dan Tanaman Yang Dapat Dimakan Di Hutan Saat Survival

4. Stimulation


Adakalanya kita membutuhkan suatu stimulasi dalam menjalankan suatu tantangan atau menjawab sebuah pertanyaan dalam diri. Untuk seorang pendaki, sangat banyak tindakan yang harus dilakukan secara reflek karena terbiasa dan mencontoh partner senior. Oleh karena itu, partner mendaki yang sejalan cara berpikir dan tindakannya akan mampu membimbing kita dalam menghadapi segala situasi serba cepat yang membutuhkan ketepatan, ketelitian dan gerak refleks.

5. Social Comparison


Komparasi atau perbandingan sosial biasa diberikan seseorang yang dekat dan tidak punya rasa segan saat mengkritik kita. Saat melakukan pendakian, adakalanya seseorang melakukan kesalahan atau justru hal – hal baik secara sadar maupun tidak. Partner yang sejalan akan mampu memberikan tanda atau peringatan berupa teguran maupun pujian saat hal – hal itu terjadi.

Tidak hanya itu, social comparison  yang diberikan partner pendakian akan membantu kita dalam memilih mana teman yang sesungguhnya dan mana yang bukan. Hal ini jelas dapat membantu kehidupan kita ke depan. Karena seseorang bisa dilihat dari siapa teman terdekatnya.


6. Intimacy dan Affection


Pendakian yang dilakukan orang – orang dengan visi misi sejalan akan mampu memberikan kedekatan dan afeksi yang luar biasa. Tidak hanya melulu soal pendakian, kedekatan yang terjalin bisa menjalar dalam berbagai lini kehidupan.

Seseorang yang mempercayai partnernya akan memiliki rasa nyaman dan mampu mengungkapkan dirinya sendiri (self-disclosure). Tidak hanya itu, kedekatan juga bisa meningkatkan kedewasaan serta proses pengembangan diri menjadi lebih dewasa. Berbagai peristiwa yang terjadi saat pendakian bisa sangat mendekatkan pribadi dua orang atau lebih.

Jadi mendaki bukan hanya soal menaklukkan gunung, tetapi juga dapat dijadikan proses panjang menuju kedewasaan. Melalui 6 alasan penting punya partner mendaki yang sejalan di atas, seseorang akan lebih mengutamakan pilihan pada rekan yang tepat dan sejalan dari segi pikiran, perilaku serta pandangan hidup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Alasan Penting Punya Partner Mendaki yang Sejalan