Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 13 February 2017

9 Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki

ARISTO.ID 9 Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki. Mendaki gunung memang memiliki keistimewan tersendiri bagi kita yang menyukai tantangan. Namun, menjadi seorang pendaki gunung tidak selalu menyenangkan. Ada beberapa tantangan yang bisa menjadi masalah jika kita kurang berhati – hati mempersiapkan pendakian. Supaya pendakian dapat berjalan sukses dan menyenangkan dengan tetap menjaga keunikan diri yang anti mainstream, berikut adalah 9 tips anti mainstream biar eksis jadi pendaki yang dapat diterapkan.

Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki


9 Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki

1.Persiapan Fisik


Persiapan fisik adalah hal yang paling diperlukan biar eksis jadi pendaki. Mendaki gunung itu bukan perkara ringan seperti nyapu atau ngepel lantai lho. Jadi minimal lari – lari kecil dan olahraga lainnya dilakukan dengan niat seratu persen. Supaya unik, pakai outfit nyeleneh seperti kostum gajah ala video klip Paradise – nya Coldplay sambil olahraga.

2.Planning Lokasi


Jangan terburu – buru mengambil lokasi pendakian yang sulit. Memilih lokasi yang “ringan” bukan berarti kita adalah makhluk lemah, tapi justru bukti bahwa logika kita masih bekerja. Sangat banyak kasus pendaki yang hilang karena masih amatir tapi nekat ke daerah pendakian yang rawan. Biar anti mainstream, siapkan aneka banner lucu yang bias digunakan sebagai aksesoris waktu mengambil foto.

3.Harapan Rasional


Sekali lagi, harapan yang rasional itu sangat perlu buat seorang pendaki, terutama para pemula. Pasalnya, banyak dari kita yang punya harapan terlalu besar, sehingga kadang malah jadi kecewa atau terlibat bahaya yang bisa mengancam jiwa. Jadi anti mainstream bukan berarti Cuma modal nekat.
Baca Juga Urutan Cara Packing Carrier Yang Baik Dan Benar

4.Bertanya ke Para Master


Seorang pendaki pasti punya guru atau senior dibidangnya. Nah, jangan ragu – ragu untuk bertanya apakah persiapan yang dilakukan sudah benar. Para master yang sudah banyak menelan asam garamnya pendakian pasti bersedia untuk membantu kelancaran pendakian. Tanyakan juga, apakah ide – ide anti maisntream yang kita rencanakan sudah aman dan bebas dari bahaya.

5.Climbing Tools yang Dibutuhkan


Cukup banyak climbing tools yang digunakan, terutama di lokasi yang cukup curam atau jalanannya kurang bersahabat. Jadi, sangat penting untuk mengonsultasikan dan melengkapi climbing tools yang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik lokasi pendakian. Meskipun anti mainstream, keamanan tetap jadi yang utama.

6.Pengaturan Logistik


Makanan adalah kebutuhan paling utama manusa. Meskipun dalam pendakian, kita tetap dilarang untuk makan junk food  atau makanan berbahaya lainnya. Lengkapi logistik semaksimal mungkin supaya pendakian terhindar dari bencana kelaparan. Sangat konyol kan kalau sampai pendakian jadi gagal total gara – gara makanan?

7.Surat Izin


Dengan menentukan lokasi pendakian, kita tentu sudah mencari tahu juga kelengapan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa lokasi membutuhkan surat izin resmi. Jika kita merasa perlu mengurusnya, jangan sampai surat izin terlupakan. Untuk yang ini, memang jadi anti mainstreamnya dilarang melewati batas. Surat izin tidak boleh menjadi bahan unduhan ke sosial media secara tidak sopan.

9 Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki

8.Manajemen Sampah


Banyak kasus sampah yang ditemukan di lokasi pendakian karena dibuang oleh pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, siapkan tas khusus dari kresek atau lainnya, supaya sampah bisa dibawa turun gunung dan tidak menyebabkan masalah. Upload manajemen sampah di sosial media dengan berbagai caption lucu supaya tetap unik dan variatif.
Baca Juga Ciri Ciri Buah Dan Tanaman Yang Dapat Dimakan Di Hutan Saat Survival

9.Istirahat dan Rehat Kecil


Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Meskipun kita bukan koala yang tidur sampai 20 jam sehari, tapi menyempatkan waktu untuk tidur atau melakukan rehat kecil. Supaya jadi anti mainstream, buatlah video atau foto terunik saat momen – momen rehat. Bisa jadi, foto – foto anti mainstream tersebut akan membuat kita jadi beken.

Itulah tadi 9 tips anti mainstream biar eksis jadi pendaki yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendakian. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Tips Anti Mainstream Biar Eksis Jadi Pendaki