Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 16 February 2017

6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya

6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menguras tenaga sehingga sangat penting melakukan persiapan fisik sebelum memulainya, agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berjalan kaki berjam-jam dengan jalur yang semakin menanjak, bisa membuat tubuh seolah kaget bila tidak terbiasa berolahraga sebelumnya.

Beberapa keadaan yang bisa muncul karena persiapan fisik yang kurang saat pendakian di antaranya adalah keram otot, otot paha serasa lemas, sakit punggung dan bahu, serta paru-paru serasa terbakar. Oleh karena itu, beberapa latihan fisik berikut bisa dilakukan agar tubuh lebih siap dalam melakukan pendakian.

Latihan Fisik  Sebelum Pendakian dan Manfaatnya


6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya

1. Jogging


Olahraga cardio ini hampir menjadi syarat wajib sebelum melakukan pendakian. Dengan rutin berlari, bisa membuat otot kaki menjadi lebih kuat. Setidaknya, mulailah sekitar 1 bulan sebelum pendakian dengan intensitas 2-3 kali dalam satu minggu. Semakin hari, tambahlah jarak tempuh agar otot kaki semakin kuat.

Manfaat lain dari Jogging adalah, melatih pernafasan sehingga rasa paru-paru seperti terbakar saat berjalan menanjak bisa diatasi. Sesekali, coba juga untuk berlari saat subuh atau sekitar pukul 4 – 5 pagi agar dapat beradaptasi dengan suhu dingin.

2. Bersepeda


Latihan Fisik Sebelum Pendakian yang kedua adalah Jika kamu memiliki sepeda, maka jadikan kegiatan bersepeda sebagai variasi dari jogging. Setelah beberapa kali bersepeda, cobalah mengayuh di jalan yang menanjak sehingga bisa memperkuat otot paha serta pernafasan.

Baca juga 10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan

3. Squat Jump


Melakukan gerakan melompat/squat jump bisa membantu memperkuat otot paha serta memantapkan pijakkanmu. Olahraga ini bisa kamu lakukan setelah aktivitas jogging/bersepeda dengan jumlah gerakan secukupnya. Hindari melakukan squat jump berlebihan karena dikhawatirkan ada kesalahan dalam gerakan dan menimbulkan cedera di sekitar tempurung lutut. Sangat disarankan melakukan half-squat sebelum melakukan squat jump sebagai pemanasan. Gerakannya half-squat sama dengan squat jump hanya saja dilakukan tanpa gerakan melompat.

4. Push-up


Ketika mendaki gunung, kita tak hanya mengandalkan kekuatan kaki, tetapi juga tangan. Terkadang, jalur yang sangat curam, mengharuskan kita agak memanjat ataupun mencari pegangan untuk memudahkan pergerakanmu. Push-up merupakan latihan yang tepat untuk memperkuat otot lengan serta bahu sehingga bisa mengatasi rasa sakit di bahu saat berjalan dengan membawa ransel atau carrier yang cukup berat.

5. Back-up


Bagian tubuh lain yang perlu dilatih sebelum pendakian adalah punggung karena biasanya kamu akan membawa perbekalan yang terkadang cukup berat. Salah satu gerakan untuk melatih agar punggung menjadi lebih kokoh saat membawa ransel ataupun carrier adalah back-up. Lakukan kegiatan ini secara rutin hingga H-1 sebelum pendakian.

6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya

6. Renang


Bagi kamu yang bisa berenang, olahraga air ini terbukti dapat melatih sistem pernafasan agar lebih teratur. Jangankan naik gunung, olahraga biasa saja sering membuat nafas sesak. Maka dari itu, selain jogging, renang juga sangat ampuh untuk melatih pernafasanmu agar lebih teratur dan siap untuk melangkah lebih jauh.

Nah, jika sudah memiliki rencana pendakian dalam waktu dekat, segera latih tubuhmu agar pendakian menjadi lebih nyaman dan mencegah kondisi tubuh yang kelelahan karena persiapan yang kurang. Jangan lupa berikan semangat kepada teman pendakianmu nanti untuk berolahraga atau bisa diagendakan olahraga bersama sebagai persiapan sebelum pendakian.

Itulah 6 Latihan Fisik  Sebelum Pendakian dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam lestari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Latihan Fisik Sebelum Pendakian dan Manfaatnya