Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 25 February 2017

13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

ARISTO.ID. 13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi. Jambi adalah salah satu provinsi yang terkenal di pulau Sumatera. Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah yang tepat untuk provinsi yang satu ini. Untuk mengenalnya, berikut ini adalah 13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi  yang bisa menjadi acuan untuk berwisata dengan suasana yang indah dan tidak terlupakan.

13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi




  1. Tanggo Rajo




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Tanggo Rajo adalah sebuah tempat wisata yang tidak terlalu berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari. Tanggo Rajo juga menawarkan berbagai macam wisata kuliner Jambi di tepi perairan. Tanggo Rajo sering dikunjungi saat sore atau malam hari karena pengunjung biasanya akan menikmati pemandangan sungai Batanghari yang indah. Bagi wisatawan yang hobi memancing, Tanggo Rajo juga bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi mereka.


  1. Taman Nasional Kerinci Seblat




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satu tempat wisata yang berada di kawasan yang sama seperti Gunung Kerinci dan Danau Kerinci. Taman nasional ini juga sudah diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Taman Nasional Kerinci Seblat sering disamakan dengan Kebun Raya Bogor, namun tampak sesuatu yang berbeda dari dua tempat wisata ini. Taman ini memiliki suasana alam yang sangat hidup. Hewan dan tumbuhan yang hidup disini juga menambah keindahan tempat wisata alam yang satu ini.


  1. Danau Gunung Tujuh






Danau Gunung Tujuh adalah sebuah danau yang disekitarnya terdapat 7 buah gunung yang menjulang tinggi. Gunung ini juga berfungsi sebagai dinding danau. Karena danau ini berada di atas gunung, danau ini menjadi danau yang paling tinggi di wilayah Asia Tenggara. Danau Gunung Tujuh memiliki luas 960 hektar dengan panjangnya sekitar 4,5 dan lebarnya 3 km. Untuk bisa sampai ke danau ini, para wisatawan harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 2 sampai 3 jam. Danau Gunung Tujuh ini terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro yang berjarak kurang lebih 56 km dari Sungai Penuh.


  1. Danau Sipin




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Danau Sipin atau Solok Sipin adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Simpang Baluran Kenali, kecamatan Telainapura. Selain menjadi sebuah tempat wisata, Danau Sipin juga menjadi tempat untuk budidaya ikan air tawar, seperti nila dan mujair. Untuk bisa melihat aktivitas para nelayan lebih dekat, para wisatawan bisa menyewa perahu dengan harga Rp5.000 per orang. Danau Sipin juga menawarkan kesejukan alam yang masih terjaga.


  1. Danau Kerinci




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

 

Tempat Wisata di Jambi Sumatera selanjutnya adalah Danau Kerinci. Danau Kerinci adalah danau yang terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera. Tempat wisata ini banyak dihiasi dengan ikan segar dan kekayaan laut lainnya. Danau ini memiliki luas sebesar 5000 m2 dan tingginya mencapai 783 mdpl serta kedalaman sampai 110 meter.


  1. Danau Belibis




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi Sumatera selanjutnya adalah Danau Belibis. Danau Belibis adalah sebuah danau yang terletak di wilayah lereng Gunung Kerinci yang memiliki hutan yang lebat. Keindahan alam pegunungan yang asri ini ditambah lagi dengan danau-danau lain yang ada disana. Tempat wisata ini sering dikunjungi wisatawan karena masih terjaga alamnya sehingga pemandangannya juga masih alami.


  1. Air Terjun Sigerincing




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Air Terjun Sigerincing adalah sebuah air terjun yang terletak di desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter dan berjarak sekitar 300 km dari pusat kota Jambi. Hal inilah yang menjadikan tempat wisata Air Terjun Sigerincing masih sangat minim wisatawan. Faktor kurangnya promosi juga membuat air terjun ini kurang terkenal. Keadaannya yang masih terawat dan masih bersih karena jauh dari sampah juga membuat air terjun ini nyaman sekali. Pemandangannya juga bagus dan para wisatawan yang menuju ke tempat ini bisa berfoto tanpa takut diperhatikan oleh orang-orang sekitar.


  1. Gunung Kerinci




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Gunung Kerinci adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal. Gunung Kerinci juga menjadi salah satu gunung api tertinggi di Indonesia. Berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan masuk dalam pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci. Keindahan alamnya yang sangat spektakuler membuat Gunung Kerinci mendapat julukan Sekepal Tanah Surga yang Tercampakkan ke Bumi. Untuk para wisatawan yang suka melakukan pendakian, tempat wisata ini cocok sekali untuk kalian.


  1. Kolam Renang Tepian Rajo




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Kolam renang Tepian Rajo adalah sebuah kolam renang berukuran 20 x 50 meter persegi yang terletak di jalan Kapten  Sujono, Kecamatan Kota Baru, Jambi. Kolam renang ini sudahb berstandart Internasional dan berada sekitar 6 km dari kota Jambi. Tidak hanya digunakan untuk berenang, kola mini biasanya digunakan untuk tempat pertandingan polo air dan pelatihan polo air. Tersedia kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak disini.


  1. Taman Anggrek




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Taman Anggrek ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani atau berada di depan Kantor Gubernur Jambi. Selain untuk melihat-lihat koleksi Anggrek yang ada, para wisatawan juga bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana cara merawat bunga Anggrek yang benar sesuai dengan jenisnya masing-masing. Wisatawan pecinta bunga tentunya tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini. Terdapat sekitar 60 jenis anggrek di taman yang seluas 2,5 hektar. Biaya masuk untuk anak-anak hanya Rp1.500 sedangkan untuk dewasa Rp.2.000 saja.
Baca Juga 13 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menakjubkan



  1. Monumen Nasional Jambi




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Tidak kalah dari Jakarta yang memiliki Tugu Monumen Nasional, Jambi ternyata juga memilikinya. Replika monumen nasional ini bertempat di lokasi bundaran kompleks pemerintahan kota. Replika ini sangatlah mirip dengan aslinya. Ada 2 hal yang membedakannya dengan monas yang ada di Jakarta, yaitu ukuran dan hiasannya. Monas yang ada di Jambi ini ukurannya lebih kecil dari yang di Jakarta. Terdapat 4 buah jam dinding di sisi-sisi Monas Jambi ini dan terdapat 4 buah ukiran di bagian bawahnya. Meski begitu, monas yang ada di Jambi ini juga tidak kalah menarik.


  1. Taman Mini Jambi




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Setelah replika monument nasional atau monas, kini beralih ke taman mini. Taman Mini adalah sebuah objek wisata di Jambi yang memiliki konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta. Tempat wisata ini menghadirkan taman rekreasi keluarga, sarana olahraga dan juga wisata budaya. Selain itu, terdapat juga replika bangunan khas daerah yang ada di kabupaten Jambi.


  1. Museum Negeri Jambi




13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi

Museum ini terletak di jalan Urip Sumoharjo, No 1, Jambi. Museum Negeri Jambi ini adalah pilihan yang tepat untuk belajar sejarah dengan menyenangkan. Bentuk bangunannya dirancang mirip dengan Rumah Kajang Lako yang menjadi rumah adat Jambi. Di museum ini, para wisatawan bisa melihat berbagai macam koleksi benda bersejarah dan bernilai seni. Mulai dari anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga Jambi dan binatang yang diawetkan.

Itulah 13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi. Untuk apa jauh-jauh keluar negeri jika di dalam negeri saja sudah banyak kekayaan alam dan keindahan alam. Nikmati indahnya wisata di kota Jambi dengan suasana alam yang masih segar dan sejuk.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Tempat Wisata di Jambi Sumatera Yang Harus Dikunjungi