Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 20 February 2017

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan. Nanggroe Aceh Darussalam merupakan daerah istimewa yang sudah terkenal sejak dulu. Selain karena wisata alam super indah, wisata budaya dan sejarahnya juga tidak bisa lepas dari keutuhan bangsa Indonesia. Tidak heran, 13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan ini menjadi bagian penting dalam list liburan para turis asing dan domestik. Inilah beberapa traveling yang perlu diketahui saat berada di kota Aceh.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


 


  1. Pulau Weh




Menjadi pulau terbarat di Indonesia, Pulau Weh memberikan berbagai keindahan terutama ekosistem bawah lautnya. Selain indah, kita juga bisa melakukan penyelaman untuk melihat aktifitas biota laut dengan berbagai ciri khas yang hanya dimiliki Pulau Weh seperti jenis ikan dan terumbu karang.

Tempat Wisata di Aceh


  1. Gunung Borni Tenong




Gunung yang masih aktif dan meletus terakhir pada 7 Desember 1924 ini memiki berbagai keunggulan sebagai objek wisata alami. Selain udara yang sejuk, Gunung Borni Tenong juga menyimpan kekayaan alam dengan adanya jaur Edelweiss. Bunga cantik khas pendakian ini berada secara berjajar sepanjang kanan kiri jalan. Namun, karena medannya yang terjal sebaiknya kita membawa seorang tour guide pemuda asli daerah Desa Bandar Lampahan.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Cagar Alam Jantho




Cagar alam yang memiliki banyak koleksi hewan dan tumbuhan ini menjadi rumah yang hangat bagi ekosistem hutan disana. Jika kita mengunjung Cagar Alam Jantho pada bukan April sampai Agustus antara musim kemarau, perjalanan akan semakin menyenangkan karena didukung oleh cuaca yang bersahabat.

Jika ingin kesana, jaraknya hanya 50 km dari pusat kota. Cagar Alam ini menyimpan berbagai jenis pohon seperti Kandis, Rambutan hutan, Tampang, Lawang, Semiran Tampu, Ketapang, Medang ara, Lukup, Kayu Hitam, Beringin, Jambu Air, Gleum, Bremen, Sampang, Ara, Damar, Medang, Meranti, Mampre, Anang, Jenarai, Kerakau, Rengen, Merbau dan Pinus serta fauna  Kijang, Owa, Macan dahan, Kucing Hutan, Rusa, Kijang, Kancil,  Gajah, Siamang, Napu, Gajah, Kambing Hutan, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao dan sebagainya.
Baca Juga 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Air Terjun Kuta Malaka




Tempat Wisata di Aceh ke empat adalah Air Terjun Kuta Malaka. Berlokasi di Kecamatan Samahani, Air terjun Kuta Malaka terdapat diatas ketinggian 600 mdpl. Tingkatan airnya mencapai 8 – 20 dengan keindahan yang luar biasa. Arus deras, udara sejuk dan tebing yang tinggi semakin meningkatkan rasa penasaran kita akan fenomena alam yang satu ini. Dari Kota Banda Aceh, Air Terjun Kuta Malaka dapat dicapai sejauh 30 km.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Gua Ceruk Mendale dan Gua Ceruk Ujung Karang




Gua yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari Danau Lut Tawar ini merupakan onjek wisata alam yang juga bernilai sejarah tinggi. Tim Balai Arkeologi Medan menemukan galian kerangka manusia purba di area pengerjaan Aceh serta Sumatera Utara. Gua Ceruk Mendele dan Gua Ceruk Karang juga sering dikunjungi anak – anak yang belajar tentang peradaban manusia prasejarah. Manusia yang menempatinya diperkirakan hidup 6.500 – 7.400 tahun yang lalu.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Taman Hutan Raya / Tahura Pocut Meurah Intan




Apa yang kita pikirkan saat bisa menikmati keindahan hutan di atas rumah pohon seperti di film “Heart”? Pasti sangat menyenangkan karena udara yang sejuk dan suasana damai akan meningkatkan mood kita. Di Taman Hutan Raya / Tahura Pocut Meurah Intan, segala hal itu dapat tercapai. Pasalnya, lokasi wisata alam ini memang didesain sedemikian rupa agar nyaman dinikmati keindahannya oleh para turis baik asing maupun domestik.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Putroe Aloeh / Pucok Krueng




Krueng adalah istilah bahasa daerah Aceh untuk menyebut Sungai. Nama Putroe Aloeh berasal dari sebuah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub. Sungai ini diperaya sebagai tempat mandi para bidadari. Selain sejarahnya yang menarik, suasana alam yang masih asri serta bebatuan kali berukuran besar sangat bisa memberikan kesan tersendiri atas kenyamanan dan keindahan alam.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Kuala Merisi




Jika ingin merasakan wisata pantai yang hangat dan santai, maka Kuala Merisi adalah lokais yang sangat tepat dijadikan referensi. Pasalnya, destinasi wisata alam di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil berurai riang tipis – tipis.

Berbaringlah santai diatas kursi pantai, gunakan kacamata hitam dan dengarkan musik favorit. Suasana Kuala Merisi akan semakin hangat dan menciptakan memori tersendiri pada turis yang mengunjunginya. Selain untuk bersantai, pantai yang tenang ini dapat digunakan untuk latihan berselancar bagi para pemula yang tidak harus langsung menghadapi ombak besar.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Danau Laut Tawar




Tempat Wisata di Aceh selanjutnya adalah Danau Laut Tawar. Di Dataran Tinggi Gayo, terdapat sebuah objek wisata yang menarik dengan luas kurang lebih 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Lokasi tersebut bernama Danau Laut Tawar yang didiami Suku Gayo. Suku Gayo lebih sering menyebutnya sebagai Danau Lut Tawar karena terpengaruh dialeknya. Selain kawasan yang sangat luas, Danau Laut Tawar juga memiliki hamparan air tawar  dengan debit tinggi yang menyimpan berbagai biota air tawar.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Pantan Terong




Bukit yang dinamakan Pantan Terong ini dimanfaatkan para warga dan turis untuk menyaksikan keindahan alam Aceh Tengah dari ketinggian 1830 mdpl. Dari atas Pantan Terong, nampak tampilan Danau Laut Tawar yang sangat besar dengan keindahan pemandangan lain di sekitarnya.

Tempat Wisata di Aceh


  1. Pusat Latihan Gajah Saree




Populasi gajah di Aceh sangat tinggi karena pada zaman kerajaan Islam para rajanya banyak memanfaatkan gajah untuk berjaga dan berperang. Saat ini, gajah di Aceh dibedakan menjadi 2, yakni gajah liar dan gajah terlatih. Dengan melakukan pelatihan di Pusat Latihan Gajah Saree yang terletak di Aceh Besar, gajah terlatih akan membantu menghalau jika ada gajah liar yang mengamuk hingga mengganggu pemukiman warga.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Rumah Cut Nyak Dien




Pahlawan wanita yang berperang melawan Belanda, Cut Nyak Dien adalah salah satu Srikandi Indonesia tangguh dengan berbagai jasa. Tidak heran, rumah yang dihuni selama hidupnya di Desa Lampisang, Aceh Besar dinobatkan sebagai salah satu situs sejarah dan budaya.

Destinasi wisata sejarah ini memiliki banyak catatan. Rumah ini dulu adalah lokasi dimana para masyarakat Aceh menyusun perang melawan Belanda. Tidak hanya itu, pada tahun 2004, masyarakat berbondong – bondong menuju Rumah Cut Nyak Dien untuk berlindung dari bencana Tsunami.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan


  1. Benteng Indraparta dan Benteng Iskandar Muda




Sejak Kerajaan Lamuri yang berpindah keyakinan dari Hindu ke Islam, Benteng Indraparta dibangun sangat kokoh hingga saat ini. Lokasi Benteng Indraparta adalah di pesisir Pantai Ujong Batee, daerah Aceh Besar.

Tidak jauh dari Benteng Indraparta, Benteng Iskandar Muda yang menyimpan sumur berkubah di dalamnya juga masih berdiri kokoh hingga saat ini. Uniknya, benteng yang masih kuat ini berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan

Dari daftar 13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan di atas, terbukti bahwa Nangroe Aceh Darussalam memang memiliki kekayaan pariwisata yang tidak bisa dipungkiri. Sudah selayaknya kita sebagai rakyat Indonesia memprioritaskan untuk mengunjungi destinasi wisata nusantara sebelum berpetualang ke luar negeri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Tempat Wisata di Aceh untuk Melengkapi Liburan