Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday, 22 February 2017

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia. Nama klub pecinta alam mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Salah satu kegiatan yang ada dalam klub pecinta alam adalah pendakian gunung. Namun, ternyata tidak semua gunung di dunia ini yang bisa dengan mudah ditaklukkan. Berikut ini adalah 10 gunung yang sulit untuk didaki di dunia  yang bisa menambah acuan tempat wisata untuk dikunjungi.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia




  1. Annapurna Mountain




Gunung yang satu ini terletak di wilayah negara Nepal dan memiliki ketinggian 8000 meter. Dengan ketinggiannya ini, gunung Annapurna berhasil menduduki posisi top 10 gunung tertinggi di dunia. Tidak hanya tinggi, ternyata gunung ini juga sulit untuk ditaklukkan. Kesulitan mendaki gunung ini terbukti dengan banyaknya jumlah pendaki yang meninggal di perjalanan saat sedang menuju puncak Annapurna.

Menurut catatan, gunung Annapurna resmi dibuka untuk didaki pada tahun 1950. Sejak tahun itu, sudah ada 53 pendaki yang meninggal di perjalanan. Untuk para pendaki yang tetap ingin mencoba menaklukkan gunung Annapurna, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu seluruh informasi tentang gunung yang satu ini.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Kachenjunga Mountain




Sama halnya seperti gunung Annapurna, ternyata gunung Kachenjunga ini juga masuk dalam top 10 gunung tertinggi di dunia. Tertinggi ketiga setelah Mount Everest dan K2 Mountain gunung ini juga tidak mudah untuk ditaklukkan. Gunung Kachenjunga memiliki ketinggian 8.586 meter atau 28.169 kaki. Mungkin negara Nepal memang gudang gunung yang menakjubkan, karena gunung Kachenjunga ini juga terletak di wilayah Nepal.

Nama Kachenjunga memiliki arti lima harta karun salju, karena gunung ini memiliki 5 puncak. Diantara 5 puncak yang ada di Kachenjunga, empat diantaranya memiliki ketinggian lebih dari 8.450 meter. Harta karun yang dimaksudkan adalah untuk melambangkan 5 benda milik dewa, yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Meskipun setiap tahunnya gunung ini menelan korban jiwa sampai 22 persen pertahun, masih ada banyak pendaki yang ingin mencoba menaklukkan gunung yang satu ini.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. K2 Mountain




Setelah dari Nepal, mari kita berpindah ke benua Amerika. Gunung K2 berada di Athabasca River Valley of Jasper National Park, Kanada. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua setelah Mount Everest. K2 Mountain ini sampai memiliki julukan sendiri, yaitu medan tersulit yang ada di dunia. Banyak rute yang bisa digunakan untuk menuju ke gunung yang satu ini, namun semua rute tampaknya sama saja. Bahkan rute yang sekiranya paling mudah saja masih terlalu sulit untuk dilewati.

Ada banyak batuan yang curam, dan para pendaki harus mampu untuk melintas di tiang-tiang es yang tipis dan bisa saja jatuh kapan saja. Bahkan di bulan Agustus lalu, ada 13 pendaki yang meninggal dalam dua minggu saja. Jika kamu ingin mencoba mendaki K2 Mountain ini, persiapkanlah mental dan fisik secara matang.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Gangkhar Puensum




Gunung ini merupakan salah satu gunung dalam daftar top 40 gunung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 7570 mdpl, gunung ini juga tampaknya sulit untuk ditaklukkan. Sekitar tahun 80an, ada beberapa usaha pendakian yang dilakukan. Namun, semua usaha itu ternyata tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Di tahun 1994, beberapa ikatan Mountaineering sudah mendeklarasikan di Bhutan sehingga pada tahun 2003, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan bahwa gunung ini dilarang untuk didaki.

Alasan utama mengapa gunung ini dilarang untuk didaki adalah karena tidak sesuai dengan kepercayaan agama yang ada disana dan tradisi yng berlaku disana. Selain alasan tersebut, mungkin pemerintah takut jika Gangkhar Puensum akan menelan lebih banyak korban lagi.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Kabru North




Puncak dari Kabru North ini masih menjadi salah satu subgroup pegunungan Kangchenjunga. Puncak Kabru North sendiri memiliki ketinggian 7394 meter. Pendakian pertama yang dilakukan di gunung ini terjadi pada tahun 2004 oleh tim yang berasal dari Serbia. Alasan mengapa tim ini gagal menuntaskan misi mereka disebabkan oleh longsoran salju atau avalanches yang memaksa mereka untuk menghentikan pendakian ini.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Mount Fitz Roy




Mount Fitz Roy adalah gunung yang paling tinggi yang terletak di Patagonias Los Glaciares National Park. Alasan utama mengapa gunung ini sulit untuk didaki adalah batuan curam yang berada di sepanjang jalan menuju puncak gunung ini. Selain factor tersebut, factor cuaca yang tidak menentu juga membuat para pendaki ragu untuk mencoba mendaki gunung yang satu ini.

Meskipun begitu, masih ada saja pendaki yang nekat mencoba kesulitan mendaki gunung ini. Dalam satu tahun, hanya ada satu pendaki yang mencoba untuk menaklukkan Mount Fitz Roy ini.
Baca Juga Mendaki Untuk Idealisme? Kenali Dulu Sosok Pria Bernama Soe Hok Gie

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Denali Mckinley Mountain




Gunung Denali ini merupakan gunung yang paling tinggi di wilayah Amerika Utara. Jangan remehkan ketinggian gunung ini yang hanya 20.320 kaki. Meskipun tergolong tidak tinggi, kesulitan medannya tetap tidak kalah dari gunung-gunung yang tinggi. Faktor utama yang menghambat para pendaki bisa menuju puncak adalah cuaca dan suhunya yang cukup ekstrem.

Hanya akan ada 50 persen pendaki yang berhasil menuju puncak. Sisanya biasanya menyerah sebelum bisa sampai ke puncak. Meskipun begitu, masih tidak banyak catatan kecelakaan yang terjadi di Denali McKinley Mountain ini.
Anda sedang membaca 10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Mount Everest




Tibalah saat gunung nomor satu di dunia ini. Dalam catatan pendakiannya, tercatat sudah ada 1500 orang atau lebih yang sudah pernah mencoba mendaki gunung ini. Namun, hasil pendaki yang berhasil sampai ke puncak hanya sekitar 50 orang saja. Dilihat dari statusnya yang menjadi gunung tertinggi di dunia, tentunya tidak diragukan lagi bahwa menaklukkan puncak Everest bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Para pendaki gunung Everest biasanya akan berkemah di bawah dan berkumpul disana.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Baintha Brakk Mountain




Baintha Brakk Mountain ini memiliki julukan si raksasa, karena menjadi salah satu dari gunung yang sulit ditaklukkan di dunia. Pendakian pertama gunung ini dilakukan pada tahun 1971. Tidak sedikit kecelakaan yang pernah terjadi di Baintha Brakk Mountain ini. Salah satu pendaki yang mengalami kecelakaan yang sangat parah di gunung ini adalah Doug Scott.

Dia mengalami patah kedua kaki dan untuk menuju base camp, Scott harus merangkak. Jangan bandingkan dengan merangkak biasanya, karena Scott harus menahan sakit patah kakinya sekaligus merangkak dengan kondisi cuaca sedang angin topan. Sungguh, itu bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Namun, hal itu seperti tidak menyurutkan semangat para pendaki lain untuk mencoba menaklukkan Baintha Brakk Mountain ini.

10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia


  1. Mountain Vinston




Daftar gunung terakhir yang sulit untuk didaki adalah Mountain Viston. Mountain Viston ini terletak di wilayah Antartika. Sesuai tempatnya, penyebab utama kegagalan pendakian gunung ini adalah cuaca. Cuaca yang sangat ekstrem akan membuat para pendaki berpikir dua kali untuk benar-benar datang kesana dan mencoba menaklukkan Mount Viston. Kecelakaan sekecil apapun akan sangat membahayakan nyawa si pendaki.

[caption id="attachment_3769" align="aligncenter" width="503"]10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia Asia, Nepal, Himalayas, Sagarmatha National Park, Solu Khumbu Everest Region, climbers walking below Nuptse making their way to camp 2 on Mt Everest[/caption]

Nah, itulah daftar 10 gunung yang sulit untuk didaki di dunia. Meskipun sulit, jika niat sudah dibulatkan, maka hal itu bisa saja terjadi. Semangat mendaki!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Gunung Yang Sulit Untuk Didaki di Dunia