Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 5 January 2017

Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame

ARISTO.ID Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame. Dalam dunia fotografi DSLR dikenal dengan 2 model kamera yaitu kamera Full Frame dan juga kamera APS-C ( Crop ). Kamera APS-C adalah kamera yang memiliki ukuran sensor lebih kecil jika dibandingkan ukuran sensor kamera Full Frame. Ukuran sensor kamera APS-C adalah 22.2 x 14.8 mm ( Canon ) dan 23.6 x 15.7 mm ( Nikon ).

Untuk kualitas gambar atau foto yang dihasilkan memang kamera APS-C ini masih kalah jika dibandingkan dengan kamera Full Frame. Tapi bukan berarti kamera APS-C ini tidak punya kelebihan bukan ?? Banyak sekali kelebihan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan kamera APS-C ini. Apa saja kelebihannya ?? Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame

Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame


1.Harga Lebih Terjangkau


Untuk harga kamera APS-C ini bisa dibilang murah dan terjangkau untuk kita yang merupakan pemula dalam hal fotografi digital ini. Bahkan sekarang banyak sekali kamera DSLR yang dibanderol kurang dari 5 juta rupiah. Misalnya saja Canon EOS 1100D dan juga Canon EOS 1200D.
Baca Juga Harga Dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 1200D Terbaru

Bahkan di berbagai forum jual beli kamera sudah banyak yang ditawarkan dengan harga 3 jutaan lengkap dengan lensa kitnya. Berbeda dengan kamera Full Frame yang harganya relati mahal bahkan untuk yang termurah pun bekas nya masih diatas 10 juta. Misalnya saja Canon EOS 5D Mark II dan juga Canon EOS 6D.

2.Lebih Ringan


Untuk bobot dari kamera APS-C sendiri biasanya lebih ringan dibandingkan dengan kamera Full Frame. Karena ukuran sensor yang kecil membuat semua komponen dalam kamera APS-C pun ikut menjadi lebih kecil. Sehingga membuatnya lebih ringan. Biasanya bobot kamera APS-C sekitar 500 gram sedangkan untuk bobot kamera Full Frame di angka 700 gram keatas.

3.Bisa Menggunakan Lensa Apa Saja


Kelebihan Kamera APS-C selanjutnya adalah karena kamera ini bisa menggunakan lensa apa saja. Dalam artian lensa Canon dengan kode EF-S adalah lensa yang khusus dibuat untuk kamera APS-C sehingga kamera Full Frame tidak bisa menggunakannya. Sedangkan lensa dengan kode EF saja adalah lensa yang dibuat untuk kamera Full Frame namun kamera APS-C juga bisa menggunakan lensa tersebut.
Baca Juga Perbedaan EF Dan EFS Pada Lensa Kamera Canon

4.Cocok Untuk Pemotretan Tele ( Jarak Jauh )


Perbedaan antara kamera Full Frame dan kamera APS-C adalah masalah perubahan focal lenght lensa. Pada kamera APS-C lensa dengan focal lenght 200mm bisa berubah menjadi 300mm akibat crop-ing dari sensor. Sedangkan untuk kamera Full Frame lensa 200mm akan tetap sama menjadi 200mm saat digunakan.

Hal ini tentu menjadi salah satu kelebihan tersendiri jika menggunakan kamera APS-C. Terutama bagi orang yang suka dengan pemotretan jarak jauh seperti Wildlife atau pun Sport ( Olahraga ). Bahkan kebanyakan untuk 2 jenis kategori foto tersebut lebih banyak orang yang menggunakan kamera APS-C dari pada kamera Full Frame. Apalagi kualitas kamera APS-C sekarang juga sudah banyak meningkat. Salah satu kamera APS-C terbaik adalah Canon EOS 7D Mark II.

Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame

5.Lebih Nyaman Dipakai Jalan Jalan


Kelebihan kamera APS-C yang terakhir adalah nyaman digunakan untuk keperluan sehari hari. Karena bobot kamera APS-C yang ringan membuatnya enak diajak dalam rutinitas harian. Selain itu bodynya yang tidak terlalu besar juga membuat kita mudah membawanya kemanapun. Sedangkan untuk kamera Full Frame biasanya memiliki body yang agak besar dan agak berat walau selisihnya tidak terlalu besar.

Itulah Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame yang bisa saya bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame