Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 5 January 2017

Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C

ARISTO.ID Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C. Kamera Full Frame adalah kamera yang memiliki ukuran sensor sama dengan ukuran film yaitu 24 x 36mm. Banyak sekali keuntungan dari  kamera Full Frame jika dibandingkan dengan kamera APS-C. Dan pembahasan tersebut sudah saya bahas pada artikel sebelumnya dibawah ini.

Baca Juga 7 Kelebihan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop ( APS-C )

Tidak ada gading yang tak retak. Begitulah kata pepatah. Begitupun juga dengan kamera Full Frame. Dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki ternyata kamera Full Frame ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Dan kekurangan dari kamera Full Frame tersebut akan saya bahas pada artikel kali ini.

Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C

Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C


Kamera Full Frame adalah kamera yang biasa digunakan oleh kalangan profesional karena bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih bagus. Diantara seri dari kamera Full Frame sendiri contohnya adalah Canon EOS 5D Mark III, Nikon D810, Sony A7 dan masih banyak lagi kamera Full Frame lainnya. Namun ada juga beberapa kekurangan dari kamera Full Frame diantaranya adalah :

1.Harga Yang Selangit


Harga kamera Full Frame rata rata mahal jadi masih banyak dari kalangan fotografer yang belum bisa membeli kamera Full Frame ini. Untuk Canon saja yang paling murah adalah seri EOS 6D yang sekarang harga bekasnya masih mencapai 10 sampai 15 jutaan.

Angka tersebut tentu masih cukup mahal bagi kita yang masih amatiran. Namun bukan berarti kita tidak bisa membelinya bukan. Dan semoga dikemudian hari kita semua bisa mempunyai kamera Full Frame masing masing. Aamiin. heheheh

2.Tidak Bisa Menggunakan Sembarang Lensa


Untuk seri kamera dari Canon ada beberapa kelas untuk lensa yang mereka keluarkan. Yang paling mahal adalah kelas L Series yang ditandai dengan adanya gelang merah. Semua lensa L Series ini adalah lensa EF yang memang dibuat untuk kamera kamera Full Frame.

Sedangkan dikelas berikutnya ada lensa EF-S yang khusus dibuat untuk kamera crop. Lensa lensa ini tidak bisa dipasang di bodi kamera Full Frame karena lensa EF-S ini didesain untuk kamera dengan sensor APS-C sehingga tidak akan cocok jika dipasang  pada kamera Full Frame.

3.Harga Lensa Yang Juga Mahal


Pada point diatas saya sudah menyebutkan bahwa kamera Full Frame mempunyai lensa khusus yang berada dikelas utama. Dan harga dari lensa lensa untuk kamera Full Frame ini juga cukup mahal. Karena lensa ini merupakan lensa kelas utama tentu pembuatannya pun dari bahan dan optik unggulan yang tentunya juga mahal.

Harga Dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Terbaru

4.Kamera Full Frame Cenderung Lebih Berat


Kamera Full Frame memilik ukurang sensor yang lebih besar dibandingkan dengan kamera APS-C. Tentunya komponen lainnya pun mengikuti dengan ukuran yang lebih besar. Ini membuat berat kamera Full Frame lebih besar jika dibandingkan dengan kamera APS-C yang lebih enteng.

Untuk kamera Full Frame biasanya memiliki berat berkisar antara 1 kg. Sedangkan untuk kamera APS-C biasanya memiliki berat sekitar 500 - 700 gram saja.
Baca Juga Harga Dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark III Terbaru

5.Kurang Cocok Untuk Foto Tele


Lensa 200mm jika dipasangkan pada bodi kamera APS-C focal lenght nya akan berubah 1.5 kali sehingga menjadi 300mm. Namun jika dipasangkan di kamera Full Frame maka masih tetap pada angka 200mm. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri jika kita hendak melakukan hunting dengan lensa tele. Bagaimanapun juga kamera Full Frame akan selalu kalah jarak focal lenght jika dibandingkan dengan kamera APS-C saat menggunakan lensa tele.

Namun dibalik kekurangan tersebut saya rasa kamera Full Frame masih menjadi andalan para fotografer profesional. Dan saya sendiri sebenarnya menginginkan kamera Full Frame namun apa daya kondisi sekarang hanya bisa membeli kamera APS-C saja.

Semoga artikel Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C ini bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kekurangan Kamera Full Frame Dibandingkan Kamera Crop APS-C