Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 6 January 2017

Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame

ARISTO.ID Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame. Kamera APS-C adalah kamera yang memiliki ukuran sensor kecil dan biasanya ukurannya berkisar 22.2 x 14.8 mm ( Canon ) dan 23.6 x 15.7 mm ( Nikon ). Berbeda dengan kamera Full Frame yang mempunyai ukuran sensor sama dengan ukuran film yaitu 24 x 36 mm.

Sebagian besar orang menggunakan kamera APS-C untuk keperluan fotografi karena harganya yang lumayan murah. Namun untuk kualitas foto jika dibandingkan dengan kamera Full Frame tentu akan sangat ketinggalan baik dari sisi ketajaman maupun dari sisi lainnya.

Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame

Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame


Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai kelebihan dari kamera APS-C jika dibandingkan dengan kamera Full Frame. Dan kali ini saya akan membahas tentang kebalikannya. Yaitu kekurangan dari kamera APS-C jika dibandingkan dengan kamera Full Frame.
Baca Juga Kelebihan Kamera APS-C Dibandingkan Kamera Full Frame

1.Noise Lebih Banyak


Saat mengambil gambar dengan kamera APS-C atau crop kita harus berhati hati dalam mengatur angka ISO. Jangan pernah mencoba menggunakan angka ISO ribuan karena akan sangat berpotensi menghasilkan Noise. Saya sendiri selama melakukan pemotretan tidak pernah menggunakan ISO lebih dari angka 500. Karena semakin tinggi angka ISO noise akan lebih banyak muncul.

Jika di kamera Full Frame ISO 6400 saja masih bisa diperbaiki namun di kamera APS-C ISO 1600 saja sudah muncul banyak noise yang cukup parah.

2.Harus Menggunakan Lensa Super Wide Untuk Memotret Landscape


Ini adalah salah satu kendala saya yang juga masih menggunakan kamera APS-C. Yaitu saat hendak memotret Landscape saya harus menggunakan lensa dengan focal lenght yang sangat pendek. Karena focal lenght akan berubah jika lensa dipasangkan pada bodi kamera APS-C.

Contohnya saja lensa dengan focal lenght 10mm jika dipasangkan di kamera APS-C maka focal lenght nya akan berubah menjadi 15mm. Sedangkan jika menggunakan kamera Full Frame focal lenght 10mm akan tetap terbaca 10mm.

3.Kurang Bokeh Jika Dibandingkan Kamera Full Frame


Kamera Full Frame memiliki DOF yang lebih sempit jika dibandingkan dengan kamera APS-C. Akibatnya kamera Full Frame akan lebih baik dalam menghasilkan foto bokeh. Ini berarti dengan lensa dan pengaturan kamera yang sama kamera APS-C masih kalah dalam pengambilan foto bokeh dengan kamera Full Frame.

Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame

4.Kualitas Keseluruhan Foto Kalah Dengan Kamera Full Frame


Kekurangan Kamera APS-C selanjutnya adalah masalah kualitas foto. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera APS-C akan kalah jika dibandingkan dengan kamera Full Frame. Baik dari sisi ketajaman, detail foto maupun berbagai aspek yang lain. Itu jelas karena memang kedua jenis kamera ini berbeda baik dari segi komponen maupun harganya. Sehingga dari hasil foto pun akan jelas terlihat perbedaannya.

Namun bukan berarti kamera APS-C jelek. Kamera dengan sensor APS-C pun sekarang sudah banyak yang sangat bagus karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Namun yang pasti, yang namanya barang elektronik, kualitas akan berbanding lurus dengan harga. Semakin bagus suatu barang maka akan semakin tinggi juga harganya.

Demikian artikel Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kekurangan Kamera APS-C Dibandingkan Dengan Kamera Full Frame