Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 16 January 2017

Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ??

ARISTO.ID Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ?? Bagi seorang pemula yang ingin belajar dunia fotografi tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli kamera DSLR. Dan hampir 90% dari mereka selalu menanyakan kepada saya tentang kualitas dari kamera Canon atau Nikon. Mana yang lebih baik dari kedua jenis kamera diatas.

Sebenarnya kamera DSLR bukan hanya ada Canon dan Nikon saja melainkan masih banyak sekali pabrikan yang membuat kamera DSLR. Diantaranya Pentax, Sony, Olympus, Fujifilm dan masih banyak lagi pabrikan yang lainnya. Tapi memang diantara semuanya yang paling terkenal dan populer adalah dua merk tersebut yaitu Canon dan Nikon. Dan kali ini saya akan coba membahas mengenai perbandingan kedua merk tersebut.

Baca Juga Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ??


Saya merangkum penjelasan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan juga berdasarkan riset serta mendapat data dari berbagai narasumber yang sudah kompeten. Baik dalam penggunaan kamera Canon maupun kamera Nikon sehingga saya dapat menyimpulkannya dan menuliskannya dalam artikel ini.

Saya akan membandingkan kamera Canon dan Nikon dari berbagai sudut pandang atau sisi sehingga nantinya kita semua bisa menyimpulkan sendiri mana diantara kamera Canon atau Nikon yang lebih baik dan lebih cocok untuk diri kita pribadi. Berikut ulasannya.

Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ??

1.Harga


Bagi kita yang memiliki penghasilan pas pasan tentu harga menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting dalam memilih kamera DSLR. Namun jika menurut anda harga bukan menjadi masalah saya sarankan untuk membeli Canon EOS 1D X Mark II ( 82 juta Body Only ) atau Nikon D5 ( 84 juta ).

Namun jika anda seperti saya yang memiliki penghasilan pas pasan tentu harga akan menjadi pertimbangan utama. Sebenarnya untuk masalah harga antara Canon dan Nikon di kelas yang sama tidak terlalu jauh perbandingannya. Misalnya saja untuk EOS 1300D dan Nikon D5100 memiliki harga yang hampir sama yaitu dikisaran 5 - 6 jutaan. Ini hanya untuk harga bodynya saja.

Namun soal lensa Canon memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan lensa dari Nikon. Contoh mudahnya saja untuk lensa kit 18 - 55mm dari Canon dipasaran dihargai 700 ribuan sedangkan untuk Nikon masih dihargai 900 ribuan. Untuk lensa kelas premium pum Canon masih lebih murah jika dibandingkan dengan Nikon. Misalnya saja Canon 70 - 200mm F2.8 IS II harganya 25jutaan sedangkan untuk Nikon 70 - 200mm harganya 30jutaan.

2.Kategori Pemotretan


Kedua yang harus kita perhatikan dalam membandingkan kedua jenis kamera ini adalah dari masalah tujuan pemotretan yang akan kita lakukan. Jika tujuan kita menggunakan kamera hanya untuk keperluan pribadi dan untuk memotret segala hal tapi membutuhkan hasil maksimal juga menurut saya Canon adalah pilihan yang tepat.

Canon memiliki banyak sekali keunggulan di berbagai kategori fotografi. Terutama dalam kecepatan memotret seperti pemotretan jurnalistik dan olahraga. Sebagian besar kamera yang mereka gunakan adalah Canon karena Canon lebih unggul dalam pemotretan cepat.

Namun jika tujuan utamanya adalah untuk memotret pemandangan Landscape yang membutuhkan detail dan komposisi warna yang menarik Nikon lah pilihan pertama yang saya sarankan. Karena Nikon unggul jika digunakan dalam pemotretan yang membutuhkan kesempurnaan detail dan warna.
Baca Juga Tips Foto Produk Dengan Menggunakan Studio Box Mini

3.Fitur Kamera


Untuk fitur pada kedua kamera ini sebenarnya tidak jauh beda ( dalam artian kita membandingkan kamera yang sekelas ). Namun untuk kelas pemula Canon lebih memainkan mode simple yang membuat pemegang kamera lebih mudah mempelajari fitur fitur yang ada pada kamera.

Sedangkan Nikon memiliki fitur yang lebih banyak sehingga cukup sulit dipelajari. Namun jika sudah bisa menguasainya kebanyakan dari teman teman saya pecinta fotografi lebih memilih Nikon walaupun ada juga yang beberapa masih lebih suka menggunakan Canon.

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

4.Perhatikan Teman Sekitar Anda


Alasan terakhir ini bukan masalah kelebihan atau kelemahan yang ada pada kedua kamera yaitu Canon atau Nikon. Tapi lebih ke arah pemakaian oleh konsumen dipasaran. Lihatlah ke sekitar anda teman teman yang menggunakan kamera DSLR juga. Apakah mereka banyak menggunakan Canon atau Nikon ???

Pilihlah yang lebih banyak karena sisi positifnya adalah kita akan memiliki banyak teman untuk sharing atau berbagi pengalaman. Dengan banyak teman yang menggunakan kamera yang sama dengan kita tentu membuat proses pembelajaran kita juga lebih cepat.

Dan yang pasti permasalahan yang akan kita dapatkan dengan kamera DSLR akan lebih mudah untuk didapat solusinya.

Kesimpulan ???


Jadi untuk kesimpulannya bagaimana ??? Canon atau Nikon kah yang lebih baik ???

Semua kembali ke diri kita pribadi karena masing masing produk tentu memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan untuk satu pabrikan tapi beda tipe pun memiliki perbedaan dan kelebihan masing masing. Karena tidak akan ada produk yang senpurna. Jika ada produk yang sempurna tentu pabrikan kamera hanya akan membuat satu tipe kamera saja bukan ???

Bijaklah dalam berfikir dan mengambil keputusan. Semoga artikel " Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ?? " ini bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Canon Atau Nikon ?? Manakah Yang Lebih Baik ??