Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 22 January 2017

8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon

ARISTO.ID 8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon. Lensa adalah salah satu bagian penting dalam kamera DSLR karena tanpa lensa mustahil kita bisa mengambil gambar. Lensa sendiri ada beberapa macam seperti lensa fix yang focal lenght nya hanya satu dan juga lensa zoom dengan 2 titik focal lenght. Selain itu juga ada lensa wide dengan focal lenght kecil dan juga lensa tele dengan focal lenght besar.

Selengkapnya Baca Juga Berbagai Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Jika kalian sudah membaca artikel diatas pasti mengetahui kalau lensa itu banyak sekali jenis dan macamnya. Semuanya diciptakan dengan kepentingan masing masing. Jadi setiap lensa yang diciptakan pasti akan berguna untuk suatu pemotretan tertentu.

Tips Belajar Fotografi Dengan Cepat Dan Tepat

 

8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon


Kali ini saya akan mencoba membagikan beberapa tipe lensa yang menurut saya dan juga beberapa teman fotografi adalah lensa terbaik. Bukan hanya terbaik tapi juga memiliki harga yang cukup murah karena disini saya berbicara mengenai pemula. Kalau profesional pasti sudah tidak membicarakan soal harga lagi jadi tinggal membeli lensa kualitas utama saja pasti adalah lensa yang terbaik.

Ok langsung saja berikut adalah 8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon.

1.Lensa Kit 18 - 55mm F3.5-5.6 IS ( Canon )


Jika kita melakukan pembelian kamera Canon yang kelas menengah atau amatir biasanya kita akan mendapat lensa bonus yaitu lensa kit ini. Lensa ini murah bahkan bisa dibilang gratis jika kita membeli kamera baru dari toko toko. Selain itu kualitasnya pun tidak terlalu jelek. Saya hampir 6 bulan hanya menggunakan lensa kit ini dan berikut salah satu hasil foto saya menggunakan lensa kit.

Namun jika ingin membeli secara terpisah juga bisa dan harganya berkisar antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

10 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon

2.Lensa Nikkor 18 - 55mm F3.5-5.6 G VR ( Nikon )


Untuk Nikon juga mempunyai lensa kit yaitu Nikkor 18 - 55mm F3.5-5.6 G VR. Sama seperti dari pabrikan Canon bahwa lensa ini biasanya juga sepaket dengan kamera baru yang dibeli. Lensa ini juga cukup hebat karena banyak juga hasil hasil gambar bagus yang diambil menggunakan lensa kit ini.

Harganya sendiri jika dibeli terpisah berkisar kurang lebih antara 700 ribu sampai 1 juta rupiah.

3.Lensa Fix 50mm F1.8 IS ( Canon )


Lensa murah terbaik selanjutnya adalah lensa fix 50mm F1.8 IS dari Canon. Semua orang tahu bahwa lensa ini adalah salah satu yang terbaik bahkan para profesional pun banyak juga yang memakai lensa ini untuk kepentingan mereka. Kenapa saya pilih yang versi F1.8 bukan versi F1.4 atau F1.2 ???

Tentu alasannya karena ini adalah yang paling murah diantara ketiganya. Namun jika ada dana berlebih bisa dicoba untuk membeli yang F1.4 karena hasilnya tentu lebih dahsyat dari pada yang versi F1.8. Untuk harganya sendiri masih berkisar antara 700 ribu sampai 1 juta rupiah untuk yang bekasnya.
Baca Juga 7 Kelebihan Lensa Prime 50mm Yang Wajib Diketahui

4.Lensa Fix 50mm F1.8 G AF-S ( Nikon )


Nikon juga memiliki lensa fix 50mm andalannya yaitu lensa fix 50mm F1.8 G AF-S. AF-S disini berarti AutoFokus Silent Wave Motor yang artinya lensa ini memiliki motor didalamnya sehingga bisa bekerja mencari fokus disemua kamera Nikon. Selain AF-S ada juga seri AF-D nya yang berarti AutoFokus Distance Information yaitu tidak ada motor didalam lensa sehingga yang mengatur auto fokus adalah body kamera.

Untuk harga yang versi AF-S ini masih agak mahal jika dibandingkan dengan pabrikan sebelah yaitu berkisar di angka 2 juta. Namun jika ingin berhemat kita juga bisa menggunakan lensa dari pabrikan ketiga yaitu Yongnuo 50mm F1.8 for Nikon yang harganya hanya sekitar 1 juta rupiah saja.

5.Lensa Wide 10 - 22mm F3.5-4.5 USM ( Canon )


Untuk jenis pemotretan lebar atau biasa disebut Wide lensa murah terbaik yang cocok untuk Canon adalah 10 - 22mm F3.5-4.5 USM. Kenapa demikian karena saya sudah menggunakan lensa ini selama setahun lebih dan telah banyak foto yang saya hasilkan dari lensa ini.

Awalnya saya sempat berpikir untuk membeli lensa 10 - 18mm F4.5-5.6 IS STM. Namun karena perbandingan harganya yang sedikit akhirnya saya memilih untuk membeli lensa 10 - 22mm F3.5-4.5 USM ini. Berikut ulasan lensa wide ini dan contoh gambar yang saya ambil dengan lensa ini.
Baca Juga Lensa Wide Angle Termurah Canon 10-22mm


6.Lensa Fisheye Samyang 8mm F3.5 CS  ( Nikon )


Untuk lensa wide dari Nikon sendiri saya rasa harganya cukup mahal semua maka dari itu saya sarankan untuk memilih lensa Fisheye dari Samyang ini. Karena harganya cukup murah berkisar 3 jutaan bila dibandingkan lensa wide dari nikon sendiri yang berkisar antara 7 jutaan.

Namun jika ingin lensa dengan focal lenght lebar sebenarnya juga bisa menggunakan lensa kit 18 - 55mm walaupun kurang maksimal.

7.Lensa Kit 55 -250mm F4.5-5.6 IS ( Canon )


Lensa murah terbaik selanjutnya adalah lensa tele kit 55 - 250mm F4.5-5.6 IS untuk Canon. Lensa ini biasanya juga sebagai bonus jika melakukan pembelian kamera Canon baru yang berpasangan dengan lensa kit 18 - 55mm. Lensa ini berfungsi untuk memotret dari kejauhan karena memang focal lenght nya cukup jauh sampai angka 250mm.

Jika ingin memotret bokeh tapi tidak mempunyai lensa fix 50mm F1.8 saya sarankan untuk memakai lensa ini. Karena dengan focal lenght yang cukup jauh juga dapat mempengaruhi dalam mendapatkan foto bokeh. Walaupun hasil nya tetap akan kalah dengan lensa fix 50mm F1.8.
Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

8.Lensa Tele Nikkor 70 - 300mm F4-5.6 G


Yang terakhir adalah lensa tele dari Nikon yaitu Nikkor 70 - 300mm F4-5.6. Lensa ini juga fungsinya seperti lensa tele Canon diatas yaitu untuk memotret dengan jarah jauh. Biasanya untuk motret widelife seperti burung yang sedang terbang atau binatang lain dari kejauhan. Lensa ini juga bisa sebagai pengganti lensa fix 50mm untuk mendapatkan foto bokeh yang maksimal.

Itulah 8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam fotografi. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Lensa Murah Terbaik Untuk Kamera Canon Dan Nikon