Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 24 January 2017

7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih

ARISTO.ID 7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih. Sebagai warga Pekalongan asli memang sudah menjadi tugas saya untuk mengenalkan dan meng eksplore Pekalongan agar dikenal dunia luar. Selain ada Batik di Pekalongan juga ada banyak sekali makanan yang enak dan bikin nagih. Yang pasti akan membuat lidah kita tergoda untuk mencicipinya dan memakannya lagi dan lagi.

Selain enak enak biasanya harga makanan di Pekalongan ini masih bisa dibilang murah. Karena memang Pekalongan bukan sebuah kota besar yang semua harga kebutuhan pokoknya melampaui batas. Di Pekalongan kita masih bisa makan enak dengan beberapa lembar uang saja. Dan berikut 7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih.

Baca Juga 10 Tempat Wisata Di Kota Pekalongan Yang Keren Abies

7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih


1.Megono


[caption id="attachment_3311" align="aligncenter" width="500"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/erlin_link/[/caption]

Megono adalah simbol makanan orang Pekalongan karena memang Megono ini hanya bisa kita temukan di sekitaran Pekalongan saja. Kita tidak akan bisa menemukan Megono di kota kota lain kecuali memang penjualnya adalah orang Pekalongan juga.

Megono adalah makanan khas Pekalongan yang terbuat dari buah nangka muda yang di potong kecil kecil kemudian disangrai. Di Pekalongan sendiri Megono juga punya ciri khas masing masing setiap daerahnya. Ada yang memasaknya menggunanakan kunyit sehingga warnanya agak kekuning kuning an dan ada juga yang original sesuai warna dari buah nangka muda tersebut.

2.Tauto ( Soto Pekalongan )


[caption id="attachment_3312" align="aligncenter" width="503"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/non_uyuy/[/caption]

Tauto juga merupakan salah satu wisata kuliner Pekalongan yang wajib kita coba. Tauto ( Soto Pekalongan ) berbeda dengan Soto Surabaya yang dominan warnanya bening atau kekuning kuningan. Tauto ( Soto Pekalongan ) memiliki warna dominan merah sehingga dari warnanya saja sudah menggugah selera makan.

Rasanya sendiri tentu pedas namun tetap nikmat untuk disantap. Biasanya isi dari Tauto ( Soto Pekalongan ) ini adalah daging sapi, daging kambing, daging ayam bahkan saya sendiri sering menggunakan tempe karena memang tidak terlalu suka dengan daging. Jadilah yang saya makan tersebut adalah Tauto Tempe. Hehehe

3.Pindang Tetel


[caption id="attachment_3313" align="aligncenter" width="501"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/miftachudin19/[/caption]

Disebagian daerah pindang adalah ikan yang diasap namun jika kita mendengar nama Pindang Tetel jangan berpikiran kita akan makan ikan asap. Pindang Tetel disini adalah irisan dari daging sapi yang dicampur dengan Kerupuk Usek ( kerupuk yang digoreng menggunakan pasir ) dengan kuah hitam yang salah satu bumbu utamanya adalah Kluwek.

Kluwek adalah salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat. Namun perlu digaris bawahi bahwa penggunaan kluwek harus melalui proses perebusan dan pengolahan terlebih dahulu. Karena kluwek mentah mengandung racun yang dulu biasanya digunakan untuk racun pada ujung anak panah.

4.Garang Asem


[caption id="attachment_3314" align="aligncenter" width="503"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/debyparamitha/[/caption]

Garang Asem hampir sama seperti Pindang Tetel yaitu salah satu olahan yang dibuat dengan bumbu Kluwek. Namun perbedaannya adalah Garang Asem tidak menggunakan Kerupuk Usek dan menggunakan santan kelapa. Garang Asem juga ada diberbagai daerah lainnya di Jawa Tengah seperti Semarang, Demak, Kudus dan Pati. Cara memasak dan bumbunya pun tidak sama dengan Garang Asem yang ada di Pekalongan.

5.Lupis


[caption id="attachment_3315" align="aligncenter" width="495"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/vikanomias_kitchen/[/caption]

Setelah membicarakan menu utama dari wisata kuliner Pekalongan selanjutnya kita memcari menu jajanannya. Salah satunya adalah Lupis Pekalongan. Lupis adalah jajanan yang biasanya disuguhkan dengan parutan kelapa dan juga gula merah sebagai pelengkapnya.

Yang unik dari Lupis ini adalah saat perayaan syawalan atau 1 minggu setelah Lebaran Idul Fitri. Di Krapyak Pekalongan akan ada festival Lupis raksasa yang sudah tercatat di Museum Rekor Indonesia sebagai Lupis Raksasa. Kita bisa memakan Lupis sepuasnya di Krapyak saat perayaan syawalan ini secara gratis karena warga disana memang membagikan makanan tersebut gratis kepada para pengunjung.

6.Apem Kesesi


[caption id="attachment_3316" align="aligncenter" width="501"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/hafzah.az/[/caption]

Jajanan selanjutnya adalah Apem Kesesi. Dinamakan demikian karena memang pembuatan Apem ini kebanyakan dikerjakan oleh orang orang yang tinggal di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Namun penjualannya biasanya ada disetiap pasar tradisional di penjuru Pekalongan baik kota maupun di kabupatennya.

Apem Kesesi yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini biasanya disajikan diatas lembaran daun pisang. Pas dimakan bersama secangkir kopi atau teh diteras rumah sambil santai. Walaupun bentuknya sederhana sekali namun rasanya saya jamin sangat enak sekali.

7.Kopi Tahlil


[caption id="attachment_3317" align="aligncenter" width="509"]7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih https://www.instagram.com/mc_danil/[/caption]

Kopi Tahlil adalah salah satu wisata kuliner Pekalongan yang unik. Karena kopi ini merupakan campuran antara kebudayaan arab dan juga Indonesia. Banyak rempah rempah yang digunakan dalam campuran kopi ini seperti Kayu Manis, Cengkeh dan Jahe sehingga selain nikmat kopi ini juga bermanfaat bagi tubuh kita.

Dinamakan Kopi Tahlil mungkin karena dulunya kopi ini disajikan saat acara Tahlilan rutin yang biasa diadakan warga Pekalongan saat malam jumat. Tapi saya juga tidak tahu pasti. Yang saya tahu bahwa aroma dan cita rasa Kopi Tahlil ini sangat nikmat disajikan saat berkumpul dengan teman teman.
Baca Juga 30 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kita Kunjungi

Itulah 7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kuliner khas Pekalongan diatas. Saya tunggu kedatangannya di Pekalongan dan salam backpacker.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Wisata Kuliner Pekalongan Yang Nikmat Abies Dan Bikin Nagih