Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 27 December 2016

Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan

ARISTO.ID Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan. Foto Landscape adalah sebuah foto pemandangan alam yang menonjolkan keindahan dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa itu sendiri. Banyak sekali para fotorgafer yang mendalami atau lebih condong men-seriusi kategori ini dibandingkan dengan kategori fotografi yang lain. Karena memang keindahan dari Landscape itu akan lebih memuaskan terlebih jika kita tahu bagaimana pengorbanan seorang Landscaper mengambil gambar tersebut.

Baca Juga 7 Derita Fotografer Landscape Yang Jarang Orang Lain Tahu

Foto Landscape biasanya berupa pantai, perbukitan, gunung, sawah, air terjun dan berbagai keindahan alam lainnya. Namun untuk menghasilkan foto landscape yang bagus kita harus ekstra kerja keras. Mulai dari mempersiapkan alat alat sampai harus rela menunggu matahari terbit untuk mendapatkan gambar sunrise yang indah. Belum jika cuaca tidak bersahabat, kita bisa saja pulang kerumah tanpa ada hasil gambar apapun.

[caption id="attachment_2753" align="aligncenter" width="510"]Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan Taken by Flora Rikin[/caption]

Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan


Dan untuk mendapatkan sebuah gambar landscape yang bagus kita perlu mengetahui tips dan triknya agar semua berjalan dengan lancar. Dan berikut saya paparkan bagaimana Cara Foto Landscape simple namun tetap bisa menghasilkan gambar yang bagus.

1.Gunakan Apperture Sempit


Cara foto Landscape yang pertama adalah penggunaan Apperture yang sempit. Ini untuk membuat foto yang kita hasilkan memiliki fokus merata keseluruh bagian antara foreground maupun background. Jadi keseluruhan foto landscape yang kita hasilkan fokus disetiap sudutnya. Angka yang bisa digunakan yaitu antara F 11 sampai F 22 tergantung kondisi.

2.Carilah POI ( Point Of Interest )


Walaupun foto landscape memiliki fokus yang merata namun agar mempunyai komposisi yang bagus kita tetap harus memperhatikan POI nya. Point Of Interest adalah titik awal yang orang tuju saat pertama kali melihat foto kita. Biasanya POI ini adalah hal yang menonjol dan paling berbeda dari keseluruhan komposisi foto. Perhatikan foto berikut :

[caption id="attachment_2746" align="aligncenter" width="549"]Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan Taken by Leo Ramli[/caption]

POI dari foto diatas adalah gubuk yang ada ditengah sawah tersebut. Tentu dengan adanya gubuk tersebut menjadikan foto diatas lebih menarik dibandingkan hanya gambar sawah saja. Mungkin saja jika yang diambil hanya gambar sawah saja foto ini tidak akan menjadi foto landscape melainkan foto abstrack.
Baca Juga Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan

3.Gunakan Tripod Dan Remote ( Kabel Release )


Penggunaan tripod dan remote atau kabel release juga diperlukan untuk pengambilan gambar landscape. Hal ini karena biasanya gambar landscape diambil dengan menggunakan slow speed atau shutter speed lambat. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan tangan biasa. Maka dari itu selalu sediakan tripod dan remote agar perjalanan kita ke spot tidak sia sia.

4.Waktu Sunrise Atau Sunset


Umumnya gambar landscape yang bagus diambil saat kondisi sunrise atau sunset. Dalam dunia fotografi dikenal dengan sebutan Golden Hours dan juga Blue Hours karena warna langit saat itu biasanya gabungan antara warna emas, biru dan juga gelap. Yang pasti saat saat itu lah pemandangan sedang indah indahnya dan jangan sampai kita melewatkan moment tersebut.

5.Manfaatkan Berbagai Filter Yang Ada


Cara foto landscape yang kelima adalah dengan memanfaatkan berbagai filter yang ada. Tentu penggunaaan filter ini akan mempercantik hasil foto landscape yang akan kita buat. Filter yang cocok untuk pengambilan foto landscape juga sangat banyak diantaranya ada filter GND, Filter CPL, Filter Polarizer dan berbagai filter pendukung lainnya.

6.Gunakan Teknik HDR


Teknik HDR ( Hight Dynamic Range ) adalah teknik dimana kita mengambil 3 gambar dengan berbagai eksposure pada sekali menekan tombol shutter. Jadi setelah menekan tombol shutter kamera otomatis akan mengambil 3 gambar sekaligus dengan eksposure yang berbeda. Yaitu Undereksposure, Overeksposure dan Eksposure normal yang nantinya ketiga foto tersebut akan dijadikan 1 dengan aplikasi bantuan.

Untuk lebih jelasnya baca artikel berikut ini :
Baca Juga Cara Settingan Kamera Saat Mengambil Foto HDR High Dynamic Range

Dan Baca Juga Cara Memproses Foto High Dynamic Range HDR Dengan Photomatix

7.Tangkap Gerakan Alam


Selanjutnya adalah dengan menangkap gerakan alam. Hal ini bisa gerakan awan yang ada dilangit maupun gerakan air baik air terjun, sungai maupun air laut di pantai. Untuk menangkap gerakan tersebut tentu kita harus menggunakan shutter speed lambat. Khusus untuk air terjun jangan terlalu lambat mengatur shutter speed. Cukup 1 - 3 detik saja agar terlihat gambar airnya seperti tirai.

[caption id="attachment_2841" align="aligncenter" width="341"]Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan Taken by Silvester Korwa[/caption]

Itulah Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan yang sangat mudah sekali kita praktekkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan