Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 29 December 2016

7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai

ARISTO.ID 7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai. Salah satu point penting dalam kamera DSLR adalah baterai yang merupakan tenaga atau daya utama pada kamera. Tanpa baterai tentu kamera tidak akan bisa menyala dan dipergunakan untuk memotret. Daya tahan baterai kamera rata rata bisa dipergunakan sampai seharian penuh. Bahkan bisa juga dipergunakan lebih dari satu hari.

Namun jika kita melakukan perjalanan panjang yang disana tidak ada listrik untuk mengisi daya baterai mau tidak mau kita harus melakukan penghematan. Penghematan baterai ini bertujuan agar kita tidak kehabisan daya saat sedang asyik memotret moment moment penting tertentu. Sehingga perjalanan atau pekerjaan bisa terselesaikan dengan sempurna.

7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai

7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai


Untuk menghemat baterai ada beberapa trik tertentu yang bisa kita lakukan. Dan kali ini saya akan membagikan beberapa trik tersebut yang tentunya ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri selama menjalani hobi fotografi ini. Dan berikut tips nya :

1.Jangan Gunakan Flash


Yang pertama adalah masalah penggunaan flash internal atau flash yang terpasang pada bodi kamera. Biasanya ini ada pada kamera kamera dengan tipe sensor crop atau biasa disebut APS-C. Sedangkan pada kamera Full Frame biasanya memang tidak tersedia fitur flash internal ini.

Penggunaan flash internal ini akan memakan banyak daya baterai sehingga daya baterai bisa cepat habis. Jangan gunakan flash internal ini jika ingin memiliki umur daya baterai yang lebih lama.

2.Matikan Fitur Pratinjau


Setiap kamera DSLR pasti memiliki fitur pratinjau. Ini berfungsi untuk mengecek hasil foto yang baru saja kita ambil apakah sesuai harapan atau tidak. Fitur ini sangat penting karena berhubungan dengan hasil pemotretan yang maksimal. Namun jika kita lebih membutuhkan daya baterai agar bisa bertahan lebih lama mematikan fitur ini bisa sangat membantu.

3.Menurunkan Kecerahan Layar LCD


Cara menghemat baterai kamera selanjutnya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan pada layar LCD kamera kita. Hal ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai kamera. Atau juga kita bisa meminimalisir penggunaan layar LCD misalnya dalam hal pengaturan settingan kamera.
Baca Juga Cara Foto Landscape Simple Dengan Hasil Memuaskan

4.Jangan Menggunakan Live View


Menggunakan mode Live View juga merupakan sebab daya tahan baterai cepat berkurang. Hal ini dikarenakan kamera harus menampilkan gambar yang ditangkap oleh sensor ke dalam layar LCD. Ini tentunya membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit.

Sebenarnya penggunaan Live View bagi saya pribadi juga sangat jarang sekali. Karena selain bisa mengurangi daya tahan baterai juga biasanya autofokus yang bekerja pada lensa akan lebih lambat jika dibandingkan kita menggunakan View Finder.

5.Matikan Kamera Jika Tidak Digunakan


Dalam melakukan pemotretan biasanya ada jeda antara pemotretan pertama dan pemotretan selanjutnya. Namun hal ini tidak berlaku pada pemotretan olahraga seperti contohnya sepak bola atau pun bulu tangkis.

Dalam pemotretan model pasti ada jeda antar sesi. Entah itu model ganti pakaian atau model ganti make up. Untuk menghemat baterai kita bisa mematikan kamera pada saat saat seperti ini. Jangan biarkan kamera menyala selama tidak dipergunakan karena ini akan menguras daya baterai yang kita punya.

7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai

6.Memotret Hal Penting Saja


Jika daya baterai masih full atau banyak kita bebas mau melakukan pemotretan apa saja. Namun jika kondisi baterai sedang sekarat kita harus lebih selektif dalam memotret. Ambillah gambar hal hal penting saja dan abaikan hal yang tidak penting sehingga umur baterai bisa lebih lama.

7.Matikan Image Stabilizer / Vibration Reduction dan Autofokus


Cara menghemat baterai kamera yang terakhir adalah dengan mematikan fitur IS, VR dan juga Autofokus. Walaupun ini semua adalah fitur pada lensa namun daya yang digunakan tentu dari baterai kamera karena lensa sendiri tidak mempunyai baterai.

Dan untuk menghemat baterai tentu akan lebih baik jika kita menggunakan mode manual untuk kesemua fitur di atas. Seperti menggunakan fokus manual dan stabilizer dibantu menggunakan tripod atau monopod.

Namun sebenarnya masalah dari kesemua ini bisa diatasi dengan 1 solusi yaitu dengan menggunakan baterai cadangan. Tapi tentunya tips tips diatas bisa berguna jika kita lupa membawa baterai cadangan ataupun baterai grip.
Baca Juga Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR

Semoga artikel 7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai ini bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Menghemat Baterai Kamera DSLR Saat Dipakai