Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 27 November 2016

Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui

ARISTO.ID Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui. Menjadi seorang fotografer pernikahan adalah sebuah profesi yang bisa kita jalani sebagai pecinta fotografi. Jadi selain bisa menjalankan hobi yang kita sukai kita juga bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut. Dan tentu ini yang menjadi tujuan semua orang yaitu " Hobi yang dibayar ".


Tips menjadi fotografer pernikahan ini saya tulis bukan karena saya seorang fotografer pengantin. Tapi lebih karena saya pernah mencobanya beberapa kali memotret pernikahan saudara saya sendiri dan dari pengalaman itu lah saya bisa menyimpulkan bahwa fotografi pernikahan mempunyai kesulitan tersendiri dari pada kita memotret Landscape atau kategori yang lainnya.


Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui



Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui


Pernikahan adalah moment yang sangat berharga di hidup seseorang dan pasti setiap orang menginginkan dokumentasi yang terbaik untuk pernikahan mereka. Dan ini lah tugas kita sebagai seorang fotografer untuk mengabadikan moment spesial mereka. Dan untuk membuat tugas kita lancar sebagai seorang fotografer pernikahan ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan. Antara lain.



1.Flash ( Pencahayaan atau Lighting )


Pencahayaan adalah hal yang paling penting dalam fotografi terutama fotografi indoor atau didalam ruangan. Dan untuk mengatasi masalah tersebut yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan flash eksternal sebagai solusinya. Flash eksternal disini hukumnya wajib dan harus dipunyai minimal 1 namun lebih banyak lebih baik.


Alasan menggunakan flash eksternal adalah karena cahaya yang dikeluarkan oleh flash eksternal bisa diatur mulai dari arah dan juga intensitas cahaya yang keluar. Berbeda dengan flash bawaan yang tidak bisa kita atur sehingga cahaya yang ditimbulkan biasanya kasar dan tentunya gambar tidak akan terlihat lembut.



2.Menggunakan Lensa Sapujagat


Penggunaan lensa yang saya sarankan dalam moment pernikahan ini adalah Lensa Sapujagat. Lensa sapujagat adalah lensa yang memiliki jarak focal lenght sangat panjang dan salah satu contohnya adalah Canon 18-200mm. Jadi lensa ini bisa menjangkau jarak Wide ( lebar ) sampai Tele ( jauh ).




Baca Juga Berbagai Jenis Lensa Kamera DSLR



Keuntungan dari menggunakan lensa ini adalah kita tidak perlu membawa lensa yang lain. Jadi hanya dengan 1 lensa saja kita sudah bisa menjalankan profesi ini dan tidak perlu ganti mengganti lensa yang tentunya akan membuat pekerjaan tidak beres. Kita tahu bahwa ketajaman dari lensa sapujagat masih kalah oleh lensa khusus tapi hal ini tidak masalah karena mengejar moment lebih penting dalam fotografi pernikahan ini.


Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui




3.Aksesoris Cadangan ( Battery Kamera, Batetry Flash dan Kartu Memori )


Yang perlu dipersiapkan dalam menjadi Fotografer Pernikahan adalah tentang aksesoris cadangan. Misalnya battery kamera cadangan, battery flash cadangan dan juga kartu memori cadangan. Ini perlu kita persiapkan karena untuk jaga jaga saja apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti memori penuh atau kehabisan battery.


Namun untuk mengakalinya kita juga bisa melakukan trik trik tertentu seperti memakai kartu memory dengan kapasitas yang lebih besar. Atau juga bisa menggunakan Battery Grip agar daya tahan lebih lama dan juga bisa memudahkan dalam pemotretan vertikal ( Portrait ).




Baca Juga Fungsi Dan Manfaat Battery Grip Pada Kamera DSLR



4.Gunakan Format File RAW


Selanjutnya adalah masalah penggunaan format file untuk foto yang sebaiknya menggunakan format RAW saja dibandingkan dengan menggunakan format JPG. Hal ini karena format RAW adalah file mentah yang membuat kita bisa lebih leluasa melakukan proses editing. Karena beberapa bagian yang tidak bisa di edit pada format JPG bisa dengan mudahnya kita atur pada format RAW.



5.Rileks Dan Jaga Komunikasi Dengan Pengantin


Menjadi seorang fotografer kita dituntut untuk harus bisa menguasai situasi terutama saat kita melakukan pemotretan dengan model. Kita harus bisa mengajak dan membuat model rileks dan mengatur posisi yang bagusagar tampil maksimal didepan kamera.


Dalam menjadi Fotografer Pernikahan kita juga harus bisa bersikap demikian. Kita harus bisa membuat para pengantin tampil secantik mungkin didalam kamera dan untuk itu kita harus bisa membuat pengantin santai dalam menghadapi kamera. Maka dari itu jagalah komunikasi dengan pengantin agar para pengantin nyaman dalam pemotretan.


Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui



6.Cek Langsung Hasil Foto


Menurut saya pengecheckan langsung foto setelah pengambilan sangat penting. Karena jika foto yang dihasilkan masih kurang sempurna kita bisa memperbaikinya langsung pada saat itu juga. Walaupun ini membutuhkan waktu yang lebih lama namun hal ini perlu dilakukan dari pada hasilnya tidak memuaskan.


Karena setelah pernikahan selesai kita tidak bisa mengambil gambarnya lagi dan apabila foto yang kita hasilkan banyak kekurangan bisa jadi pelanggan akan kecewa. Selain itu pengecheckan setelah pemotretan juga memudahkan kita dalam proses editing nantinya.



7.Kreatif Dan Have Fun


Yang terakhir adalah kreatif dan have fun saja. Karena kita tentu prosesi pernikahan adalah moment yang membahagiakan yang harusnya juga membahagiakan bagi sang fotografer juga. Jangan tegang dan santai saja menghadapi pekerjaan namun jangan sampai itu juga menurunkan kualitas kerja kita.


Kreatif artinya kita juga harus bisa memasukkan suasana yang lain didalam pernikahan. Pernikahan memang proses sakral dan formal namun sebagai fotografer kita juga tidak harus melakukan pemotretan dengan komposisi itu itu saja. Jadilah fotografer modern dan lihatlah sekeliling tempat pernikahan. Seperti misalnya mengajak pengantin ke pinggir jalan dimana ada pemandangan yang bagus seperti foto dibawah ini. Padahal foto dibawah ini adalah saat selesai Akad Nikah.


Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui


Mungkin itu saja Tips Menjadi Fotografer Pernikahan yang bisa saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita yang ingin membuka jasa Fotografi Pernikahan. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjadi Fotografer Pernikahan Yang Harus Diketahui