Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 12 November 2016

Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula

ARISTO.ID Kali ini saya akan membagikan beberapa Tips Mendaki Gunung di Indonesia yang bisa dipakai untuk pemula. Saya sendiri juga seorang pemula sebenarnya dalam hal pendakian gunung namun banyak teman akrab saya adalah seorang pendaki. Hal ini membuat saya menjadi lebih mengenal dan tahu tentang dunia pendakian gunung.




Baca Juga Jual Dan Rental Alat Outdoor Di Mandalawangi Pekalongan



Bahkan salah satu teman saya adalah pemilik sekaligus pendiri Mandalawangi Outdoor. Mandalawangi Outdoor sendiri adalah tempat jual beli dan juga rental peralatan pendakian di Pekalongan yang sudah berdiri hampir 3 tahun. Kita anak anak di Pekalongan sendiri biasa menamainya sebagai basecamp.


10 Tips MTips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemulaendaki Gunung Yang Harus Di Perhatikan



Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula


Kembali lagi ke masalah yang akan kita bahas yaitu tips mendaki gunung di Indonesia. Kenapa saya mengatakan di Indonesia karena saya juga pernah melakukan beberapa pendakian gunung dinegara orang tepatnya di Jepang saat saya menjadi TKI dan bekerja disana. Di antaranya adalah Gunung Fuji, Gunung Oyama dan juga Gunung Takao.


Tentu sangat berbeda mendaki gunung di Indonesia dengan di Jepang karena di Jepang semuanya sudah tersedia tidak seperti di Indonesia yang masih alami. Untuk pembahasan gunung di Jepang mungkin lain waktu dan sekarang kita langsung mulai tips mendaki gunung di Indonesia.



1.Surat Izin Orang Tua


Ini sangat penting dan harus kita kantongi yaitu surat izin dari orang tua. Walaupun tidak harus berbentuk surat izin tapi mungkin restu saja sudah cukup. Apa manfaatnya dari restu orang tua jika kita sedang melakukan perjalanan pendakian ??? Banyak manfaatnya bahkan banyak sekali.


Terutama ini berhubungan dengan mental kita saat melakukan perjalanan pendakian. Pikiran dan hati akan lebih tenang karena restu sudah kita kantongi dan tentu pastinya orang tua dirumah akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kita. Lancar dalam perjalanan dan bisa pulang dengan selamat. Jangan sekali kali meremehkan kekuatan doa dari orang tua.



2.Rutin Olahraga Sebelum Pendakian


Point selanjutnya adalah olahraga secara rutin minimal seminggu sebelum melakukan pendakian. Kita bisa melakukan joging di pagi atau sore hari selama satu jam mengelilingi kampung atau lapangan. Ini berfungsi untuk melatih stamina karena pendakian membutuhkan tenaga yang sangat banyak.


Selain itu agar badan kita tidak kaget sehingga kemungkinan cedera bisa dihindari. Jika kita tidak melakukan olahraga rutin sebelum pendakian bisa saja badan kaget dan gampang terkena nyeri otot atau pegal pegal. Maka dari itu rutin olahraga sebelum pendakian harus dilakukan.


Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula



3.Bawa Perlengkapan Pendakian


Tips mendaki gunung di Indonesia selanjutnya adalah masalah perlengkapan yang harus dibawa saat pendakian. Kita semua tahu kalau pendakian adalah olahraga atau hobi yang sangat beresiko. Bahkan banyak sudah kita mendengar kabar meninggalnya pendaki karena berbagai penyebab dan juga kelalaian yang seharusnya bisa dihindari.


Untuk itu kita perlu mempersiapkan peralatan apa saja yang akan dibawa sedini mungkin. Peralatan ini biasanya meliputi ransel Carrier, tenda, matras, jaket, sepatu, logistik dan berbagai peralatan lainnya. Terutama logistik yang kita bawa harus cukup dan kalau bisa dilebihkan untuk antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.




Baca Juga Alat Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung



4.Baju Ganti, Minyak Wangi dan Alat Mandi


Ini juga harus kita persiapkan dan kita bawa pada saat pendakian karena kita tentu tahu kalau mendaki membutuhkan tenaga yang banyak sehingga dalam perjalanan kita juga akan mengeluarkan banyak sekali keringat. Terutama saat pulang bisa dipastikan bau badan kita akan sangat menyengat. Mungkin bagi kita dan rekan selama perjalanan tidak akan merasakannya tapi bagi orang lain yang baru kita temui pasti akan sangat terganggu oleh bau badan kita.


Maka dari itu setelah turun dan selesai pendakian saya sangat sarankan untuk mandi dan kemudian ganti baju sambil memakai wangi wangian. Agar badan segar dan orang orang yang akan kita temui selama perjalanan kerumah juga tidak akan terganggu dengan bau badan kita.



5.Mempelajari Rute Pendakian


Yang selanjutnya perlu kita persiapkan adalah masalah rute dan juga jalur pendakian yang akan kita lewati. Pelajari rute dari orang yang pernah melakukan pendakian langsung atau bisa juga mencari referensinya di internet. Karena kita semua tahu sekarang adalah zamannya informasi jadi semua yang kita butuhkan sudah tersedia di internet. Namun akan lebih baik lagi jika dalam rombongan kita ada orang yang sudah pernah melakukan pendakian tersebut.


Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula



6.Harus Ditemani Pendaki Pro


Judul dari artikel ini adalah Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula yang memang saya tunjukkan untuk kita para pendaki pemula. Dan saran saya selanjutnya dalam melakukan pendakian sebagai seorang pendaki pemula sebaiknya kita didampingi oleh pendaki yang sudah pro. Atau setidaknya mengerti dasar dasar masalah pendakian gunung.


Tentu alasannya adalah untuk keamanan kita sendiri juga. Kita bisa mengajak teman yang sudah malang melintang didunia pendakian atau jika tidak ada kita bisa menyewa guide untuk menemani kita selama perjalanan pendakian gunung.



7.Asupan Makanan Yang Cukup


Mendaki gunung bukanlah kegiatan kecil melainkan kegiatan yang membutuhkan banyak sekali tenaga dan kalori. Untuk itu biasakan makan makanan yang mengandung kalori dan juga tentunya bergizi. Sebenarnya kebiasaan pendaki Indonesia yang makan mie instan di gunung itu salah. Akan lebih baik jika kita masak nasi dan lauk seadanya dari pada hanya masak mie instan saja.



8.Utamakan Kepentingan Kelompok / Rombongan


Tips selanjutnya adalah mementingkan urusan kelompok terlebih dahulu. Kita mendaki berkelompok dan sudah seharusnya kita mendahulukan kepentingan kelompok. Jangan egois dengan misalnya saja meninggalkan anggota kelompok yang jalannya pelan. Atau membiarkan anggota yang terlalu capek berjalan sendirian.


Jangan. Tinggalkan sifat egois kita dan saling membantulah antar anggota kelompok agar perjalanan bisa lancar dan tanpa ada halangan apapun. Jangan hanya memikirkan kepentingan dan urusan pribadi karena kita membutuhkan mereka dan mereka juga membutuhkan kita.



9.Jangan Memaksakan Diri


Dalam melakukan pendakian yang terpenting adalah selamat. Tujuan utamanya bukanlah puncak namun kembali kerumah dengan selamat. Jadi jangan memaksakan diri untuk mendaki sampai puncak jika tidak memungkinkan misalnya kondisi badan yang drop atau cuaca yang memang buruk. Lebih baik kembali pulang dengan selamat dari pada pulang tinggal nama saja.


Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula



10.Bawa Turun Sampahmu


Sebenarnya ini bukanlah sebuah tips tapi sebuah keharusan yang memang harus dilakukan oleh semua pendaki baik di Indonesia maupun dimana saja. Bawa turun kembali sampah sampah yang kita hasilkan digunung seperti sampah bekas logistik yang kita makan dan berbagai sampah lainnya.


Akan lebih baik jika kita juga sambil melakukan bersih bersih gunung. Yaitu membawa turun sampah apa saja yang kita lihat selama jalur pendakian. Selain membuat gunung menjadi bersih dan enak dipandang kita juga bisa menjaga kelangsungan hidup satwa liar yang ada di jalur pendakian dari kemungkinan memakan bekas sampah kita terutama sampah plastik.



11.Jaga Sikap Selama Pendakian


Sebagai seorang muslim tentu kita percaya adanya makhluk gaib yang menghuni dunia ini. Terutama di gunung gunung pasti banyak sekali makhluk tak kasat mata yang hidup dan beraktifitas disana. Maka dari itu jagalah sikap kita dan jangan sampai mengganggu kenyamanan mereka tinggal apalagi merusak.


Ini sudah banyak terjadi kepada para pendaki di Indonesia. Mereka yang tidak bisa bersikap dan menjaga diri pasti akan diganggu oleh makhluk gaib tersebut. Contohnya sendiri adalah salah seorang teman saya saat mereka memetik dan berniat membawa pulang bunga edelwis. Mereka diganggu dengan cara dibelokkan ke jalur yang salah sehingga hampir beberapa jam mereka berputar putar di area tersebut. Dan itu pun kondisi kabut tebal namun kabut tersebut tidak seperti kabut biasa ( aneh ).


Setelah berhenti sejenak merenung dan mengembalikan bunga edelwis tersebut akhirnya jalan kembali terbuka dan kabut pun hilang. Akhirnya mereka bisa pulang dengan selamat.



12.Berdoa Sepanjang Perjalanan


Yang terakhir dari Tips Mendaki Gunung Di Indonesia adalah berdoa selama pendakian sampai kita bisa pulang kembali kerumah. Berdoa selain bisa menjauhkan kita dari makhluk gaib penghuni gunung tersebut juga bisa membuat hati kita tenang. Dan percayalah Allah SWT akan membantu melancarkan perjalanan pendakian kita.


Demikianlah artikel mengenai Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula. Semoga bisa bermanfaat dan akhir salam lestari. Dan ingat pesan para pendaki senior. Jangan Mengambil Apapun Kecuali Foto, Jangan Meninggalkan Apapun Kecuali Jejak Dan Jangan Membunuh Apapun Kecuali Waktu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mendaki Gunung Di Indonesia Untuk Para Pemula