Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday, 14 November 2016

Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan

ARISTO.ID Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Tips Foto Abstract yang sangat mudah kita lakukan. Foto Abstract sendiri adalah foto yang tidak memiliki definisi khusus. Foto Abstract itu yaa abstract kita tidak bisa mendefinisikannya dan tidak bisa menjelaskannya. Bahkan ada yang kalau foto abstract adalah foto yang gagal atau foto kita yang gagal bisa saja kita jadikan foto abstract.


Tapi walaupun Foto Abstract itu foto yang tidak bisa didefinisikan dengan jelas namun bukan berarti tidak memiliki nilai seni. Justru foto abstract biasanya mempunyai nilai seni yang tinggi karena memang seni itu susah kita mengerti. Berikut beberapa contoh foto abstract yang saya ambil sendiri.


Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Ini adalah foto lantai yang saya foto di lokasi Kebun Binatang Ueno Jepang. Di Jepanglah saya mulai mengenal dunia fotografi dan mulai belajar mendalam tentang ilmu fotografi.


Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Sedangkan gambar ini adalah kumpulan batu batu di halaman rumah orang dan masih di Jepang. Hanya saya edit sedikit dengan Gradient Map sehingga lebih menarik mata.



Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Dari kedua foto diatas kita bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya untuk menghasilkan foto abstract yang baik itu sangat mudah. Bahkan obyek yang sekarang ada disekitar kita pun pasti ada yang bisa kita jadikan sebagai obyek foto abstract. Dan berikut saya paparkan sedikit Tips Foto Abstract yang bisa kita lakukan.



1.Lihat Sekelilingmu


Yang pertama kita tidak perlu pergi kemana mana terlebih dahulu. Lihat saja sekelilingmu sekarang dimana saja kita berada pasti saya yakin ada obyek yang bisa dijadikan Foto Abstract. Bahkan dikamar pun kita bisa menemukan obyek foto. Contohnya saja foto abstract dibawah ini.




Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Foto diatas adalah foto dari sebuah pemanas ruangan yang biasa saya gunakan saat mengalami musim dingin di Jepang. Pemanas ruangan itu berbentuk seperti kipas angin namun tidak ada kipasnya. Hanya ada elemen yang  bisa mengeluarkan panas sehingga warnanya berubah menjadi kuning tersebut.



2.Ganti Sudut Pandangmu


Dalam mencari obyek foto abstract kita harus bisa mengubah sudut pandang. Jika kita bisa mengubah sudut pandang bisa dipastikan kita akan mudah menemukan obyek untuk jenis foto ini. Misalnya saja kita biasa melewati sebuah lorong pertokoan. Coba saja ambil gambar nya dan balik framenya sehingga bisa menjadi foto abstract yang menarik. Coba saja.



3.Cari Pola


Tips Foto Absract selanjutnya adalah kita harus jeli dalam melihat pola disekeliling kita. Misalnya pola dari jendela sebuah bangunan yang bentuk dan ukurannya sama atau bisa juga pola garis garis pada sebuah dinding rumah atau perkantoran atau pun bisa juga pola pada lantai keramik atau lantai lainnya.


Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Contohnya saja gambar diatas ini. Pola garis lurus ini kalau bagi orang awam mungkin saja ulah dari editan photoshop tapi sebenarnya ini adalah sebuah hiasan dinding pada salah satu bangunan di Jepang yang saya ambil gambarnya. Cahaya dari atas itu adalah cahaya lampu sehingga membuat polanya semakin menarik.



4.Manfaatkan Refleksi


Cara yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan refleksi dari air ataupun genangan air yang ada disekitar kita. Bidik obyek melalui genangan air tersebut. Untuk menentukan obyeknya sendiri bisa terserah apa saja yang terpenting adalah memotretnya melalui genangan air tersebut.


Kemudian ambil saja bagian yang masuk kedalam genangan airnya saja dan balik lah foto tersebut sehingga nampak seperti aslinya namun buram karena sebenarnya itu memang hanya sebuah refleksi dari genangan air. Bukan obyek yang sebenarnya.



5.Memotret Tekstur


Tips selanjutnya adalah dengan memotret tekstur. Tekstur sendiri adalah sebuah bentuk dari permukaan suatu benda yang akan menarik jika kita mengambil gambarnya dari sudut yang tepat. Salah satunya adalah tekstur dari daun pisang yang sudan layu separuh. Sehingga perpaduan warnanya menjadi indah.


Atau kita juga bisa memanfaatkan benda benda lainnya yang mempunyai tekstur menarik. Seperti berbagai jenis motif keramik, ukiran kayu dan masih banyak lagi berbagai terkstur menarik lainnya.


Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan


Itu sajalah beberapa Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan yang bisa saya berikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Foto Abstract Yang Sangat Mudah Dilakukan