Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Sunday, 13 November 2016

Mengenal Komposisi Rule Of Thirds Pada Fotografi

ARISTO.ID Pada pembahasan kali ini saya akan coba mengambil masalah tentang Komposisi Rule Of Thrids yang sering dikenal sebagai aturan sepertiga. Kenapa bisa dikatakan aturan sepertiga ??? Karena dalam prakteknya nanti frame akan dibagi menjadi tiga bagian kebawah dan juga tiga bagian kesamping yang sama besarnya.


Coba perhatikan gambar berikut.


 komposisi rule of thrids


Pada gambar tersebut terdapat 9 kotak yang membagi sebuah foto dengan besaran yang sama. Dan pada ada garis kuning yang membaginya terdapat 4 titik pertemuan antara garis yang satu dengan garis yang lain. 4 titik pertemuan itulah yang dimaksudkan dengan Rule Of Thrids.



Pentingkah Komposisi Rule Of Thrids Dalam Sebuah Foto ??


Rule Of Thrids ini terjadi karena keempat titik yang menjadi pertemuan garis itu adalah keempat titik mata manusia. Jadi biasanya dalam sebuah frame foto mata manusia normalnya akan memandang pada keempat titik tersebut. Maka dari itu banyak para fotografer senior menyarankan untuk meletakkan POI ( Point Of Interest ) diantara keempat titik pertemuan tersebut.




Baca Juga Apa Itu Point Of Interest ( POI )



POI sendiri adalah bagian yang paling menonjol dan bagian yang paling berbeda serta bisa juga dikatakan bagian utama dari sebuah foto. Biasanya mata manusia normal akan langsung tertuju pada POI jika melihat sebuah foto barulah setelah itu mata akan berkeliling melihat keseluruhan foto.


Aturan Komposisi Rule Of Thrids ini sangat penting dan bisa kita pakai jika ingin mengambil sebuah foto. Karena memang foto yang memakai aturan komposisi rule of thrids ini biasanya adalah foto foto yang enak di pandang oleh mata.



Haruskah Aturan Komposisi Rule Of Thrids Ini Selalu Dipakai ??


Seperti kita tahu bahwa dunia fotografi adalah salah satu bagian dari dunia seni. Yang lebih tepatnya adalah seni melukis cahaya dan tentu dengan alatnya yang bernama kamera. Dan dalam dunia seni juga tidak ada aturan yang baku harus diterapkan. Jadi apakah Rule Of Thrids ini harus kita terapkan disetiap foto yang akan kita buat ???


Jawaban resmi saya yaitu TIDAK.


Dalam membuat karya seni yang bagus kita tidak perlu terpaku pada aturan aturan yang ada. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa aturan perlu dilanggar jika kita ingin menghasilkan karya yang beda dari yang lainnya. Tapi tentu aturan ini dibuat juga bukan tanpa alasan karena yang membuat aturan Rule Of Thrids ini juga merupakan fotografer yang telah berpengalaman tentunya dalam bidang ini.


Jadi menurut saya sebaiknya kita mengikuti aturan Komposisi rule of thrids tapi tidak ada salahnya juga jika kita sesekali ingin melanggar aturan tersebut. Karena memang seni itu bebas.


Mengenal Komposisi Rule Of Thirds Pada Fotografi



Cara Mengambil Foto Dengan Komposisi Rule Of Thrids


Dalam mengambil sebuah foto yang mengacu pada aturan ini kita perlu memperhatikan beberapa hal yaitu.




  • Menentukan POI dari sebuah foto. Dalam memilih POI kita harus bisa melihat sesuatu yang paling menonjol atau berbeda dalam frame sehingga POI akan lebih mudah dimengerti oleh penonton.

  • Pilihlah dari keempat titik point pada aturan Rule Of Thrids ini dibagian manakah POI akan diletakkan. Dalam meletakkan POI ini kita juga harus jeli memilih tempat yang tepat dengan melihat ke sekeliling bagian frame yang akan kita tangkap.


Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat kepada kita semua. Sampai jumpa dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Komposisi Rule Of Thirds Pada Fotografi