Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday, 10 November 2016

Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR

ARISTO.ID Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR. Battery Grip adalah salah satu aksesoris pada kamera DSLR yang cukup banyak digunakan para fotografer. Saya sendiri kadang menggunakannya untuk berbagai kegiatan saya dalam hal fotografi. Nah kali ini saya akan mencoba membahas fungsi battery grip dan manfaatnya pada kamera DSLR yang perlu kita ketahui.


Battery Grip sendiri biasanya memiliki tipe tipe tersendiri sesuai dengan kameranya. Jadi setiap kamera yang dikeluarkan oleh pabrikan seperti Canon dan Nikon juga diproduksi tipe Battery Gripnya. Sehingga kita tidak bisa memasang Battery Grip ke berbagai tipe kamera walaupun masih satu merk misalnya dari Canon.



Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR


Banyak sekali fungsi battery grip yang bisa kita dapatkan jika memasangnya pada kamera DSLR kita. Memang akibatnya kamera menjadi bertambah berat sedikit tapi itu tidak masalah jika kita sudah terbiasa menggunakannnya. Dan berikut Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR.


Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR



1.Sebagai Battery Tambahan


Fungsi utama dari Battery Grip adalah sebagai battery tambahan karena kita bisa menambahkan satu battery lagi sebagai nyawa kamera DSLR. Sebenarnya satu battery saja cukup sie untuk hunting seharian tapi untuk berjaga jaga apalagi jika akan digunakan di lokasi yang jauh dari colokan listrik.


Jadi saya sarankan membawa battery grip agar nyawa dari kamera bisa bertambah menjadi 2x lipat dari semula. Tentu kita tidak mau bukan saat sedang melihat moment yang bagus tapi battery kamera malah habis.




Baca Juga Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami



2.Membantu Saat Memotret Vertikal


Keuntungannya jika kita memakai battery grip adalah saat kita memotret diposisi vertikal. Biasanya kita memotret diposisi vertikal saat memotret portrait atau model yang akan sulit jika tanpa menggunakan battery grip. Tangan kita dipaksa memutar karena tombol shutter yang berputar mengikuti posisi kamera yang vertikal.


Sedangkan jika kita memakai battery grip kita akan dimudahkan dengan adanya tombol shutter kedua. Yang letaknya berada persis di bawah sehingga jika kamera posisi vertikal tombol shutter kedua tersebut berada diposisi atas dan memudahkan kita memotret pada posisi tegak vertikal. Selain itu posisi vertikal dengan battery grip juga lebih stabil pada saat pengambilan gambar atau foto.



3.Bisa Dipasang Battery Biasa


Jika kita membeli battery grip biasanya kita juga akan mendapatkan berbagai aksesoris pendukungnya seperti slot untuk battery biasa seperti gambar dibawah ini.


Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR

Jadi kita bisa menggunakan battery tabung biasa yang dijual dipasaran sebagai battery cadangan jika suatu saat kamera kita kehabisan daya. Misalnya saja saat kita melakukan pendakian yang membutuhkan waktu berhari hari dan membawa kamera DSLR. Jangan lupa membawa battery tabung dan battery grip sebagai cadangan daya.



4.Penggantian Battery Lebih Mudah Saat Kamera Memakai Tripod


Manfaat selanjutnya adalah saat melakukan penggantian battery dalam keadaan kamera sedang terpasang di tripod. Jika kita tidak menggunakan battery grip tentu akan mengalami kesulitan karena posisi battery yang terletak dibawah dari bodi kamera. Ini membuat proses penggantian battery menjadi lebih sulit.


Berbeda jika menggunakan battery grip karena posisi battery terletak pada bagian samping. Sehingga proses penggantian lebih mudah dan tidak perlu melepas kamera dari tripod terlebih dahulu. Hal ini terjadi untuk kamera EOS 60D milik saya. Saya sendiri tidak tahu bagaimana bentuk battery grip pada jenis kamera yang lain.


Demikianlah materi kali ini tentang Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR. Semoga bermanfaat dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Battery Grip Dan Manfaatnya Pada Kamera DSLR