Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday, 15 November 2016

6 Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret

ARISTO.ID Garis Horizon yang lurus saat memotret adalah salah satu faktor yang menentukan keindahan dari sebuah foto. Tentu akan sangat aneh jika kita melihat foto atau gambar yang memiliki garis horizon miring. Selain tidak enak dilihat tentu saja foto tersebut akan nampak aneh. Dan pada artikel kali ini saya akan coba membahas tips bagaimana Cara Memastikan Garis Horizon Lurus saat memotret.




Baca Juga Cara Menyimpan Kamera DSLR Yang Benar



Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret


Awalnya saya menganggap bahwa lurusnya garis horizon saat memotret tidak terlalu penting karena toh nanti kita masih bisa memperbaikinya dengan editing. Namun setelah beberapa waktu saya berlatih memotret dan editing saya semakin merasa bahwa memastikan garis horizon lurus saat memotret sangatlah penting.


Karena saat proses editing memang benar saya bisa memperbaiki garis horizon yang miring tapi akibatnya saya kehilangan komposisi foto. Banyak bagian dari foto yang terpotong saat proses tersebut. Sehingga foto yang saya hasilkan kurang memuaskan dari segi komposisi karena ada bagian yang terpotong.


Sejak saat itulah dan sampai saat ini saya selalu memastikan garis horizon lurus sebelum menekan tombol shutter pada kamera. Dan saya sendiri mempunyai trik tentang bagaimana Cara Memastikan Daris Horizon Lurus saat memotret. Dan berikut tips dan triknya.



1.Fitur Garis Horizon Pada Kamera


Cara yang pertama adalah menggunakan fitur khusus pada kamera untuk memastikan garis horizon kita sudah lurus. Untuk kamera yang saya pakai yaitu Eos 60D memiliki fitur ini namun untuk kamera tipe lain atau dari pabrikan lain saya tidak mengetahuinya secara pasti.


Cara Memastikan Garis Horizon Lurus


Gambar diatas adalah fitur dari kamera saya untuk memastikan garis horizon pada saat memotret. Caranya mudah saja dengan menekan tombol dan pilih saja lambang yang menunjukkan garis horizon. Dengan menggunakan fitur ini tentunya sangat mudah untuk memotret lurus mengikuti garis horizon.



2.Menggunakan Waterpass Pada Tripod


Selanjutnya kita bisa menggunakan Waterpass yang biasanya ada pada tripod. Dikarenakan tidak semua kamera memiliki fitur seperti di atas maka penggunaan tripod ini juga bisa dijadikan solusi yang tepat.


Apalagi biasanya pemotretan yang membutuhkan kelurusan dengan garis horizon ini adalah pemotretan landscape yang memang mempunyai jeda waktu lama. Sehingga kita bisa menyetel kelurusan kamera dengan garis horizon tanpa takut ketinggalan moment.



3.Menggunakan Garis Bantu Pada Layar ( Grid View )


Cara yang ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan garis bantu atau Grid View pada layar kamera. Caranya tinggal gunakan saja layar LCD untuk mengambil gambar yang nantinya layar LCD akan otomatis menampilkan grid view sehingga kita bisa memastikan garis horizon lurus.


Kita tidak bisa menggunakan viewfinder karena jika kita menggunakan viewfinder garis grid view tidak akan terlihat. Maka dari itu menggunakan layar LCD untuk memotret bisa mempermudah kita meluruskan garis horizon dengan kamera.


Cara Memastikan Garis Horizon Lurus



4.Melihat Bangunan Sekitar


Cara Memastikan Garis Horizon Lurus selanjutnya adalah dengan melihat dan memperhatikan bangunan yang ada disekitar kita saat memotret. Cari bagian dari bangunan yang bisa kita pastikan lurus dengan garis horison seperti pada atap bangunan dan juga pada jendela .


Cara ini cukup mudah namun membutuhkan ketelitian mata yang tajam. Sehingga kita bisa meluruskan pandangan mata pada lensa dengan bangunan sekitar. Bangunan bangunan biasanya juga menggunakan Waterpass saat proses pembangunannya sehingga kita bisa memastikan bahwa bangunan biasanya lurus dengan horizon.




Baca Juga Tips Foto Abstract Yang Mudah Dilakukan



6 Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret



5.Menggunakan Garis Tepi Pada Viewfinder


Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan garis tepi pada viewfinder. Bagi kamera DSLR pasti lebih mudah dan nyaman jika memotret menggunakna viewfinder dari pada menggunakan layar LCD. Karena biasanya menggunakan viewfinder mencari titik fokus akan lebih cepat.


Cara untuk menentukan horizonnya sendiri adalah dengan melihat sisi bawah dan sisi atas pada viewfinder. Kita tentu sepakat bahwa viewfinder berbentuk persegi panjang yang sudutnya presisi 90° sehingga sisi atas dan sisi bawah sama rata. Jadi kita bisa menggunakan kedua sisi ini untuk memastikan garis horizon lurus.



6.Menyempurnakan Saat Proses Editing


Langkah yang terakhir adalah menyempurnakannya saat gambar masuk dalam proses editing. Dalam kenyataannya tentu kita pasti tidak akan selalu bisa lurus 100% bukan. Pasti ada kemiringan sedikit beberapa derajat saja. Untuk itu kita perlu mengeditnya lagi agar gambar atau foto benar benar 100% lurus dengan garis horizon. Dan cara nya kita bisa menggunakan Photoshop atau Lightroom untuk memastikan garis horizon lurus.


Itu sajalah pembahasan kali ini mengenai 6 Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret. Semoga bisa bermanfaat kepada kita semua. Akhir kata terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret