Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday, 11 November 2016

10 Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba

ARISTO.ID 10 Tips Foto Landscape yang akan saya bagikan ini adalah tips yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan seorang pemula dalam dunia fotografi pun bisa melakukannya dengan mudah. Foto Landscape sendiri adalah foto yang menonjolkan komposisi dan keindahan alam dalam sebuah foto.


Di Indonesia sendiri sangat banyak spot spot terkenal untuk mengambil foto landscape ini. Dan saya yakin masih sangat banyak spot spot di Indonesia yang masih tersembunyi yang menyimpan berjuta keindahan. Tugas kitalah sebagai seorang pecinta fotografi untuk mengeksplorenya agar seluruh dunia tahu betapa indahnya Indonesia kita tercinta.


Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba



Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba


Untuk menghasilkan foto landscape yang bagus sebenarnya cukup mudah kalau kita tahu berbagai tips dan triknya. Namun bagi yang baru pertama kali mencoba foto landscape tentu akan mengalami beberapa kendala tapi itu semua hanya sementara. Karena dalam fotografi itu semuanya bisa dipelajari dan bisa dipraktekkan.


Dan berikut adalah Tips Foto Landscape yang perlu kita ketahui bersama.



1.Setting Apperture Sempit


Dalam foto landscape yang menjadi DOF adalah keseluruhan foto mulai dari foreground maupun background. Artinya seluruh area dalam frame tajam dan fokus jadi tidak ada area yang blur. Untuk itu kita perlu menggunakan settingan Apperture sempit dan biasanya saya menggunakan di angka F11 sampai F18. Namun jika diperlukan kita bisa mempersempit lagi settingan Apperture menyesuaikan dengan kondisi tempat dan cuaca.



2.Gunakan Lensa Wide


Biasanya para mastah dalam hal fotografi selalu menggunakan lensa wide untuk memotret landscape. Lensa wide sendiri adalah lensa yang memiliki focal lenght pendek misalnya saja lensa 10-22mm dan juga lensa 10-18mm dari Canon. Kedua lensa ini sama sama memiliki focal lenght terpendek yaitu 10mm yang memungkinkan kita menangkap foto dalam frame menjadi lebih lebar.


Bahkan ada lensa yang lebih lebar lagi dari 10mm yaitu lensa fish eye 8mm. Lensa ini menimbulkan efek distorsi yang besar sehingga gambar yang dihasilkan akan sedikit cembung. Namun tak selamanya foto landscape didominasi oleh lensa wide. Kita juga masih bisa menghasilkan foto landscape yang bagus dengan berbagai lensa lainnya.




Baca Juga Lensa Wide Angle Murah Terbaik Canon



3.Pilih Saat Waktu Sunrise Atau Sunrise ( Bluehours dan Goldenhours )


Tips Foto Landscape selanjutnya adalah pada pemilihan waktu yang tepat untuk mengambil gambar. Biasanya disini kita memanfaatkan waktu sunrise atau sunset yaitu saat terbenam atau terbitnya matahari. Saat inilah saat saat yang tepat untuk foto landscape karena warna langit bervariasi dari merah, biru, kuning, orange dan juga hitam.


Biasanya didunia fotografi mengenalnya dengan istilah Bluehours dan juga Goldenhours. Tapi lagi lagi ini juga tidak bisa dijadikan patokan untuk mengambil foto landscape yang bagus. Karena saya juga banyak melihat foto landscape yang di ambil bukan pada kedua waktu diatas.


Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba



4.Gunakan Tripod Dan Remote


Dalam mengambil foto landscape kebanyakan dari kita menggunakan shutter speed yang lambat. Ini tergantung dari pukul berapa kita akan mengambil gambar tapi yang pasti biasanya shutter speed lambat digunakan. Alasannya karena seperti yang saya sampaikan dipoint sebelumnya masalah bluehours dan goldenhourrs. Kebanyakan foto landscape diambil saat sore hari atau pagi hari dimana kondisi tidak terlalu terang sehingga membutuhkan shutter speed yang lambat.


Kita sebenarnya bisa saja menaikkan ISO namun tentu akan berakibat munculnya Noise yang sangat mengganggu. Maka dari itu solusinya adalah dengan menggunakan tripod dan juga remote atau kabel release. Dengan menggunakan tripod dan juga remote tentu seberapa lambat shutter speed yang digunakan gambar tidak akan goyang.



5.Selalu Cek Garis Horizon


Sebenarnya untuk masalah garis horizon ini bisa kita perbaiki pada saat editing dengan photoshop. Namun ini memiliki kekurangan menurut saya diantaranya adalah kita diharuskan men crop foto sehingga garis horizon lurus. Hal ini tentu saja bisa menghilangkan atau mengurangi komposisi pada foto sebelumnya.


Maka dari itu sebaiknya cek terlebih dahulu garis horizon dan atur komposisi saat pengambilan gambar. Sehingga akan meminimalisir cropping saat proses editing dan komposisi akan tetap terjaga hingga hasil akhir.



6.Rekam Gerakan Alam


Kita bisa mempercantik foto landscape dengan merekam momen gerakan alam. Misalnya saja merekam gerakan awan, ombak ditepi pantai atau air terjun yang jatuh. Ini bisa menjadi nilai plus dan membuat foto landscape kita lebih indah. Dan untuk merekam gerakan alam ini hubungannya dengan shutter speed tadi yang sudah saya jelaskan diatas. Yaitu untuk menggunakan shutter speed lambat.


Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba



7.Gunakan Filter Tambahan


Tips Foto Landscape selanjutnya adalah penggunaan filter tambahan untuk memperindah hasil jepretan. Filter yang biasa digunakan untuk memotret landscape antara lain adalah CPL Filter, ND Filter dan juga Graduated ND Filter. Penggunaan filter ini sangat membantu contohnya saja foto saya diatas adalah foto Gunung Fuji dengan bantuan Graduated ND Filter.



8.Tentukan Focal Point Atau Titik Fokus


Selanjutnya adalah dengan menentukan titik fokus dari gambar yang kita ambil. Titik fokus yang saya maksud disini bukan fokus kamera namun lebih ke fokus mata kita saat melihat sebuah gambar landscape. Tertuju kemanakah mata kita pertama kali saat melihat sebuah gambar landscape. Dan itulah yang dinamakan titik fokus.


Gunakan benda yang paling menonjol sebagai titik fokus seperti batu misalnya saat kita memotret ditepi pantai. Atau bisa juga menggunakan kapal atau perahu sebagai titik fokus.



9.Gunakan Teknik Foto HDR


Kita juga bisa menggunakan teknik HDR untuk mengambil foto landscape yang bagus. Teknik HDR sendiri adalah teknik fotografi dengan cara pengambilan 3 frame sekaligus mulai dari under eksposure sampai over eksposure. Setelah pengambilan tersebut nantinya dari ke 3 frame akan disatukan dengan software editing seperti Photomatix atau juga bisa dengan Photoshop. Dan untuk menggunakan teknik HDR saya sudah membuat artikelnya beberapa waktu yang lalu. Silahkan simak artikelnya dibawah ini.




Baca Juga Cara Setting Kamera Saat Mengambil Foto HDR



10.Belajar Terus Menerus


Tips Foto Landscape yang terakhir adalah belajar terus menerus. Tidak ada orang yang bisa ahli dalam sekali percobaan apalagi kita masih dalam tahap awal awal memegang kamera DSLR. Diperlukan latihan yang konsisten dan terus menerus agar kita bisa menghasilkan foto yang bagus dan enak dipandang. Maka dari itu jangan pernah berhenti mencoba hal hal baru dalam fotografi landscape.


Dan semoga artikel 10 Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba ini sedikit bisa membantu teman teman semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Tips Foto Landscape Mudah Yang Harus Dicoba