Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 29 October 2016

Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami

ARISTO.ID Kali ini saya akan coba membahas tentang berbagai Tips Foto Portrait Cantik yang harus sama sama kita pahami dan kita ketahui. Foto Portrait sendiri adalah sebuah foto yang biasanya terfokus pada area wajah seseorang saja. Jadi yang berbicara disini adalah ekspresi dari model atau obyek yang kita foto tersebut.


Kebanyakan para fotografer biasanya memilih target para lansia yang sudah berumur karena memang walau tanpa ekspresi wajah mereka sudah bisa menceritakan bagaimana asam manisnya kehidupan. Balita atau anak kecil pun bisa menjadi target yang lucu dengan berbagai ekspresi kepolosannya. Jadi intinya foto portrait adalah foto yang berbicara melalui ekspresi wajah dari target itu sendiri.


Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami



Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami


Untuk mendapatkan foto portrait yang bagus juga di perlukan berbagai trik khusus. Karena kita semua tentunya tahu setiap kategori dalam fotografi memiliki cara dan teknik tersendiri agar bisa menghasilkan foto yang maksimal. Dan berikut adalah Tips Foto Portrait Cantik yang perlu kita ketahui.



1.Fokuskan Pada Wajahnya


Seperti yang saya katakan tadi bahwa foto portrait adalah foto yang berfokus pada ekspresi wajah. Maka dari itu fokuskan lah pandangan kamera ke wajah model atau obyek sehingga kita bisa menangkap ekspresi dari orang tersebut.


Karena biasanya foto portrait adalah foto Candid ( model tidak mengetahui jika sedang difoto ) jadi bersabarlah untuk mendapatkan ekspresi yang pas dan bagus. Yang pasti jangan sampai lengah sehingga kita bisa mendapatkan ekspresi terbaik dari obyek.



2.Gunakan Apperture Terlebar


Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan Apperture terlebar yang dimiliki lensa kita. Masing masing lensa memiliki nilai Apperture terlebar yang berbeda beda. Ada yang bisa mencapai nilai F1.4 namun untuk lensa standart biasanya hanya mampu di angka F3.5. Contohnya saja lensa kit 18-55mm hanya bisa sampai ke angka F3.5.


Apperture lebar dimaksudkan untuk mendapatkan DOF yang dangkal. DOF atau Depth Of Field adalah ruang ketajaman pada foto. Semakin sempit atau dangkal DOF maka akan semakin blur atau bokeh hasil dari foto yang kita buat. Dan tentunya ini juga menambah nilai plus dari kualitas foto tersebut.




Baca Juga Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami



3.Gunakan Lensa Dengan Focal Lenght Panjang


Tips foto portrait cantik berikutnya adalah masalah pemakaian lensa. Saya sarankan untuk menggunakan lensa dengan focal lenght yang panjang saat memotret foto portrait. Kenapa ??? Karena lensa dengan focal lenght yang panjang bisa menghasilkan bokeh yang maksimal dan juga sedikit menimbulkan efek distorsi. Jadi obyek akan terlihat seperti aslinya di dalam kamera.


Berbeda jika kita menggunakan lensa dengan focal lenght pendek. Efek distorsinya akan terlihat sekali sehingga nantinya gambar dari wajah akan terlihat cembung. Dan tentunya itu tidak baik. Selain lensa dengan focal lenght panjang biasanya memiliki nilai Apperture yang lebar.



4.Pengaturan ISO


Untuk pengaturan ISO dalam foto portrait bisa di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekitar lokasi. Biasanya saya sendiri selalu memakai ISO antara 100 sampai 500 dan sangat jarang sekali saya menaikkan ISO lebih dari 500. Karena ISO yang tinggi akan berakibat muncul nya noise yang berlebihan.


Namun dalam kondisi cahaya yang minim biasanya kita di paksa untuk menaikkan angka ISO karena jika tidak foto obyek akan terlihat blur. Dalam hal ini kita bisa memilih untuk menaikkan ISO saja untuk menghindari obyek blur karena saat ini juga ada berbagai software yang bisa digunakan untuk mengurangi efek noise pada foto misalnya saja dengan Photoshop. Sedangkan jika obyek blur kita tidak bisa melakukan apapun untuk memperbaikinya.


Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami



5.Panggil Model


Di atas saya sudah menyebutkan bahwa biasanya foto portrait adalah foto candid yang di ambil tanpa sepengetahuan model. Tapi kita juga bisa sesekali memanggil model agar menoleh kearah kita apalagi jika kita memotret acara karnaval seperti acara Pekan Batik Nusantara yang saya datangi beberapa waktu lalu.


Biasanya setelah kita panggil model akan menoleh dan memberikan pose atau ekspresi maksimal untuk kita foto. Jadi tidak ada salahnya memanggil model agar mau menoleh ke arah kita.



6.Jangan Gunakan Flash Bawaan


Tips foto portrait cantik berikutnya adalah masalah flash kamera. Flash diperlukan jika cahaya kurang misalnya saja saat cuaca mendung atau model berada didalam ruangan. Namun yang perlu digaris bawahi adalah masalah penggunaan flash bawaan kamera.


Jangan sampai menggunakan flash bawaan kamera karena cahaya yang ditimbulkan tidak bisa kita atur dan cenderung kasar. Lebih baik gunakan saya flash tambahan sehingga kita bisa mengatur kapasitas cahaya yang kita butuhkan. Jadi sebenarnya flash bawaan pada kamera DSLR itu kurang bermanfaat itu sebabnya pada kamera profesional Canon yang full frame tidak ada flash bawaan di bodi kameranya.


Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami



7.Bisa Gunakan Battery Grip


Foto portrait biasanya menggunakan posisi vertikal keatas maka dari itu kita bisa menggunakan vertikal grip sebagai aksesoris tambahan. Vertikal grip atau battery grip juga memiliki fungsi atau kelebihan lainnya dan masalah tentang vertikal grip sudah saya bahas di artikel sebelumnya.




Baca Juga Kupas Tuntas Tentang Battery Grip Kamera DSLR



Namun perlu diingat juga bahwa posisi vertikal dalam pemotretan foto portrait itu bukan aturan baku. Jadi kita sebenarnya bebas memilih posisi horisontal atau vertikal bahkan posisi horisontal pun juga bagus untuk foto ekspresi wajah. Tapi jika kita lebih suka posisi vertikal battery grip akan sangat membantu sekali.



8.Sejajarkan Mata Kita Dengan Obyek


Tips foto portrait selanjutnya adalah dengan men-sejajarkan posisi mata kita dengan obyek yang akan kita foto. Hal ini dimaksudkan agar hasil gambar terlihat proporsional dan enak dipandang. Karena jika kita memotret dengan posisi yang lebih tinggi biasa nya kepala dari model atau obyek akan terlihat lebih besar dari bagian tubuh lainnya.


Maka dari itu potretlah model sejajar dengan matanya. Untuk model orang dewasa mungkin tidak ada masalah karena tinggi badan yang hampir sama. Namun saat hendak memotret anak anak kita harus rela jongkok agar mata kita sejajar dengan mata mereka. Dan hasil gambar yang proporsional pun akan kita dapatkan.




Baca Juga 20 Foto Portrait Terbaik Gallery Aristo.Id



Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami


Itulah berbagai Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami agar foto portrait yang kita hasilkan bagus dan maksimal. Semoga beberapa tips dari saya di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Foto Portrait Cantik Yang Harus Kamu Pahami