Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday, 29 October 2016

Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

ARISTO.ID Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba. Foto Bokeh adalah foto dengan latar belakang yang blur yang banyak disukai oleh para pecinta fotografi khususnya aliran model. Semakin bokeh atau semakin blur biasanya semakin banyak pula orang yang menyukai nya. Ini bisa dibuktikan dibeberapa grup fotografi di berbagai media sosial. Foto yang sangat blur biasanya mendapatkan jumlah like yang banyak.


Untuk mendapatkan foto bokeh sendiri kita memerlukan beberapa trik yang harus dilakukan. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahasnya di artikel Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba ini. Silahkan simak baik baik.


Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba


Banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat ke-bokeh-an dari sebuah foto. Diantaranya adalah lensa, bukaan diafragma, jarak obyek dengan kamera, jarak obyek dengan background dan masih banyak yang lainnya. Dan berikut akan saya bahas satu persatu secara detail dan mudah dipahami.



1.Pilih Apperture Terendah


Yang pertama adalah masalah Apperture atau Bukaan Diafragma. Selalu gunakan Apperture yang rendah karena semakin rendah atau kecil nilai Apperture maka akan semakin bokeh atau blur juga foto yang kita hasilkan. Namun nilai Apperture tiap tiap lensa berbeda ada yang memiliki Apperture terendah F1.8 namun ada pula yang memiliki nilai Apperture hanya F3.5 saja.


Jadi apapun lensa kita jika ingin mendapatkan hasil yang blur atau bokeh selalu gunakan angka Apperture terendah. Karena Apperture rendah sangat bagus untuk foto bokeh.


Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba



2.Gunakan Lensa Fix Atau Tele


Tips Foto Bokeh selanjutnya adalah dengan menggunakan lensa fix atau lensa tele. Kualitas lensa fix biasanya lebih baik dari pada lensa zoom terlebih dari masalah ketajaman. Lensa fix akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan bagus sehingga memperindah foto bokeh yang akan kita buat.


Namun jika terpaksa tidak mempunyai lensa fix bisa menggunakan lensa tele. Karena lensa tele juga berpengaruh dalam pengambilan gambar bokeh atau blur. Dan alasan kenapa lensa tele lebih baik dari pada lensa zoom lebar akan saya bahas di nomor selanjutnya.


Berikut berbagai contoh lensa yang bagus untuk foto bokeh. Lensa fix 50mm,lensa fix 85mm, lensa fix 100mm, lensa fix 135mmdan lensa tele 70-200mm F2.8.




Baca Juga Berbagai Jenis Lensa Dalam Kamera DSLR



3.Jarak Kamera Dengan Obyek Atau Model


Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

Dalam pengambilan foto model biasanya banyak dari fotografer menggunakan lensa fix atau bahkan lensa tele. Alasannya adalah karena kedua lensa tersebut sangat minim menghasilkan efek distorsi tidak seperti lensa yang memiliki focal lenght lebar seperti 10-22mm misalnya. Dan karena kita menggunakan lensa tele atau fix maka jarak obyek dan kamera pun harus diperjauh agar obyek dan background bisa tertangkap dalam satu frame.




Baca Juga Cara Menghilangkan Dan Membuat Efek Distorsi Pada Foto



Selain itu biasanya lensa fix atau pun tele memiliki nilai Apperture yang kecil. Tidak seperti lensa dengan focal lenght lebar yang memiliki nilai Apperture minimum berkisar F3.5 saja. Point ini hubungannya dengan point nomor 1 diatas.



4.Jarak Obyek Dengan Background


Jika point ke 3 tadi membahas jarak kamera dengan obyek maka point ke 4 ini membahas tentang jarak obyek dengan background. Ini juga sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap tingkat ke-bokeh-an yang akan kita hasilkan nantinya.


Semakin jauh jarak obyek dengan background maka semakin bokeh juga gambar yang akan kita hasilkan. Dan semakin dekat jarak obyek dengan background maka tingkat bokeh akan berkurang. Maka dari itu atur sedemikian rupa agar jarak obyek dan background bisa jauh.


Maka dari itu pilihlah lokasi pemotretan yang lapang atau luas di alam terbuka. Dan jangan foto dengan menempel di tembok karena bisa dipastikan tidak akan terjadi efek bokeh jika tidak ada jarak antara obyek dengan background.



5.Pilih Lokasi Menarik


Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba

Diatas juga sudah saya sebutkan untuk mencari lokasi yang luas dan lapang seperti di taman atau di pantai. Namun lapang dan luas saja belum cukup untuk membuat foto bokeh yang menarik. Diperlukan lokasi yang menarik pula agar foto yang dihasilkan memiliki keindahan tersendiri.


Lokasi yang saya sarankan adalah lokasi yang memiliki banyak warna seperti saat malam dengan background lampu lampu kota yang berwarna warni. Jangan hanya foto di lapangan terbuka yang paling memiliki warna background hijau dari pepohonan saja.



6.Gunakan Eksternal Flash Bila Perlu


Yang terakhir dari Tips Foto Bokeh adalah masalah penggunaan flash eksternal. Dalam memotret model atau portrait walaupun di siang hari kadang flash juga diperlukan apalagi jika cahaya matahari ada disamping atau belakang obyek.


Jadi jangan sungkan dan malu menggunakan flash walaupun disiang hari. Yang perlu kita pikirkan hanyalah membuat gambar yang indah dan menarik dan serta yang pasti yaitu bokeh atau blur.


Demikianlah sedikit informasi dari saya mengenai Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba. Semoga bermanfaat dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Foto Bokeh Mudah Yang Harus Kamu Coba